Kamis, 14 Maret 2024

Pentingnya Menjaga dan Melindungi Stem Cell Pada Kulit Bayi

Assalamualaikum,

Happy banget rasanya saat saya tau kalo event IMOBY kembali hadir di Kota Bandung, tepatnya di Grand Ballroom Sudirman yang berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 1 – 3 Maret 2024. Saya putuskan untuk kesana di hari pertama, karena bener-bener udah gak sabar banget buat berburu promo disana. Sekitar pukul satu siang, saya sampai disana. Ternyata antusias warga Bandung emang gak main-main ya, hari pertama aja suasananya udah rame banget.


Booth pertama yang saya datangi saat itu, pastinya booth Mustela. Karena dari sebelum datang kesini pun saya udah ngincer banget promo dari brand satu ini, selain kualitas produknya yang cocok dengan kulit anak-anak, Mustela tuh udah jadi andalan banget bahkan dari awal lahiran Kakang, apalagi sekarang ada Baby Paw, wajib banget deh buat pake produk aman dan nyaman untuk bayi.


Emang rejeki gak kemana, sampai di booth Mustela, ternyata sedang ada acara talkshow nih, temanya menarik dan menurut saya bagus banget yaitu “Pentingnya Merawat dan Menjaga Kekayaan Stem Cell Si Kecil”. Selama ini saya cuma pernah denger aja mengenai Stem Cell pada kulit anak, tapi untuk detail dan manfaatnya saya masih kurang paham. Makanya saya semangat banget cari kursi paling depan supaya bisa fokus mendengarkan talkshow saat itu. Untungnya panggung talkshow gak begitu jauh dari booth Mustela. Alhamdulillah.


Talkshow ini dimulai sekitar pukul 13.00 dengan dihadiri oleh dua narasumber yang sudah ahli di bidangnya masing-masing, yaitu dr. Primedhia Virdiono Helmi, Sp.KK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin yang saat ini masih berpraktek di RSIA Limijati Bandung dan Klinik Kecantikan Bandung Skin Care, serta Mbak Tita, selaku Brand Executive Mustela.


Sesuai dengan tema talkshow hari itu, dr. Helmi banyak memberikan ilmu dan pemahaman baru buat saya serta momy-momy yang saat itu hadir di event IMOBY. Salah satu materi yang menurut saya menarik banget ketika dr. Helmi menjelaskan kalau ternyata kulit bayi memiliki perbedaan dengan kulit orang dewasa. Dimana kulit bayi berusia 0-5 tahun cenderung lebih kering dari kulit orang dewasa. Hal ini disebabkan karena kulit bayi belum bisa menghasilkan kelenjar minyak secara optimal yang berfungsi melembapkan kulit secara alami. Perbedaan yang kedua kulit bayi ternyata lebih tipis dan rapuh dibandingkan dengan kulit orang dewasa, sehingga kulitnya akan lebih rentan memar dan mengalami iritasi. Terakhir hal yang membedakan kulit bayi dengan kulit orang dewasa, yaitu pada kekayaan Stem Cell (Sel Punca), kulit bayi kaya akan Stem Cell yang bermanfaat dalam regenerasi kulit di masa mendatang.

Mengingat betapa pentingnya Stem Cell, wajib banget untuk kita para orang tua mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaga Stem Cell ini agar tetap terlindungi. Karena faktanya Stem Cell mudah sekali berkurang dengan bertambahnya usia dan faktor-faktor luar yang mempengaruhinya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua yaitu dengan memberikan produk yang tepat bagi kulit bayi. Makanya saya udah yakin banget kalo Mustela cocok untuk kulit bayi.


Tahu dari mana sih kalo Mustela produk tepat ?

Berdasarkan hasil searching mengenai kandungan yang baik untuk kulit bayi, akhirnya saya nemuin informasi yang bikin saya yakin sama produk Mustela.

Mustela merupakan brand skincare ibu dan bayi yang sudah hadir sejak tahun 1950, hampir 75 tahun lho. Melalui pengalaman dan penelitian yang telah dilakukan, maka dihasilkan bahwa anak usia 0-2 tahun memiliki fakta sebagai berikut :

Penelitian ini lebih dikenal dengan nama E.V.E.I.L.S, yaitu EValuation of the Early Infant Life: the Skin

Yang dimana menghasilkan,

  • Semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi.
  • Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi.
  • Kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca) yang bermanfaat untuk regenerasi kulit. Namun sayangnya, stem cell ini mudah hilang karena beberapa faktor luar, oleh karena itu penting dalam melindungi kulit bayi dengan kandungan yang tepat. 
Di acara talkshow ini juga, Mbak Tita selaku Brand Executive Mustela menjelaskan kalo kandungan dalam produk Mustela ini aman untuk kulit bayi. Mereka paham kebutuhan kulit bayi seperti apa, sehingga untuk menjaga Stem Cell yang mudah hilang itu, Mustela hadir dengan produk yang diperkaya oleh kandungan Avocado Perseose.


