Kamis, 21 Maret 2024

ASUS Zenbook Pro 14 OLED : Laptop Ringkas Untuk Kreatifitas Tak Terbatas


Assalamualaikum,

Setelah hampir tujuh tahun mengenal dunia blogging, banyak sekali hal baru dan perubahan yang saya rasakan saat ini. Dunia digital terus berkembang seiring berjalannya waktu, sehingga hampir semua yang ada di sekitar kita galepas dari yang namanya kreatifitas. Berkembangnya dunia digital, maka berkembang pula kreatifitas dari seseorang, berbagai macam platform telah disiapkan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kreatifitasnya di dunia digital, salah satunya seorang blogger.

Banyak hal yang dapat menunjang kreatifitas dari seorang kreator, salah satunya dalam urusan gadget. Laptop dan handphone adalah hal paling penting yang wajib dimiliki oleh seorang kreator, karna menurut saya, dua hal tersebut merupakan senjata utamanya para kreator.


Happy banget rasanya beberapa hari lalu saya bisa ikut hadir di acara Bukber Blogger Bandung X ASUS di gedung STP ITB, lokasinya ada di jalan Ganesha No 15E Bandung samping Bank BNI. Ini adalah momen pertama saya kembali mengikuti kumpul bareng teman-temen Blogger Bandung. Awalnya ragu karna udah sekitar dua tahun hiatus dari dunia blog. Tapi ternyata kayaknya saya bakalan lebih nyesel kalo gak ikutan.

Suasana di tempat acara pun begitu santai dan hangat. Teman-temen blogger lain sangat welcome dengan hadirnya saya disana. Bahkan kami sempatkan bertukar pikiran mengenai blogging dan perkontenan.

Selain menjadi ajang silaturahmi dengan kawan-kawan kreator lain, disini saya akhirnya bisa nyobain Laptop teranyar yang ringkas dan powerful, yaitu Asus Zenbook Pro 14 OLED (UX6404).


Kayaknya semesta mendukung aja gitu. Beberapa hari ini emang lagi galau antara beli laptop baru atau perbaiki yang lama, eh taunya malah dipertemukan dengan si laptop ringkasnya ASUS. Kode gak tuh ? hihi

Laptop yang dirancang khusus menemani para kreator ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar sehingga menjadi laptop paling ringkas dan powerful yang pernah ada. Para kreator akan lebih dimanjakan untuk terus berkarya tanpa batas dengan menggunakan kombinasi hardware paling powerful, ASUS Dialpad, serta teknologi layar ASUS Lumina OLED 120Hz yang dibalut dalam sebuah laptop ringkas bernama ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404).


Pertama kali bertemu dengan laptop ini, saya bener-bener dibuat melongo parah. Desainnya elegan, dengan balutan warna hitam doff yang terkesan sangat mewah. ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) berhasil menarik perhatian setiap orang yang melihatnya.

Ketika ditenteng, ternyata emang seringan itu. Sampe-sampe saya ragu, ini beneran laptop apa bukan sih ? haha

Semudah dan seringan itu buat bawa laptop satu ini kemana-mana. Apalagi buat kita yang sering bekerja di dunia konten kreator, penting banget kan bawa laptop yang ringan, ringkas, dan powerful kayak gini. Kayaknya separuh beban hidup hilang aja gitu. Hehe


Laptop Ringan, Ringkas, dan Powerful

Laptop ini memiliki ukuran 14.5 inci dengan ketebalan 1,79cm. Beratnya hanya sekitar 1.6 kilogram aja. Beda banget sama laptop saya di rumah, butuh effort tinggi buat bisa dibawa kesana kemari.

Dirancang menjadi laptop impian para kreator dalam menunjang kreativitas dan produktifitas sehari-hari, laptop ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) hadir dengan prosesor 13th Gen Intel Core i9-13900H, chip grafis NVIDIA FeForce RTX 4070, SSD PCle 4.0 berkapasitas 1TB, dan RAM DDR5 yang berkapasitas 16GB dan masih bisa upgrade.


