Kamis, 19 September 2019

Gedung Pernikahan Murah Di Bandung Timur

Assalamualaikum,

Momen pernikahan tentunya selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu setiap orang, khususnya bagi seorang perempuan, yakan ? Saya pun merasakannya kok hehe. Setelah saya dan Casu alias calon suami (sekarang Alhamdulillah udah jadi suami hihi) memutuskan untuk menjalin hubungan ke jenjang pernikahan, tentunya hal pertama yang harus kami siapkan adalah mengenai lokasi acara pernikahan nanti, kami berdua harus memilih tempat pernikahan yang sesuai dengan konsep dan tentunya budgeting haha. Menurut saya, lokasi atau gedung pernikahan adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan jauh - jauh hari sebelum momen pernikahan.

Koleksi Pribadi, Hasil Jepretan Dewoles Photography

Seperti pengalaman saya beberapa bulan lalu, yang sempat stress mencari gedung pernikahan yang sesuai budget tapi tetap nyaman untuk mengadakan pesta pernikahan. Sebenernya banyak juga sih tempat - tempat di sekitar Bandung timur yang menyediakan penyewaan tempat untuk acara sakral ini. Hanya saja, buat saya yang cuma punya budget minimalis, tentunya agak mikir-mikir juga sih kalo harus sewa tempat satu hari dengan harga belasan bahkan puluhan juta. Ngirit tjoy hehe

Dari beberapa gedung pernikahan yang saya datangi, menurut saya ada lima tempat yang cucok dengan budget dibawah 10 juta. Bahkan ada juga loh yang menyediakan paket jasa catering, rias dan gedung dalam satu tempat. Kan lumayan tuh buat menghemat biaya nikah, sapa tau kan bisa dipake buat keperluan setelah menikah hehe.

Gedung Wisma Haji Antapani

Pertama adalah Gedung Wisma Haji Antapani nih gaes, atau sekarang lebih dikenal dengan nama Gedung IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kota Bandung yang berada di sebelah lapangan Gasmin (Gasibu Mini) di jalan Purwakarta Antapani Bandung. Menurut saya, luas gedungnya sih cukup untuk menampung 300-500 tamu undangan. Belum lagi harga sewa nya yang gak terlalu mahal, hanya 5,5 juta (tahun 2018) sudah termasuk biaya sewa, soundsystem, blower, 100 kursi tamu, karpet jalan, biaya kebersihan dan biaya keamanan juga

Di dalam area gedung ini sudah disediakan juga ruang rias pengantin, rias keluarga, toilet, dapur, dan tempat cuci piring. Nah buat temen-temen calon penganten yang kebetulan dari luar kota, disini disediakan penginapan yang berada di halaman belakang gedung, tapi tentunya dengan harga sewa yang terpisah ya. Kalau tidak salah sekitar 250 ribu/malam untuk satu kamar, kan lumayan tuh gak perlu sewa hotel dan penginapan lagi, dan pastinya bisa bantu menghemat biaya hehe. Oh iya, area parkirnya disini cukup untuk menampung 10 - 15 mobil. Belum lagi gedung ini berada di sebelah Mesjid Baitul Muttaqin yang gak kalah luas juga, sehingga banyak pengantin yang menyewa tempat sekaligus memilih mesjid sebagai tempat mengucapkan akad nikah. Tapi, untuk acara akad nikah di area mesjid, biasanya ada tambahan infaq seikhlasnya aja kok.

Kekurangan gedung ini sih cuma satu, area parkir yang menurut saya kurang terawat. Karena, saat musim kemarau seperti saat ini, debunya bikin ga nyaman. Mungkin untuk lebih meningkatkan kenyamanan, pihak pengurus gedung bisa menggunakan paping block untuk area parkir di depan gedung. Over all gedung ini termasuk gedung dengan harga sewa yang cukup terjangkau dan nyaman juga kok.

Alamat :
Gedung IPHI 
Jl. Puwakarta No. 173 Antapani, Bandung.

Gedung Zipur Ujung Berung

Gedung serbaguna yang bisa jadi opsi kedua untuk melangsungkan hari bahagia temen-temen adalah di gedung zipur yang berada di dalam area komplek militer Zipur. Harga sewa gedung zipur ini juga gak terlalu mahal kok, gaes. Setelah saya tanya - tanya dengan bagian humasnya, ternyata untuk bisa menyewa gedung ini selama 8 jam adalah sebesar lima juta rupiah (5jt). Fasilitas yang disediakan disini cukup lengkap seperti toilet, kamar rias pengantin, kamar rias keluarga, dan kursi plastik sebanyak kurang lebih 50 buah.

Area parkirnya juga luas banget, kira - kira bisa menampung sampai 20 mobil. Bentuk bangunannya memanjang dan hanya disediakan kipas angin sebanyak 3 set di bagian atapnya. Buat temen-temen yang berencana mengundang tamu sekitar 500 orang, perlu disediakan juga tenda tambahan di bagian luar ya. Supaya tamu bisa merasa lebih nyaman dan gak terlalu berjejalan di dalam gedung.