Apa lagi nih Avocado Perseose ?

Avocado Perseose adalah sebuah bahan alami yang berasal dari Organic Avocado. Kandungan ini sudah dipatenkan oleh Mustela sehingga kita gak bakalan nemu kandungan ini di produk lain. Struktur biomimetik dari Avocado Perseose ini serupa dengan struktur dari kulit bayi, sehingga ia mampu dalam menjaga kekayaan stem cell pada kulit bayi hingga dewasa.

Selain itu masih banyak lagi manfaat dari Avocado Perseose ini lho, seperti
  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  • Melembapkan kulit bayi yang cenderung lebih kering.
  • Menjaga kekayaan stem cell agar regenerasi kulit tetap terjaga hingga dewasa.
Produk Mustela hadir dengan beberapa varian, yang dimana setiap varian memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Produk tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi kulit bayi juga, lho. Seperti untuk kulit normal, kulit sensitif, very sensitive dan kulit atopik.

Setelah mengetahui betapa pentingnya Stem Cell pada kulit bayi sebagaimana dijelaskan oleh dr. Helmi, saya percaya kalo produk Mustela ini udah paling aman dan cocok untuk kulit Kakang dan Baby Paw.

Selesai acara talkshow, langsung deh saya datengin booth Mustela dan memilih produk yang cocok untuk Kakang dan Baby Paw di rumah, apalagi di event IMOBY banyak banget promo yang dikasih sama Mustela. Kan lumayan sisa budget bisa buat jajan emaknya hehe.

Beberapa produk yang saya beli seperti Mustela Gentle Cleansing Gel, Mustela Hydra Bebe Body Lotion, dan yang terakhir saya pilih Mustela Hydra Bebe Facial Cream.

Walaupun ketiga produk yang saya pilih punya kandungan yang sama, yaitu Avocado Perseose, tapi masing-masing produk punya manfaat dan fungsi yang berbeda lho mom. Nah daripada penasaran saya jelasin satu-satu ya.

Mustela Gentle Cleansing Gel


Mustela Gentle Cleansing Gel adalah sabun mandi sekaligus shampoo khusus untuk bayi. Produk ini memiliki kandungan Avocado Perseose yang berfungsi membersihkan rambut dan kulit bayi serta melindungi dan menguatkan kulit bayi. Selain itu, fungsi dari Mustela Gentle Cleansing Gel ini juga yaitu untuk melembapkan kulit bayi sehingga tidak kering dan mudah iritasi.

Mustela Gentle Cleansing Gel bahkan aman dipakai oleh bayi baru lahir juga, lho. Karena bahan-bahan yang digunakan sudah terbukti alami dan organik. Berdasarkan hasil pengujian pun produk ini bebas dari bahan-bahan berbahaya untuk kulit bayi seperti SLS, Paraben, Alcohol dan bahan kimia lainnya, sehingga aman dan tidak pedih di mata.

Packaging

Untuk urusan packaging/kemasan, Mustela Gentle Cleansing Gel yang saya pakai ini dominan berwarna putih dengan gambar alpukat di depannya. Di bagian belakang kemasan sudah tertera juga cara pemakaian dan kandungannya. Tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 200ml, 500ml dan 700ml.


Kebetulan produk yang saya pakai saat ini adalah Mustela Gentle Cleansing Gel berukuran 200 ml, dengan tutup berbetuk bulat, yang aman sehingga tidak mudah tumpah.

Untuk Mustela Gentle Cleansing Gel berukuran 500ml dan 700 ml tutupnya berbentuk pump sehingga akan lebih praktis dan mudah digunakan apalagi untuk bayi baru lahir.

Tekstur dan Aroma

Tekstur dari Mustela Gentle Cleansing Gel ini menurut saya sedikit lebih cair dan berwarna transparan, persis seperti gel. Ketika diaplikasikan di kulit bayi, teksturnya lembut dan tidak banyak berbusa. Aromanya wangi khas bayi Mustela. Tidak menyengat tapi seger banget. Sampe abis mandi pun saya ciumin terus nih badan Baby Paw hehe.


Cara Pemakaian

Berikut cara pemakaian Mustela Gentle Cleansing Gel, yaitu :

◆ Basahi permukaan kulit bayi ketika mandi
◆ Tuangkan Mustela Gentle Cleansing Gel secukupnya pada telapak tangan momy.
◆ Usapkan dengan lembut di permukaan kulit dan rambut bayi, sambil dipijat lembut sesekali.
◆ Kemudian bilas dengan air bersih.


