Rabu, 19 Juli 2017

Puding Margarin Lapis, Cemilan Sehat Untuk Keluarga



Assalamualaikum,

Hallo akang teteh sadayana. Masih suasana lebaran, sebelumnya saya mohon maaf lahir bathin, jika selama menulis ada kata - kata yang mungkin kurang berkenan di hati akang teteh pembaca.

Gimana nih suasana libur lebarannya kemarin ? Atau hari ini sudah ada yang mulai aktifitas seperti biasa lagi, kaya saya huhu. Rasanya susah banget mau beranjak dari tempat tidur pagi ini, perasaan masih berlanjut aja libur lebaran haha.



Tapi, mumpung suasana lebaran masih kerasa nih. Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman di libur lebaran saya kemarin. Berhubung saya tidak ikut merasakan mudik seperti yang lain, karena memang tahun ini rumah orang tua saya yang jadi incaran untuk kumpul keluarga besar. Makanya, rasanya bosan kalau cuma makan tidur makan tidur doang di rumah.

Yap, sedikit pengalaman tentang kegiatan sehabis lebaran kali ini selain silaturahmi ke sanak saudara dan kerabat, rasanya kurang pol kalau belum bereksperimen membuat kudapan di siang hari *alah bahasanya haha..

Perasaan ada yang kurang kalau keluarga sudah kumpul tapi makanan yang disajikan opor ayam lagi opor ayam lagi. Akhirnya muncullah ide dalam pikiran saya untuk membuat sesuatu yang segar, tapi juga sehat untuk keluarga. Dengan sekuat tenaga mengumpulkan niat dalam hati, akhirnya saya memutuskan akan mengkolaborasikan 2 resep standar menjadi 1 resep yang istimewa haha.

Sebenaranya, ini resep yang mungkin akang/ teteh juga sudah sangat kenal. Puding Lapis. Siapa yang ga tau sama makanan satu ini, bahkan bentuk dan tampilannya juga sudah sangat sering kita jumpai di toko - toko kue kan. Nah yang bikin puding lapis ala ala saya ini berbeda, di lapisan keduanya saya coba mix dengan resep puding margarin.

Kira - kira tampilan akhirnya seperti ini.




Bahan - bahan yang dibutuhkan

- 2 bungkus agar - agar swallow warna putih/bening.
- 1 bungkus kue marie Regal. (kalau yang ini tergantung selera kita, bisa diganti dengan buah - buahan, biskuit oreo, dll)
- 3 bungkus susu kental manis sachet.
- gula putih
- tepung terigu
- telur
- vanili
- margarin Blue Band
- Nutrijell Puding coklat susu instan.

Cara Membuat
1. Lapisan Pertama
    Campurkan 1 bungkus agar - agar swallow putih/bening dengan air kira - kira 700 ml, aduk sampai kental dan rebus diatas api kecil. Jangan lupa diaduk ya supaya agar - agar tidak menggumpal. Sambil menunggu agar - agar matang, susun biskuit di loyang menjadi bagian paling dasar. Setelah agar - agar mendidih dan matang, tuangkan ke dalam loyang yang sudah di diisi dengan biskuit.
2. Lapisan Kedua
    Buat adonan margarin, gula putih, tepung terigu, telur dan vanili yang dikocok dengan mixer. Setelah adonan lembut, masukan susu kental manis dan kocok kembali.
Setelah adonan margarin selesai, langkah selanjutnya rebus kembali agar - agar swallow putih dengan air secukupnya, setelah mendidih dan kental campurkan agar - agar dengan adonan margarin. Kocok kembali dengan mixer. Tuangkan adonan agar - agar yang telah dicampur ke loyang sebagai lapisan kedua puding.
3. Lapisan Ketiga
    Lapisan ketiga adalah lapisan terakhir dari puding, nah kalo ini rasa pudingnya bisa dipilih sesuai selera kita. Kalau yang saya pakai ini puding susu coklat dari Nutrijell. Campurkan puding susu instan dengan air secukupnya, dan aduk terus sampai mendidih di api kecil sehingga tekstur adonan puding mengental juga. Tuangkan di loyang sebagai lapisan terakhir.
    Diamkan adonan di loyang beberapa menit supaya tidak terlalu panas. Kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Biasanya untuk menikmati puding lapis seperti ini saya selalu menambahkan fla vanilla di atasnya. Dan untuk membuat flanya ga perlu ribet juga. Tinggal seduh fla instan yang biasa dijual di supermarket dengan air hangat secukupnya, jangan terlalu cair. Dan Puding Margarin Lapis siap disajikan.

