Kamis, 23 April 2020

Pengalaman Kehamilan Trimester Pertama


Assalamualaikum,

Drama kehamilan trimester pertama pasti udah gak aneh lagi kita denger. Apalagi bagi calon mama yang sedang melewati atau mungkin sudah melewati masa ini. Tapi, bagaimanapun terasa “nikmatnya” drama trimester pertama ini, pasti bakalan kalah oleh rasa bahagia menyambut pertumbuhan si calon bayi, iya kan ? rasa bahagianya sampe gak bisa dijelaskan oleh kata-kata ehehe.. 

Alhamdulillah di kehamilan pertama ini, saya mungkin salah satu dari beberapa mama yang tidak terlalu merasakan drama berlebih di trimester pertama. Kondisi tubuh yang mudah beradaptasi dengan hormon kehamilan mungkin jadi salah satu faktornya. Tapi, jangan dikira trimester awal saya ini berjalan baik-baik saja. Ada beberapa waktu dimana saya pun merasakan mual muntah dan mood swing yang luar biasa. 

Sebagai calon mama yang masih harus bekerja dengan kondisi kehamilan awal, pastinya harus selalu bisa menjaga tubuh agar tidak mudah drop. Dan Allah perkenankan saya untuk terus bekerja di masa ini, syukur Alhamdulillah. Pekerjaan yang harus saya selesaikan bisa teratasi dengan lancar juga, hanya saja mungkin ada beberapa pekerjaan yang bisa saya lakukan sebelum hamil, tapi saya kurangi di saat masa kehamilan. 

Nah mumpung lagi #dirumahaja, saya mau share beberapa tips yang menurut saya manjur untuk mengurangi drama kehamilan trimester pertama nih mom. Tapi setiap cara yang saya lakukan balik lagi pada kondisi tubuh masing-masing ya, konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan tetep yang paling penting. 

Mengkonsumsi Air Putih Lebih Banyak

Di awal kehamilan pastinya momy ngerasa mulai adanya mual-mual bahkan hingga muntah kan ? nah kondisi ini sih kata dokter wajar aja di 3 bulan pertama kehamilan. Karena kondisi tubuh yang masih harus beradaptasi dengan adanya hormon baru yang biasa disebut HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Saat embrio mulai terbentuk, maka hormon ini pun secara otomatis akan mulai diproduksi oleh tubuh kita. Nah salah satu cara mengurangi rasa mual dan muntah saat masa ini, momy bisa lakukan dengan lebih banyak minum air putih hangat minimal 2 liter dalam sehari. Selain mengurangi rasa mual tadi, meminum air putih secara cukup juga bisa menghindari momy dari kemungkinan dehidrasi. 

sumber pinterest

Lebih Banyak Makan Buah-buahan 

Beberapa pengalaman teman seangkatan saya yang juga sedang di masa trimester pertama, merasa mual ketika makan nasi ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, seperti daging-dagingan. Nah untuk mencukupi nutrisi calon bayi kita di perut, momy bisa menggantinya dengan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan di pagi dan malam hari. Beberapa buah-buahan yang baik untuk ibu hamil seperti semangka, alpukat, jeruk, strawberry dan masih banyak lagi. Kalo momy bosan dengan buah-buahan bisa juga dibarengi dengan roti gandum atau oats untuk sarapan. Menurut saya ini sangat membantu sekali loh untuk mengurangi drama mual di pagi hari atau biasa kita sebut morning sickness. 

sumber pinterest

Olah Raga yang Cukup
 

Rasa mual dan muntah yang dirasakan ibu hamil selama trimester pertama juga bisa sedikit berkurang kalau kita sebagai ibu hamil rutin melakukan olah raga ringan. Gak perlu yang berat-berat, cukup berjalan-jalan di pagi hari selama kurang lebih 30 menit pun gak masalah. Atau bisa juga dengan meregangkan tubuh sebentar dengan gerakan – gerakan ringan yang bisa kita lihat di youtube. InsyaAllah dengan olah raga rutin, tubuh momy bakalan lebih mudah beradaptasi dengan hormon kehamilan. 

Minum Susu Kehamilan 

Setiap ibu hamil pasti perlu nutrisi lebih banyak dibanding sebelumnya. Nutrisi bisa juga kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tapi, udah yakin makanan yang kita konsumsi memenuhi semua nutrisi yang dibutuhin sama calon bayi momy ? Nah kalimat ini yang selalu saya inget ketika malas minum susu atau vitamin dari dokter. Gak pede sama makanan harian bikin saya rada parno juga takut-takut dede bayik kekurangan nutrisi yang dia butuhkan selama masa pertumbuhan dalem perut. Akhirnya saya mulai cari beberapa jenis susu kehamilan yang cocok, karena sebelum hamil saya termasuk yang gak begitu menyukai susu hehe.

sumber pinterest

Ternyata susu kehamilan banyak banget manfaatnya loh gaes, semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bayi bisa dilengkapi dengan susu. Seperti asam folat, lemak, vitamin, protein dan nutrisi-nutrisi lainnya. Di trimester pertama kehamilan, saya coba mengkonsumsi susu kehamilan dari Prenagen tahap Emesis, dan menurut saya susu ini cocok banget, rasa mual juga bisa sedikit berkurang. 

Selalu Bahagia 

Cara yang terakhir ini nih yang paling penting. Ibu yang bahagia akan menciptakan anak yang cerdas dan bahagia juga. Selalu jaga perasaan bahagia momy saat di masa kehamilan yaa. Jangan sampai merasa stress dan takut berlebih, karna ketika mamanya stress, bayi dalem perut juga bisa merasakannya, kan kasian. Gak usah mikirin yang gak perlu dipikirin. Nikmati setiap proses kehamilan dengan rasa syukur, karna anak adalah rejeki tidak ternilai yang Allah berikan untuk kita. Mood swing emang wajar, tapi setiap emosi tubuh, balik lagi ke kondisi masing-masing. Kita bisa kok buat gak ngikutin emosi yang gak jelas, dengan banyak berdoa dan hanya memikirkan hal yang baik aja. 


Nah itu dia beberapa cara yang saya lakukan ketika menghadapi trimester pertama kehamilan beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan bisa bermanfaat juga buat temen-temen semua yang sedang di masa yang sama. Semoga proses kehamilan kita saat ini selalu dipermudah oleh Allah SWT. Tetap merasa bahagia dan jangan pernah mengeluh untuk proses ini ya gaes. Jika Allah sudah menitipkan seorang anak dalam tubuh kita, itu artinya Allah percaya kita bisa diandalkan. Semangat untuk kita semua calon mama.. 

Salam sayang dari bayik jagoan yang ikutan nulis dalem perut hehe 

With Love, 



Firda Winandini 

2 komentar:

  1. wuih waktu anak pertama saya juga lebih banyak mual sekarang kalau anak kedua mah ga ada mual

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap kehamilan emang beda2 ya Mbak kerasanya :)

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)