Jumat, 26 Januari 2024

Insto Dry Eyes, Memberi Kesegaran Saat Mata Kering

Assalamualaikum,

Menjadi seorang working mom membuat saya diharuskan untuk selalu bekerja di depan laptop setiap hari. Belum lagi hobi saya menulis juga membuat saya harus berlama-lama berhadapan dengan layar laptop dan cahaya monitor yang cukup mengganggu. Kadang mata terasa lebih mudah lelah dan capek.


Bahkan suatu hari saya pernah merasakan mata benar-benar perih dan lelah. Saat itu saya cuma ingin memejamkan mata dan membiarkan mata istirahat beberapa menit. Sinar radiasi dari cahaya monitor ternyata begitu besar pengaruhnya bagi kesehatan mata. Belum lagi saya makin kaget ketika saya merasa seperti ada serabut yang menghalangi penglihatan saya. Padahal selama ini saya menggunakan kacamata di setiap aktivitas sehari-hari, tapi ternyata keluhan yang saya alami masih saja berlanjut.

Sebelumnya saya pernah searching google juga tentang keluhan mata saya, hasilnya ada kemungkinan saya mengalami gejala mata kering. Setelah saya cari tahu lebih dalam lagi, mata kering memiliki dampak yang cukup serius bagi kesehatan mata kita.


Jadi, ada beberapa gejala awal yang mungkin kita rasakan ketika mengalami mata kering, seperti :

Mata Merah

Nah, siapa nih yang sering banget ngalamin mata merah ketika lama bekerja di depan layar komputer ? Mata merah biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti terlalu lama menatap layar komputer, laptop dan handphone, terkena debu di lingkungan yang kering, dan ketika membaca buku terlalu lama. Gejala mata merah ini jika dibiarkan terus menerus akan berakibat buruk bagi kesehatan mata karena akan menimbulkan iritasi pada mata sehingga merusak jaringan penting yang terdapat di dalam mata kita.

Mata Terasa Panas

Ketika saya terlalu lama bekerja di depan laptop, kadang saya juga merasakan mata mulai terasa panas dan perih, ternyata hal ini merupakan salah satu gejala mata kering juga. Ketika kita merasakan hal seperti itu, disarankan untuk berhenti sejenak dari aktifitas di depan layar dan istirahatkan mata dengan cara memejamkan mata beberapa waktu atau pergi ke ruang terbuka untuk melihat daun-daun hijau agar mata menjadi lebih rileks dan nyaman.

Mata Terasa Seperti Berpasir atau Ada Yang Mengganjal

Gejala ketiga yang mungkin dirasakan ketika mengalami mata kering yaitu mata akan terasa seperti berpasir atau seperti ada sesuatu yang mengganjal. Hal ini biasanya kita rasakan tapi gak pernah kita sadari. Hindari mengucek mata ketika hal ini mulai dirasakan, karena justru akan menambah rasa tidak nyaman pada mata kita.

Mata Terasa Lelah

Gejala ini sering banget saya rasakan saat di kantor. Setelah berjam-jam bekerja di depan laptop, mata mulai terasa tidak nyaman. Seperti mengantuk tapi tidak. Biasanya saya akan memejamkan mata sebentar agar mata bisa terasa sedikit membaik.

Dari beberapa gejala tersebut, sebagian besar pernah saya alami juga. Jadi harus makin aware nih sama kesehatan mata. Apalagi aktifitas sehari-hari gak mungkin bisa lepas dari layar komputer maupun gadget lain.



Mata kering bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis, obat-obatan, dan faktor lingkungan.

Penggunaan laptop, komputer dan handphone setiap hari merupakan faktor lingkungan yang paling sering kita alami. Belum lagi berlama-lama di lingkungan yang memiliki kualitas udara dan cuaca yang keriing, pasti menjadi faktor pemicu juga untuk mengalami kondisi mata kering.

Kenapa sih layar komputer, laptop dan handphone bisa menjadi penyebab terjadinya mata kering ?

Seperti yang sudah kita tau juga, layar elektronik memiliki radiasi yang cukup berpengaruh untuk kesehatan tubuh jika digunakan dalam waktu yang lama dan terus menerus. Hal ini juga tentu mempengaruhi pada kinerja mata kita. Semakin lama mata dipaksa bekerja dengan sinar radiasi yang cukup tinggi, pasti akan membuat mata menjadi cepat lelah dan sedikit terganggu.

