Senin, 09 April 2018

Cara Memilih Kerudung Agar Nyaman Dan Gak Bikin Gerah

Assalamualaikum,

Fashion wanita saat ini sepertinya udah ngalamin banyak banget kemajuan. Iya gak sih ? Dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki, gak ada yang ketinggalan buat ikut perkembangan jaman. Yang tadinya cuma pakaian minim yang dibilang gaol, tapi sekarang mah pakaian tertutup pun gak kalah kerennya, banyak hijabers-hijabers muda yang bikin berkerudung jadi gak ngebosenin.

Jadi inget pas jaman memutuskan untuk berkerudung. Waktu itu saya masih sekolah kelas 1 SMP, dan yang bikin saya ingin memakai kerudung adalah karna melihat dan terinspirasi dari temen sekolahnya kaka yang cantik, pinter, trsu dia berkerudung. Dari sana akhirnya saya mutusin buat menggunakan kerudung ke sekolah. Yap, ke sekolah. Soalnya kalo di rumah atau kerja kelompok, entahlah itu kerudung ada dimana. Makanya pas jaman SMP itu sampe dibilang si kerudung gaib. hehe

Sampai akhirnya di kelas tiga SMA, saya sungguh-sungguh memutuskan untuk menggunakan kerudung kemanapun saya pergi. Emang rada berat sih waktu itu, selain gerah karna harus pake kerudung seharian, saya pun banyak mendapatkan perkataan yang kurang enak didengar. 



Balik lagi ke fenomena kerudung jaman now tadi.

Beberapa tahun lalu mungkin menggunakan hijab belum sengetrend saat ini. Masih banyak yang beranggapan kalo menggunakan kerudung itu kuno, kolot, atau yang laennya. Tapi sekarang, kerudung bagaikan salah satu fashion kekinian yang menurut saya bikin si pemakainya terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi makin sini makin banyak juga penjual kerudung-kerudung keceh. Gak cuman di Bandung, tapi seluruh Indonesia. Bahkan sampai penjual online pun bertaburan dimana-mana.

Saya pun gak mau ketinggalan, karna yang paling seru saat mengunakan kerudung adalah saat harus mix and match warna kerudung dengan pakaian yang kita pakai. Rasanya kurang afdol aja kalo warnanya masih tabrakan, bukan bagus, malah keliatan kayak lampu lalu lintas hehe.

Yang paling penting buat saya saat menggunakan kerudung bukan hanya soal warnanya, tapi juga kenyamanan bahannya. Percuma kalo warnanya cocok tapi bahannya bikin gatel kulit kepala mah buat apa. Yang ada bukannya gaya malah jadi aneh. Makanya pas lagi milih kerudung yang mau dibeli, tingkat ketelitian saya pun bertambah seratus kali lipat. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dipake ketika temen-temen ingin membeli sebuah kerudung :

Mudah Diatur

Cari bahan yang gampang diatur. Karna bahan yang gampang banget diatur ngebantu kita pas lagi buru-buru. Maksudnya gampang diatur, bahannya bisa ajeg berdiri di bagian depan, kalau istilahnya mah bisa bikin muka keliatan gak terlalu bulat, apalagi kalo temen-temen ada yang chubby-chubby lucu kayak saya, wajib banget nih pilih bahan kerudung yang bisa meminimalkan kechubby-an kita. Dan bener loh, dengan menggunakan bahan kerudung seperti ini, bagian muka bakalan keliatan lebih tirus.

Bahan Nyaman

Pilih kerudung sesuai kenyamanan kita sebagai pemakainya. Porsi nyaman saya dengan temen-temen mungkin beda, kalo saya paling nyaman pakai bahan kerudung dengan bahan wolfis. Selain bahannya bikin adem, bahan jenis wolfis ini juga gampang banget diaturnya, teu bedegong kalo kata saya mah. Selain itu kerudung bahan wolfis juga banyak dijual kok, jadi gak akan susah buat nyari hehe.