Kalo temen-temen berencana menyewa gedung Zipur ini, untuk uang mukanya hanya sebesar 10% dari harga sewa. Belum lagi keamanan dan kebersihan udah terjamin deh pokoknya.

Sayangnya, di gedung zipur ini belum tersedia soundsystem gaes. Jadi, pastiin kalo kalian udah sewa soundsystem secara terpisah ya.

Alamat :
Gedung Zipur Ujungberung
Jl. Raya Ujungberung, Bandung

Base Camp Cafe Ujung Berung

Base Camp Cafe ini termasuk salah satu venue yang cukup murah di area ujung berung. Soalnya, basecamp cafe ini termasuk cafe yang cukup baru sekaligus nyediain paket wedding dengan harga sekitar 20 jutaan aja (untuk booking di tahun 2018), gaes. Harga tersebut udah include jasa rias pengantin, dekorasi ruangan dan pelaminan standar, catering sebanyak 200 porsi plus tiga macam stall, dan lahan parkir yang cukup untuk menampung sekitar 15 kendaraan roda empat.

Buat temen-temen yang punya konsep simple wedding dan ingin suasana yang lebih private dengan konpen outdoor, menurut saya cocok banget nih ambil wedding package disini.

Salah satu venue outdoor yang reccomended dan terkesan mewah. Tapi, jika temen-temen ingin menambah porsi catering dan stallnya, kalian harus siap membayar 100.000/porsi.

Alamat :
Basecamp Cafe 
Jl. A.H Nasution No.15E, Ujung Berung, Bandung.

Rumah Makan Ponyo Cinunuk

Tentunya untuk rumah makan ponyo pasti temen-temen udah gak asing lagi kan. Ternyata rumah makan ini juga nyediain paket wedding yang harganya cukup terjangkau gaes. Untuk harga paket wedding disana mulai dari 75ribu - 85ribu/ porsi catering dengan minimal pemesanan 800 porsi. Harga tersebut udah termasuk sewa gedung pernikahan, dekorasi pelaminan standar, umbul-umbul janur, lahan parkir, biaya kebersihan, dan biaya keamanan.

Suasana tempat makan yang nyunda banget jadi salah satu ciri khas dari rumah makan ponyo ini. Dan yang lebih menariknya lagi, kalo temen-temen ambil paket wedding ini, temen-temen bisa bebas menggunakan gazebo di area ruangan outdoor. Oh iya kalo temen-temen mau coba test foodnya dulu juga bisa kok, temen-temen tinggal hubungi atau langsung datang ke lokasi buat sekalian tanya-tanya sama pihak rumah makan disana.

Alamat :
Rumah Makan Ponyo 
Jl. Raya Cinunuk no. 186, Cinunuk, Cileunyi.

Jadi gimana ? udah siapin daftar gedung buat pesta pernikahanmu, gaes ?
Sekedar info aja nih, untuk sewa gedung pernikahan lebih cepat lebih baik, lho. Minimal temen-temen harus udah fix nentuin gedung nikahan H-6 bulan dari hari spesial. Kenapa ? soalnya kalo mepet hari H, kerasa banget deh stress nya nyari gedung nikahan yang masih kosong huhu.

Selamat menyiapkan hari spesialmu ya, Gaes!!!

Wassalam,



Firda Winandini

11 komentar:

  1. Wahhh referensi yang bagus nih, jadi keingetan dulu pusing banget pas milih milih tempat untuk pernikahan sampai akhirnya memutuskan satu tempat karena alasan segala hal..

    BalasHapus
  2. Aku sering lewat Wisma Haji loh.. Baru tau ternyata Bandung Timur banyak tempat oke tersembunyi, biasanya kan onyarinya ke arah Utara dan Selatan aja, hihihi

    BalasHapus
  3. Wah infonya sangat bermanfaat buat penduduk Bandung Timur, saya jadi penasaran pengen ke Base Camp Cafe belum pernah dengar soalnya heheh tfs Firda 😘

    BalasHapus
  4. Banyak ya pilihannya, semua tergantung budget ya beb heheh mau dimana saja nu penting aya cicis.

    BalasHapus
  5. Wah hrs 6 bulan sebelumnya ya..baru tau niy..makasih ya infonya..buat persiapan anak2 ku nanti ah haahaha.

    BalasHapus
  6. Huaaa infonya bermanfaat banget buat para calon manten :)

    BalasHapus
  7. Wah, bermanfaat banget nih buat yang mau nikah. Aku dulu nyari susah yang kayak begini. Iyalah, hampir 20 tahun lalu. Internet belom kayak sekarang :D

    BalasHapus
  8. bagus nih kaak infonya.. kalau daerah cimahi ada saran gak kak? XD

    BalasHapus
  9. jadi inget pas cari gedung sama istri taun lalu hehehe

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)