Jadi, gimana nih cara kita untuk menghindari terjadinya gejala mata kering ?

Menggunakan Kacamata Pelindung dari Sinar Radiasi Monitor

Di jaman serba digital seperti sekarang, aktifitas bersama gadget mungkin agak sulit untuk dikurangi. Karna sebagian besar pekerjaan dan aktifitas sehari-hari gak pernah lepas dari gadget. Sebagai solusinya, saat ini sudah banyak kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi. Fungsinya yaitu sebagai pelindung mata dari radiasi yang tinggi ketika kita menatap layar gadget seperti komputer, laptop, maupun handphone. Kacamata ini berpengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan mata. Pengalaman saya, semenjak menggunakan kacamata dengan lensa anti radiasi, bekerja menjadi jauh lebih nyaman dan mata juga menjadi tidak cepat merasa lelah.

Rutin Berkedip

Se-simple itu untuk bisa mengurangi gejala mata kering. Dengan lebih rutin berkedip mata akan lebih sering bergerak dan me-refresh kembali setiap jaringannya. Mata yang lebih lama menatap layar tanpa berkedip menjadi lebih rentan terkena gejala mata kering karena sinar layar yang terus menerus masuk dan jaringan mata yang terus bekerja dengan waktu yang cukup lama sehingga mata menjadi kekurangan cairan (air mata).

Membersihkan Mata Secara Rutin

Jika mata mulai terasa tidak nyaman & gatal, ada baiknya untuk tidak mengucek dengan tangan yang tidak bersih. Lebih baik kita mulai membersihkan mata secara rutin menggunakan air mengalir atau cairan tetes mata. Mengucek mata dengan tangan kotor akan menambah iritasi dan merusak jaringan kecil yang ada di sekitar area mata.


Alhamdulillah setelah cari tau tentang gejala mata kering ini, akhirnya saya nemuin #SolusiMataKering untuk meredakan gejala-gejala tersebut, sekaligus menghindarinya. Buat saya yang tiap hari harus bertatapan dengan layar laptop, gejala-gejala mata kering mulai berkurang setelah saya memakai #InstoDryEyes. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga praktis dibawa kemana-mana. Untuk saya yang tiap hari harus pulang pergi kantor, Insto Dry Eyes udah pasti selalu setia ada di kantong hehe. Kemasan Insto Dry Eyes terbuat dari plastik dengan tutup berwarna biru, sehingga aman dan tidak rentan pecah.

Insto Dry Eyes ini diproduksi oleh Combiphar dan punya kandungan yang aman untuk kesehatan mata karna sudah teruji secara klinis, yaitu Hydroxypropyl Methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium Chloride 0,1 mg. Produk ini bermanfaat mengurangi rasa tidak nyaman pada mata karena kurangnya air mata akibat lingkungan yang kering atau lama bertatapan dengan layar gadget.


Pertama kali cobain Insto Dry Eyes ini rasanya mata langsung seger banget. Cairannya gak bikin perih dan terasa dingin saat dipakai.

Cara pemakaiannya juga simple banget, tinggal diteteskan 1 – 2 tetes setiap mata, dan dilakukan 3 kali sehari atau ketika mata mulai terasa kering dan tidak nyaman karna terkena cahaya monitor yang cukup lama.

Untuk produk ini saya sarankan tidak digunakan oleh ibu hamil dan menyusui ya gaes, karna belum ada uji klinis mengenai hal tersebut. Oh iya bagi yang punya alergi dengan kandungan dalam Insto Dry Eyes pun saya sarankan buat konsultasikan dulu dengan dokter spesialis mata sebelum dipakai.


Akhirnya kita punya solusi tepat nih buat mengurangi gejala mata kering. Tapi yang paling penting, batasi waktu penggunaan gadget dengan bijak ya gaes. Supaya apa yang kita lakukan tidak menyakiti tubuh kita sendiri. Rutin berolahraga dan berada di lingkungan yang bersih pun sangat berpengaruh besar terhadap pencegahan penyakit mata kayak gini. Sering-sering deh liat pemandangan hijau-hijau, supaya mata punya me time juga untuk beristirahat sebentar.