Mustela Hydra Bebe Body Lotion


Mustela Hydra Bebe Body Lotion adalah produk pertama yang saya pakai untuk Baby Paw setelah mandi. Produk ini memiliki fungsi melembapkan dan menguatkan kulit badan bayi. Sama halnya dengan produk sebelumnya, Mustela Hydra Bebe Body Lotion memiliki kandungan Avocado Perseose yang aman yang bermanfaat bagi kulit bayi. Penggunaan Mustela Hydra Body Lotion yang teratur, dapat membuat kulit tampak jauh lebih kenyal, lembut dan juga sehat. Semua bahan yang digunakan pun bebas dari bahan berbahaya serta sudah teruji hipoalergenik yang telah teruji secara klinis dan dermatologis.

Packaging

Warna dari packaging Mustela Body Lotion ini masih sama dengan Mustela Gentle Cleansing Gel. Dominan berwarna putih dengan gambar alpukat di bagian depan. Produk ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 300ml dan 500ml.


Untuk bagian tutupnya, berbentuk pump sehingga aman dan tidak mudah tumpah. Selain praktis, penggunaan tutup pump seperti ini sangat membantu sekali untuk mommy yang memiliki bayi newborn.

Tekstur dan Aroma

Tekstur dari Mustela Body Lotion berwarna putih susu yang lembut dan tidak lengket di kulit. Ketika saya aplikasikan di seluruh badan Baby Paw, lotionnya cepat meresap sehingga nyaman bagi bayi. Aromanya hampir sama dengan Mustela Gentle Cleansing Gel yaitu wangi khas bayi Mustela.


Cara Pemakaian

Untuk cara pemakaiannya juga begitu mudah, yaitu tuangkan pada telapak tangan momy, kemudian oleskan ke seluruh badan bayi. Biasanya saya pakai dua kali sehari setelah mandi. Tapi tergantung kondisi cuaca, jika kulit Baby Paw mulai terasa kering, biasanya saya oleskan lagi hingga beberapa kali sesuai kebutuhan.


Mustela Hydra Bebe Facial Cream


Produk ketiga yaitu Mustela Hydra Bebe Facial Cream, merupakan produk yang biasa saya aplikasikan untuk Baby Paw setelah body lotion. Manfaat dari produk ini yaitu melembapkan dan melembutkan kulit wajah bayi agar tidak kering dan mengalami iritasi. Memiliki kandungan berbahan alami dan organik, membuat produk ini menjadi lebih aman untuk kulit bayi. Sama dengan dua produk sebelumnya, Mustela Hydra Bebe Facial Cream juga memiliki kandungan Avocado Perseose sehingga bermanfaat dalam melindungi dan menjaga Stem Cell pada kulit.

Packaging

Packaging dari Mustela Hydra Bebe Facial Cream berbentuk tube dengan berat bersih berukuran 40ml. Bagian luarnya ditambahkan packaging berbahan dus, yang membuat produk ini menjadi lebih aman. Didominasi oleh warna putih dengan gambar Avocado (Alpukat) menjadi ciri khas dari produk mustela varian kulit normal.


Tekstur dan Aroma

Tekstur dari krimnya berwarna putih susu dan menurut saya lembut banget. Tidak lengket di kulit dan mudah meresap pada kulit bayi. Saat saya aplikasikan di area wajah Baby Paw, bayi satu ini kelihatan happy banget. Aromanya segar dan wangi khas bayi Mustela.


Cara Pemakaian

Cara pemakaian Mustela Hydra Bebe Facial Cream sangat mudah dan praktis. Buka bagian tutupnya, kemudian tekan bagian tengah tube sampai krimnya keluar. Setelah itu oleskan secukupnya pada area wajah bayi setelah habis mandi dua kali sehari. Untuk kulit bayi yang kering, bisa ditambahkan sesuai kebutuhan ya mom.


Semua produk Mustela yang saya pakai, sudah teruji aman secara klinis dan dermatologis, lho mom. Jadi udah gak ragu lagi deh pakai produk Mustela untuk kebutuhan Kakang dan Baby Paw. Untuk pembeliannya pun mudah, karena produk Mustela sudah tersedia di semua Reseller Resmi atau secara online di Official Store Mustela.

Seru banget deh pokoknya datang ke event Imoby kali ini, selain dapet ilmu yang banyaaak banget tentang perawatan kulit bayi, saya juga bisa borong produk Mustela untuk Kakang dan Baby Paw.

Momy punya pengalaman apa nih tentang masalah kulit bayi ? Yuk sharing bareng di kolom komentar.