Puding Lapis ini cocok banget buat cemilan di acara keluarga atau sebagai cemilan sehari - hari. Selamat mencoba :)


Terima Kasih,


Firda Winandini









36 komentar:

  1. setiap menikmati puding paling suka pake vla vanilla yang buanyaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. vla nya emang bikin nikmaaaaatttttt

      Hapus
  2. Saya penggemar berat puding. Kapan-kapan mau coba yang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga penggemar puding makanya seneng kalo bereksperimen ttg puding haha. ayok Teh dicoba :)

      Hapus
  3. aku kok sering gagal y klo masukin biskuit2 gt.. salahny dmn heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe dicoba susun duluan biskuitnya Teh, abis itu baru dimasukin agar - agarnya pelan2 tapi jangan sekaligus. Selamat mencoba hehe :)

      Hapus
  4. Gampang banget ya sebenarnya bikinnya.. Mau ah nanti dicobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Teh emang sebenernya gampang cmn kadang ngumpulin niatnya yang susah hehe :p

      Hapus
  5. Saya sering bikin puding tapi yang enggak direka-reka gini hehhe, mantap ya teh kalau nanti banyak yang pesan, makasih resepnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat lapisan atasnya bisa dicoba ganti pakai buah - buahan juga teh, mungkin lebih seger rasanya. Selamat mencoba Teh :)

      Hapus
  6. Warbiyasak Til resepnya gampil..
    Calon istri binangkit pisan jago masak cemilan #eaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya dong, adek udah siap dihalalkan nichhh hahahahha

      Hapus
  7. Haduh suka deg2an bikin yg berlapis gini.. tapi kayaknya ini mudah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampil da teh, ga jauh beda sama bikin puding instan biasa hehe

      Hapus
  8. Aku paling suka dessert macam giniii...
    Pudding!

    Waaa....tapi kalo biki sampe 3 lapis, mesti ditunggu sampai kental dulu yaa...di tiap lapisannya?

    **keburu gak kuaatt...hihii...
    dan mendadak kangen pudding jaman aku kecil, yang dalemnya ada biskuit marie nya.
    Lezzaaatt #nelenludah

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh teteh bagi - bagi resep puding isi kue marienya dong..

      Hapus
  9. maakk, makasih resepnya. aku selalu gagal bikin puding lapis gini karena ga sabaran. Tapi aku mau coba ah! TFS ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya maakk emang perlu kesabaran dewa ini buat bikinnya hahaha

      Iyaa makk sama2 :D

      Hapus
  10. dan aku gagal maning teh klo masukin pake biskuit hahaha mirip Shona entahlah jadinya suka bikin puding biasa pisan 😂 pengen cobain bikin lagi trauma ngabisin sendiri wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu Teh dicobain lagi waktu nuangin agernya pelan - pelan aja biar biskuitnya ga lari kemana2.. Semangat Teh Hervaa :D

      Hapus
  11. Dah lama euy ga bikin puding. Jadi pengen bikin lagi di rumah. Bookmark dulu ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo Teh segerakan eksekusinya :D

      Hapus
  12. Wah kalo kumpul keb wajib bawa nih😄 kalo biskuitnya dimasukkkan kedalam adonan puding yg udah mateng, gimana teh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe insyaallah teh ya kalo mood masaknya lagi keluar wkwk.. kalo kata aku mah jgn biskuit yang dimasukin ke adonan puding mateh teh, tapi susun dulu biskuitnya di loyang, baru deh diguyur pake adonan pudingnya

      Hapus
  13. Suka banget sama puding. Biasanya lebih sering ketemu sama puding coklat. Eh tapinya ini puding margarin. Jadi ingin cobain, penasaran sama rasanya gimana hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanyaa.......... isi aja sendiri ya kalo udh nyobain hehe :D

      Hapus
  14. Pasti rasanya enak, mau tak coba di rumah. Saya blm pernah pakai fla,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai fla lebi enak teh, wah bisa abis sendiri kayanya hahaha

      Hapus
  15. Wow..pudingnya begitu menggoda, coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi silahkan Teh Rani dicobain :)

      Hapus
  16. Anak-anak pasti suka nih, bunda cobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya bunda, ponakan juga smpe pada rebutan :D

      Hapus
  17. Waaah saya belum pernah bikin puding margarin nya..
    kapan kapan harus bikin nih..pasti cocok buat cemilan pas siang panas panas dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cemilan yang bikin seger di tenggorokan haha eh tapi jangan lupa dimakannya pas lagi dingin ya :D

      Hapus
  18. Setiap ingat puding, setiap itu pula ingat sifat agar-agar. Kalau makan agar-agar itu bermanfaat buat melancarkan perncernaan. Apalagi untuk urusan BAB, lancar deh kalau makan puding. Apalgi pas ditambah lapisan fla vanila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya puding juga bisa ngebantu kalo ada masalah susah buang air besar karna kandungan seratnya yang tinggi ampir mirip agar - agar :)

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)