Rabu, 25 April 2018

Moedhir Smoked Factory : Daging Asap Yang Rasanya Bikin Jatuh Cinta

Assalamualaikum,

Kabar baik nih buat kamu para pecinta kuliner. Karna di Bandung sekarang udah dibuka tempat makan dengan menu andalan khas Timur Tengah.

Beruntung banget seminggu yang lalu saya dan teman-teman BloggerBDG bisa dateng ke acara opening “Moedhir Smoked Factory” di jalan Emong no 40C. Moedhir Smoked Factory yang digawangi (ceileh bahasamu Fir, digawangi ya kali mau maen bola haha) oleh Mas Andi, Mas Pram, dan Mas Habib ini merupakan tempat makan yang mengusung tema "daging asap", dan mulai didirikan sekitar tahun 2016 lalu. Awalnya mereka memiliki tempat di Soedirman Street Bandung, hanya saja pasaran disana dianggap belum masuk pada tema makanan timur tengah, sehingga Moedhir Smoked Factory lebih memilih untuk keliling dari bazzar makanan kesatu ke bazzar makanan yang lain. Sampai akhirnya, satu bulan yang lalu tepatnya di bulan Maret, Moedhir Smoked Factory resmi menetap di Jalan Emong No 40C Bandung.

Nama Moedhir sendiri mereka ambil dari serapan bahasa Timur Tengah yang berarti pimpinan. Dan pemakaian nama Factory, mereka pakai dengan harapan agar kedepannya Moedhir Smoked Factory bisa menjadi pabrik pengolahan daging asap pertama yang bisa dikonsumsi baik untuk konsumsi rumahan maupun pada ruang lingkup yang lebih besar. Dan saat ini sudah banyak hotel bintang lima yang memesan daging asap olahan Moedhir Smoked Factory, lho. 


Eh tapi, ngomongin menu makanan di Moedhir Smoked Factory ini, ada beberapa menu yang menjadi andalan disana. Dan alhamdulillah, di acara opening minggu lalu, saya dan teman-teman yang lain diperbolehin buat icip-icip juga. Rejeki mah gak kemana, ya. 

Ada banyak banget menu andalan yang recommended banget buat kalian, gais. Nah saya bocorin menu yang wajib kamu cobain satu-satu ya, dan asli semuanya beneran enaaakkkk banget.

Shawarma

Menu pembuka yang saya cicipin dari Moedhir Smoked Factory adalah Shawarma. Oh iya, sebelumnya kalian udah pada tau belum penampakan Shawarma kayak gimana ? Atau mungkin ada yang udah pernah nyobain sebelumnya ? Bedanya sama kebab apa sih ? Lah kok ini malah saya yang banyak nanya. Haha


Satu hal yang paling penting dan baru saya tau adalah Shawarma itu BUKANlah Kebab. Kalo kalian lihat fotonya mungkin kalian nyangka ini Kebab. Eittss, salah Gais. 

Menurut info dari Mas Andi, Kebab yang biasa kita beli di Indonesia, adalah perwujudan dari Shawarma. Makanan khas timur tengah dengan sayuran, daging yang sudah diolah sebelumnya kemudian dicincang dengan ukuran tidak terlalu besar, diberi saus mayonais dan saus tomat/cabe, kemudian dibungkus roti khas timur tengah atau yang biasa disebut Saj Bread adalah bentukan dari si Shawarma ini gais. Sedangkan Kebab adalah makanan khas Timur tengah yang bentuknya seperti sate tapi dengan ukuran yang lebih besar. 


So, udah pada tau kan bedanya Shawarma sama Kebab kayak gimana. Jadi, jangan salah, kalo yang biasa kita makan dan kita sebut Kebab, ternyata nama aslinya SHAWARMA.

Menu Shawarma di Moedhir Smoked Factory ini menurut saya mah enaknya kebangetan. Daging di dalemnya kerasa banget, belum lagi saladnya juga seger-seger. Pas pisan kalo dijadiin cemilan atau makanan pembuka sebelum makan *lahkoq. Kamu wajib coba!