Salam Hangat,



Firda Wianandini

25 komentar:

  1. Produk mustela memang bagus bangeeet, kandungannya avocado perseosenya bikin kulit si kecil terjaga, apalagi untuk kulit yang sensitif ya

    BalasHapus
  2. aku paling suka sama cleansing gelnya, walau busanya sedikit tapi benar-benar gentle ya dalam membersihkan tubuh dan rambut si kecil

    BalasHapus
  3. asik ya mom bisa ikut acara seminar khusus dari mustela jadi bisa langsung dapet ilmu dari ahlinya,,,mustela bener2 keren menyediakan produk perawatab kulit baby yang alami dan aman pastinya ya :)

    BalasHapus
  4. wah seru banget yah event-nya, dapet banyak info menarik seputar pentingnya menjaga kesehatan kulit baby..
    produknya masuk list aku nanti kalo udah punya baby, karna rekomen sekali sepertinya hehe

    BalasHapus
  5. Kulit bayi masih sensitif ya berarti beneran harus teliti ya cari produk untuk perawatan bayi.

    BalasHapus
  6. Mustela memang punya beragam produk yang bagus dan cocok untuk si kecil. Anakku juga pakai creamnya karena kulit dia cenderung sensitif.

    BalasHapus
  7. Anakku yg 20 bulan lagi bermasalah banget kulitnya. Udah nyobain berbagai macam produk tapi ya gitu gak cocok. Mau nyobain ini siapa tahu cocok

    BalasHapus
  8. Daki kandungan sampai klaimnya cakep, ya ~ Wajib punya ini buat buibu muda. Btw, Mustella ini boleh dipake pas kulit baby lagi sensitif (pas lagi kemerahan) atau buat preventif aja, kak?

    BalasHapus
  9. Keren nih brand lokal udah ada skincare khusus buat baby. Kebetulan ada saudarayang baru lahiran, kudu beliin ini buat hadiah ^^

    BalasHapus
  10. Aku paling suka Ama wanginya, secara aku suka banged wangi2 seger atau tumbuhan, anakku jg LG pake ini 😍

    BalasHapus
  11. Produk mustela memang bagus bangeeet, kandungannya avocado perseosenya bikin kulit si kecil terjaga, duh semoga ada di Tanjungpinang. Kulit anak sensitif sekali

    BalasHapus
  12. Ternyata ekstrak buah alpukat bagus ya buat menjaga kulit baby.. apalagi produk mustela udah pasti ga diragukan lagi dalam merawat kulit baby

    BalasHapus
  13. Kalau produk perawatan bayi sudah teruji secara klinis seperti mustela ini jadi nggak was-was ya untuk pakai buat si kecil, terutama yang kulitnya sensitif

    BalasHapus
  14. Event nya bagus banyak ilmu baru, terus jadi mantap juga buat pilih mustela sebagai perawatan kulit sikecil

    BalasHapus
  15. Udah lama banget aku pengen cobain body lotion dari Mustela ini kak. Katanya bakalan cocok buat menghidrasi kulit baby yang sensitif

    BalasHapus
  16. Ternyata Mustela bisa menjaga Stem Cell pada kullit bayi ya kak jadi engga bikin iritasi lagi

    BalasHapus
  17. Cakep ya produknya Mustela ini. Aku bulan kemarin ngasih produknya Mustela ke temenku yang habis lahiran, dia seneng banget.

    BalasHapus
  18. Produk untuk anak memang tidak bisa untuk coba-coba karena kalau salah pilih bisa berisiko ke kulit anak yang halus dan lembut itu. Pantaslah kalau Mustella jadi pilihan karena bantu menjaga Stem Cell kulit bayi dengan baik.

    BalasHapus
  19. Keren binggo sama produk dari mustella ini, beraneka ragam ya mom, sesuai dengan kebutuhan bayi. Ditambah sama kandunganya dari avocado wah makin penasaran juga nih mau coba buat si bayi

    BalasHapus
  20. Suka banget desainnya yang warna cerah dan bentuk packagingnya unik, cakep banget, bisa saya rekomendasikan ke sepupu saya yang punya anak kecil agar kulit anak-anaknya terlindungi juga

    BalasHapus
  21. Baby sabila pengen nyobain Mustela Gentle Cleansing Gel, belum pernah nemu untuk baby dalam bentuk gel, terbuat dari bahan khusus avocado pula, yang alami pasti baik.

    BalasHapus
  22. satu yang bikinn jatuh cintta itu kandungan Avocado Perseose nya itu only Musttela yangpunya ya ka

    BalasHapus
  23. Saya juga pakai produk ini, wanginya enak ya udah berapa jam mandi juga tetep nempel wanginya

    BalasHapus
  24. kulit bayi masih lembuh dan sensitif, mesti dijaga dengan baik kelembapannya. cocok-cocokan sih biasanya produk untuk bayi itu, tapi mustela ini bisa dicoba ^^

    BalasHapus
  25. kandungan alpukat memang bagus untuk bayi :D

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)