Selain dapat digunakan untuk mempercepat proses rendering, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070 dapat juga digunakan untuk menganalisa proses deep learning pada AI sehingga laptop ini cocok juga untuk para programmer yang membutuhkan mesin komputasi ringkas dan powerful. Sementara itu, dengan hadirnya MUX Switch di laptop ini dapat memaksimalkan kinerja chip grafis sekaligus memastikan semua aplikasi dapat berjalan di discrete GPU.

Gak perlu kuatir laptop sering panas karna seringnya pemakaian, karna ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini hadir dengan TDP 125W yang disokong oleh sistem pendingin khusus. Sistem pendingin yang dimaksud yaitu ASUS IceCool Pro yang dilengkapi dengan dua kipas dan empat ventilasi pembuangan udara panas sehingga dapat memaksimalkan proses pendinginan.


Semakin banyak ventilasi, semakin banyak debu masuk dong ?

Nah ga perlu takut, karna laptop satu ini dilengkapi juga dengan penyaring debu pada kedua kipasnya, sehingga mencegah masuknya debu dan partikel yang mengganggu lainnya yang dapat mempengaruhi sistem pendinginannya.

Teknologi Layar Terbaik

Untuk para konten kreator udah pasti yang paling diincer dan dicari adalah kualitas layarnya, bener gak ? Apalagi kerjaan setiap hari pasti berhubungan dengan yang namanya visual dan audio. Nah ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) didukung dengan layar ASUS Lumina OLED yang beresolusi 2.8K 120Hz sehingga dipastikan dapat memberikan pengalaman visual terbaik dengan kualitas gambar dan detail yang lebih jernih dibandingkan dengan laptop pada umumnya.


Layar Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) telah memiliki sertifikasi Dolby Vision yang merupakan media terbaik untuk menyaksikan konten HDR beresolusi tinggi. Selain itu, layar ASUS Lumina OLED pun telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk reproduksi warna yang lebih akurat, serta tersertifikasi oleh TUV Rheinland dalam menjamin penggunaan yang membuat nyaman tanpa efek merusak kesehatan mata penggunanya. Wah keren banget kan sampe segitunya ASUS peduli pada kesehatan usernya.

Profil warna pada layar, dapat dipilih juga tergantung kebutuhan kita gaes, mulai dari sRGB atau DCI-P3.

Laptop Yang Memaksimalkan Kreatifitas

Jadi, ga bisa dipungkiri lagi kan kalo laptop ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) ini udah jadi inceran dan idaman semua kreator. Laptop ini udah masuk paket komplit banget gaksih ? Bukan cuma performanya aja yang powerful, kualitas layar dan sistem audionya pun dapat memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Apalagi desain yang diberikan juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan para kreator.

Untuk sistem audio, ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) menggunakan sistem audio yang telah disertifikasi Harman Kardon, dan diperkuat kembali oleh teknologi Smart AMP, serta didukung oleh Dolby Atmos. Teknologi ASUS AI noise-cancelling juga dapat memastikan audio yang diterima dan dikirim saat melakukan conference call tetap terdengar jernih, meskipun ketika kita melakukannya di dalam tempat yang bising.

Mengenai keamanannya, ASUS Zenbook Pro 14 OLEd (UX6404) dilengkapi dengan kamera IR FHD yang berfungsi sebagai media untuk login melalui sistem pemindai wajah Windows Hello.


Pertama kali ketemu laptop ini, saya penasaran banget sama Dialpadnya nih gaes. Karna dia tuh emang paling mencolok banget haha. Ternyata ASUS Dialpad ini telah diperbarui untuk kontrol sentuh intuitif yang telah kompetibel dengan berbagai aplikasi kreatif.

Gak kalah penting, untuk kita yang hobi banget nulis online, laptop ini juga didukung oleh keyboard ASUS ErgoSense yang memberikan kemudahan ketika mengetik, ditambah desain tombol khusus yang dilapisi oleh lapisan anti-sidik jari dan hidrofobik sehingga membuat pengalaman mengetik menjadi lebih mudah dan nyaman.