Gak Bikin Gerah

Kayaknya poin yang ketiga ini cukup penting. Apalagi buat temen-temen yang baru mutusin buat berhijab. Kan suka banyak tuh yang bilang, “gak gerah emang pake kerudung?” , “gak kepanasan?” yaa itu mah balik lagi ke yang pakenya lah. Makanya biar gak kerasa gerah atau kesiksa pas pake kerudung, usahain pilih bahan adem dan gak terlalu tebal. Tapi bukan berarti yang tipis juga ya, maksudnya yang menutupi tapi bikin nyaman pas pakenya.


Pilih Warna Sesuai Kesukaan

Karna saya orangnya gak suka yang berwarna ngejreng, saya lebih banyak beli kerudung dengan warna-warna netral kayak hitam, abu, coklat, pink muda, dan cream. Awalnya sih supaya bisa gampang mix and match nya sama baju, tapi sekarang kayak jadi kebiasaan tiap nyari kerudung pasti gak jauh dari warna-warna tadi. Tapi, kalau temen-temen lebih seneng dan percaya diri saat menggunakan warna terang, sah sah aja selama temen-temen nyaman saat memakainya.


Intinya, dalam mengenakan pakaian seperti baju, kerudung, celana, rok ataupun sejenisnya yang paling penting kita punya adalah rasa percaya diri. Pernah denger beberapa waktu lalu, “kalo kita PD dengan pakaian yang kita pakai, otomatis pakaian itu pun bakalan keliatan lebih keren. Tapi saat si pemakainya merasa kurang PD dengan pakaiannya, orang lain pun akan melihatnya sedikit aneh.” Tapi tetep ya, mix and match itu perlu, jangan sampe maen tabrak warna biar dibilang kekinian, tapi kitanya malah gak PD trus bikin gak nyaman. 


Happy Shopping ☺

Wassalam,


Firda Winandini

16 komentar:

  1. Kalo saya suka kerudung segiempat teh apalagi motif sekarang makin artsy ya, pengen coba turban tapi belum pede nih haha tfs ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerudung segiempat emang lebih simple pakenya sih Teh, yang penting bikin nyaman si pemakainya aja sih hehe

      Hapus
  2. Iya skrgakin bervariasu beda banget sama jaman dulu... :) makasih tips nya ya :)

    BalasHapus
  3. nyaman itu yang paling penting buat aku, btw sticker2 ini bikin dimana sih beb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuuu akupun begitu hehe stikernya dari aplikasi bitmoji beibs

      Hapus
  4. kalau sha pilih kerudung emang tricky banget. Sekarang lagi seneng2nya pake yg maxmara hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. maxmara emang lagi musim banget sekarang, motifnya juga bagus2 ya

      Hapus
  5. Kerudung sekarang makin cantik2 ya, tp saya suka bingung mix & matchnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku sih biasanya yang penting warna baju sama kerudung gak terlalu tabrakan Teh hehe, soalnya aku suka gak pede kalo pake warna yang terang.

      Hapus
  6. Mudah diatur, jangan mirip itu tumpukan jemuran atau bahkan kepala tampak terbelah sebelah.
    Bahkan ada yang modelnya seperti pocong. Saya dibuat geleng-geleng kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kemungkinan kelihatan jadi kayak gitu sih menurut pengalaman saya karena bahan kerudungnya yang kaku :)

      Hapus
  7. Mempunyai koleksi kerudung warna warni wajib hukumnya, supaya penampilan tetap trendy dan dapat dimicmac sesuka hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap betul banget Mbak, biar gak pusing nyocokin sama baju plus tema acara

      Hapus
  8. Koleksi kerudung saya lebih banyak daripada baju gamis, karena itu kebutuhan primer

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna kalo kerudung banyak pilihan rasanya tenang ya Mbak hehe

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)