Smoked Beef dan Smoked Chicken

Kalau yang ini menu andalan benget dari Moedhir Smoked Factory. Karna daging yang diolah disini bener-bener daging kualitas super. Dan semua proses pengolahannya langsung dilakukan sama Mas Pram seorang Chef professional yang pernah bekerja di hotel bintang lima Dubai dan Turki.

 

Untuk pengolahan daging ayam, proses pengasapan dilakukan mulai dari daging mentahnya, lho. Dan butuh waktu sekitar 4-5 jam sampai daging bener-bener mateng terus si bumbunya meresap sampe ke dalem. Sedangkan untuk daging sapi, butuh waktu pengasapan sekitar 8-10 jam. Widih lama juga yak haha. Dibandingin sama waktu buat ngabisinnya mah, kayaknya gak sebanding (eyalaahh) hahaha. 


Satu lagi yang mesti kalian tau, gaes. Kalau di Moedhir Smoked Factory gak cuma nyediain daging asap siap makan aja, tapi buat yang kepingin masak daging asap di rumah, disediain juga kemasan frozennya. Dan selama kemasan masih tervakum dan belum dibuka, bisa tahan sampai 30 hari. Asalkan tetep disimpen di kulkas ya. Kalau mau nikmatin di rumah anget-anget, tinggal dipanasin di atas teflon sebentar, beres deh. Karna daging asap ini udah dikasi bumbu rahasia, jadi rasanya gak akan hambar. 


Pas nyobain daging asap Moedhir, saya paling suka Smoked Chicken nya, karna dari dulu saya lebih suka daging ayam ketimbang daging sapi hehe. Tapi untuk keseluruhan mah dua-duanya enak banget. Bumbunya kerasa sampe dalem, dan aroma asap nya bikin kepengen nambah terus hahaha

Signature Rice

Gak afdol rasanya kalo makan tanpa nasi. Buat saya mah, baru dibilang makan kalo udah pake nasi, kalo belum nemu nasi, namanya nyemil hehe.

Yang bikin nasi disini beda adalah nasi rempahnya yang enaaakkkk. Signature Rice adalah menu ketiga yang saya cicipin waktu itu. Awalnya rada aneh pas liat nasi ditaburin sama kismis dan kacang almond. "Kismis dimakan bareng nasi, gimana rasanya?" itu yang saya pikirin sebelumnya. Tapi pas nyobain, beuuh ternyata enaaakkkkkk banget. Saya juga sampe nambah beberapa kali hihi.


Rasa rempah dari nasinya kerasa banget, yang saya rasain kayak ada wangi-wangi cengkehnya gitu, jadi bikin anget ke perut. Kayaknya makan nasi tanpa lauk pun saya bisa nambah juga hehe. Dan ini recommended banget!

Healthy Signature Salad

Beres makan makanan berat, butuh penyegaran juga dong yaa. Dan taraaa, ada Healthy Signature Salad disini, yeeaayyy. Salad di Moedhir Smoked Factory bahannya seger-seger semua. Sayuran hijau ditambah potongan tomat yang diiris tipis, terus ditambah taburan kismis sama kacang almond, ah udah kebayang kan segernya kayak gimana. Sayuran yang dipakenya juga kerasa manis dan masih fresh. Nyesel kalo gak nyoba. Bisa dimakan bareng beberapa macem saus. Ada saus mayonais, spicy mayonais, samabl acar, dan yang terakhir sambal tomat.



Sweet Choco Manakish with Ice Cream

Menu kelima ini menu penutup makan malem besar saya di Moedhir Smoked Factory. Sweet Choco Manakish ini bentuknya mirip kayak martabak hehe. Bedanya, luaran sweet choco manakish adalah Saj Bread yang digoreng. Isian dari Sweet Choco Manakish ini saya gak terlalu ngerti, cuma yang saya rasain kayaknya ada tambahan coklat, mashmallow dan rasa selai kacang yang enak banget. Cara makan Manakish ini harus dibarengin sama es krim. Jadi, sensasinya adalah, manakish yang panas, dicolek ke es krimnya, terus dimakan deh. Pas sampe di lidah, kerasa banget es krimnya lumer trus ada rasa kenyal mashmallow dari dalem manakish. Ah ini sih favorit saya banget.