Kamu kreator dan perlu banget buat konekin laptop ke device lain ? Nah ini dia keunggulan selanjutnya dari Laptop ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404), dilengkapi dengan berbagai macam port yang sangat dibutuhkan, seperti port Thunderbolt 4 USB-C yang hadir sebagai port serbaguna dalam berbagai macam aktivitas, port HDMI 2.1, USB 3.2 Gen 2 Type-C dan Type-A, SD Card reader, dan combo audio jack, yang memastikan kalau laptop satu ini mendukung konektivitas dari semua perangkat dalam meningkatkan kreativitas tanpa terkecuali.


Dengan segala kualitas dan spesifikasi yang begitu sempurna, laptop ASUS Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) yang super duper canggih ini dibandrol dengan harga 36 jutaan. Waw, worth it banget kan jika dibandingkan dengan kenyamanan dan speknya yang luar biasa ?

Nah, berikut spesifikasi lengkap dari laptop sultan satu ini.


Kira-kira kalian tertarik buat memiliki laptop si paling idaman para kreator ini gaes ? Yuk langsung aja deh cobain sendiri gimana rasanya kreatifitas kalian didukung oleh perangkat yang super ringkas, ringan dan powerful ini.


Wassalam,



Firda Winandini

12 komentar:

  1. Asus ini bener2 banyak pilihan laptop nya jadi bikin aku bingung bin galau donk harus milih yang mana...produknya bagus2 semua soalnya..tp setelah baca revie asus zenbook pro 14 ini sptnya bisa jadi referensi nanti ;)

    BalasHapus
  2. Aku aku akuuu, baca review ini tertarik banget pengen coba zenbook pro 14. Semoga nanti ada rezekinya buat punya laptop ini Aamiin...

    BalasHapus
  3. Waw baca harganya sangat sultan memang! tapi yakin deh pastinya sebanding banget sama kualitas dan fitur canggih yang disematkan. Kalau buat para kreator konten laptop ini pastinya jadi andalan banget deh! semoga aku kesampaian beli deh suatu saat nanti. Aminnnnn

    BalasHapus
  4. Ini idaman para blogger, sih. Saya juga pengen, deh. Tapi kudu nabung dulu, hehe ^^

    BalasHapus
  5. Teman serumah juga pengguna ASUS, dan emang bagus dan awet dia. Beneran definisi ada harga ada rupa, gitu. Dan service after sale-nya juga lumayan baik. Jadi nggak perlu khawatir, deh.

    BalasHapus
  6. ASUS selalu tidak pernah gagal memproduksi laptop yang spesifikasinya tinggi. Cocok digunakan oleh blogger, konten kreator banget nih laptop Zenbook Pro 14 OLED ini. Bismillah semoga ada rejeki membelinya

    BalasHapus
  7. wah baru lagi nih yah dari asus, pas banget ade ipar aku lagi cari laptop baru dan maunya laptop asus..
    boleh nih aku rekomendasiin asus terbaaru yang satu ini, makasih loh kak rekomendasinya..

    BalasHapus
  8. Zenbook tuh selalu jadi andalan banget deh, laptop ringan dengan performa yang oke banget cocok untuk digunakan oleh blogger kayak aku gitu..

    BalasHapus
  9. Dari desainnya cakep sih, minimalis gitu. Aku cari tahu lagi tentang fiturnya, ternyata oke juga! Wajib masuk list nih! Kebetulan aku juga lagi cari laptop dan langsung keinget Asus

    BalasHapus
  10. Pengen banget beli Asus Zenbook Pro 14 OLED (UX6404). spesifikasinya bagus bgt ternyata, laptopnya ringan cocok si buat dibawa kerja

    BalasHapus
  11. Asus memang sudah ga diragukan lagi sih.. ini jadi laptop pertamaku duu waktu kerja dan memang awet banget..kan kegoda untuk upgrade hehe

    BalasHapus
  12. Gilaaaak ini mah laptop idaman banget kak ASUS Zenbook Pro 14 OLED nya. Udahlah desainnya minimalis tapi mevvah, tipis, dan ringan buat dibawa-bawa ke mana pun pula. Cuma 1,6 kg ya beratnya. Menakjubkannya lagi udah intel Core i9 prosesornya. Was wush nih buat kerja

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)