Sehat selalu buat temen-temen semuanya.


Wassalam,



Firda Winandini

19 komentar:

  1. cara pemakaiannya sangat simple
    jika mata saya lelah, saya suka menggunakan insto

    BalasHapus
  2. Ini aman ya untuk dipakai setiap hari? Aku juga nih kerjanya tiap hari harus di depan komputer jadi sering gatal matanya

    BalasHapus
  3. Setuju kak, aku juga kalau udah lama di depan layar buat kerja tuh mata tiba-tiba Kayak kerasa ada yang ganjel terus kadang-kadang ngeblur juga ternyata itu gejala mata kering dan aku juga kebetulan pakai Insto dry eyes. Asli nyaman banget ke mata jadi seger gitu

    BalasHapus
  4. insto ini emang harus selalu dibawa apalagi buat yang matanya suka kering kayak aku. Oiya mba kalau pake softlens boleh pake insto kah?

    BalasHapus
  5. Aku juga selalu pake ini nih buat mengatasi masalah mata aku.

    BalasHapus
  6. Aku banget nih kalau lagi kerja depan laptop mata suka kering dan berair gitu gak nyaman banget untung ada Insto Dry Eyes solusi terbaik

    BalasHapus
  7. Jadi kepikiran sudah rutin berkedip belum ya. Apalagi pas ngerjain tugas depan komputer, kayanya jarang banget. Tidak heran mata jadi kering.

    BalasHapus
  8. Jujur ya, Insto emang andalanku dari dulu. Nggak pernah ganti-ganti. Soal mata kering ini juga, kayaknya emang "langganan" kita-kita yang kerjanya menatap layar berjam-jam. Iya nggak eih? Jadi? mang harus bawa Insto kemana-mana.

    BalasHapus
  9. bener banget mbaaa...insto ini dangat membantu banget dalam mengatasi mata hering...must have item dirumah ;)

    BalasHapus
  10. asliii, aku juga sedia instro soalnya hampir tiap hari liatin laptop tuh bikin mata kering kerontang..

    BalasHapus
  11. pastinya sangat membantu bagi para pekerja yang seharian di depan laptop, karena terlalu lama menatap layar hp atau laptop bikin mata perih dan kering, jadi Insto Dry Eyes pastinya bakal bantu jaga mata tetap aman

    BalasHapus
  12. saya nih mbak, suka ngerasain mata sering terasalelah. Ya gimana,seharian kerja mantengin laptop, habis tu brwosig di gadget. Harus sedia insto ni di rumah

    BalasHapus
  13. ternyata terlalu sering mentap gadget bahayanya gak main-main yaa, bikin mata cenderung jadi kering dan yah berpengaruh juga sama penglihatan nantinya. Aku juga sedia insto ini kak, karena seelain tidak makan tempat dan enak dibawa kemana-mana juga manfaatnya benar benar ngebantu

    BalasHapus
  14. Aku juga suka pakai insto apalagi buat mata yang sering di depan gadget. Sukanya yang warna hijau buat intensive.

    BalasHapus
  15. aman ya ka dipake setiap hari??? soalnya lagi ngerasa juga nih mata jadi perih klo lama² liat laptop

    BalasHapus
  16. Sering banget alami masalah mata kering efek terlalu sering menatap layar. Syukurlah sekarang udah nemu solusinya yaitu cukup ditetesin dengan Insto Dry Eyes ini saja ya. Jadi produk wajib yang harus ada di rumah nih buat atasi mata kering

    BalasHapus
  17. Insto Dry Eyes ini kayak pertolongan pertama dan harus ada di kotak obat ngga sih? hahah soalnya aku selalu sedia ini, karena pas motoran mata selalu jadi keringgg

    BalasHapus
  18. sama kak dulu pas pertama kali cobain Insto Dry Eyes ini rasanya mata langsung seger banget. Cairannya gak bikin perih dan terasa dingin saat dipakai. nggak bingung lagi kalau mata kering karena ada insto

    BalasHapus
  19. Paling males kalau udah on fire di depan laptop tapi mata malah lelah dan kurang fokus. Bisa nih stok Insto di rumah biar mata lebih sehat.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)