Kopi Suriah dan Teh Libanon

Untuk minumannya, di Moedhir Smoked Factory nyediain juga menu minuman yang gak kalah spesial. Yang saya coba kemaren ada Kopi Suriah sama Teh Libanon. Dari luar mereka berdua terlihat sama haha. Susah banget bedainnya mana yang kopi dan mana yang teh.

Rasanya ? Kalo untuk kopi Suriah rasanya enak dan gak terlalu manis. Tapi karna saya bukan penikmat kopi professional, saya gak gitu ngerti bedanya kopi Suriah ini sama kopi susu yang laen. Yang jelas, kopinya enak.


Dan teh Libanon, rasanya ampir mirip teh tarik sih kalo menurut saya. Cuma yang bikin beda, manisnya gak lebay. Buat saya yang gak terlalu suka manis, Teh Libanon ini cocok banget di lidah. Selain manisnya yang pas, rasa teh sama susunya kerasa banget, dan yang paing penting gak ninggalin rasa pahit di lidah. 

Moedhir Smoked Factory ini buka setiap hari Rabu smape Senin ya gaes. Dari jam 10 siang sampe 10 malam. Karna di hari selasa mereka liburan dulu hehe. Dan buat kalian yang mager tapi pengen nyobain semua menu yang saya sebutin barusan, bisa langsung aja kepoin instagramnya terus tinggal delivery order deh. Dan kabar gembira laennya, Moedhir Smoked Factory ini ngasih free ongkir untuk pengiriman se-Kota Bandung. Makanya buruan cus pesen sekarang, ato langsung dateng ke tempatnya biar bisa ketemu Chef-chef ganteng disana hihi.

Owner : Mas Habib, Mas Pram, dan Mas Andi (dari kiri ke kanan)
Jadi, siapa aja nih yang mau makan siang sama menunya Moedhir Smoked Factory ? Kalo saya sih iyes.

Happy Lunch,Eeverybody !

Moedhir Smoked Factory
Jl. Emong No. 40C Bandung
Ig : @moedhirsmokedfactory

Wassalam,



Firda Winandini

28 komentar:

  1. Sepakat! Daging asapnya itu bener2 yummy. Terus shawarmanya itu, aduhai, lezatoz banget ya!

    Kalo aku, suka banget dg kopi suriahnya, kalo teh libanon ga kebagian untuk nyobanya. Ntar lain kali mampir dan order, ah!

    BalasHapus
  2. Ahh, kebayang wanginya nih, jam segini udah laper lagii.
    Noted, hari selasa libur yaa, soalnya pernah kejadian udah laper ngebayangin makan di suatu tempat, eh malah tutup, jadi gondook firdaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahahaha harus dicatet Teh, selasa libur. Jangan sampe terualng lagi pengalaman pahitnya hihi

      Hapus
  3. Saya suka semuanya, SEMUANYAAAAA. Enaaak pisan. Kesana lagi yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanyaaa enak :p kuuuyy kesana lagi kuyy

      Hapus
  4. Wow menggoda banget penampakannya.... Enak yak teh .xixixi

    BalasHapus
  5. Lihat penampakan dan ulasan di bkog ini kayaknya kok menggida banget... Pengen nyobain kalau ada kesempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe harus nyobain pokonya Teh, nyesel kalo enggak haha

      Hapus
  6. Pengen manakish nya lagi nih, enyak enyak

    BalasHapus
  7. Ya Allah teh, jadi pengen kesana :) ini price-nya berapaan ya teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung yuk kesana hehe, untuk kisaran harga makananya rata2 dibawah 50.000, tapi untuk yang frozen beda lagi

      Hapus
  8. Sukses bikin aku jadi pengen kebab malam-malam gini.

    BalasHapus
  9. Waw masaknya lama bangets yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya Teh, ga kayak makannya ya 5 menit abis wkwk

      Hapus
  10. Mauuuuuuuuuuu! Ukurannya gede-gede ya. Wareh to the max nih makan di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuuu teh cus kesana. Aslinya pulang dari sini wareg pisan haha

      Hapus
  11. Pokoknya aku sekeluarga harus ke sini karena kami meat lover. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuusss Teh, pasti puas kalo udh dateng kesini haha

      Hapus
  12. Suka menu penutupnya, hehehe

    BalasHapus
  13. Semua saya suka..saya sukaaa

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)