Rabu, 14 Maret 2018

Jajan Deui Di Kedai Bi Cik


Assalamualaikum,

Sepulang kerja tadi sore, jalan soekarno hatta sudah dipadati kendaraan pribadi maupun umum yang sedang menikmati libur akhir minggu. Pemandangan yang udah gak aneh setiap weekend. Yang awalnya mau pulang via jalan gede bage akhirnya saya urungkan, berbelok arah ambil jalur arcamanik biar sedikit ngurangin resiko kena macet di jalan.

Pulang kerja via jalan arcamanik ini harus saya tempuh lebih lama dibandingkan jalur biasanya. Tapi, dibandingkan harus kejebak macet yang kadang bikin naek darah, lebih jauh dikit mah gak masalah.

Saya ambil jalur kiaracondong, belok antapani dan kemudian masuk daerah arcamanik. Dan ternyata, angan-angan bisa sampe rumah dengan lancar jaya pupus sudah pas masuk area antapani atau jalna terusan jakarta. Dari mulai antapani sampai arcamanik, antrian kendaraan gak beda jauh dengan jalan soekarno hatta. Bahkan menurut saya lebih kelihatan padat karna kondisi jalan yang lebih sempit. What the.

Berhubung udah tanggung ambil jalur antapani-arcamanik, yah mau gak mau harus dihadepin lah macet-macetannya. Mau balik arah, udah gak mungkin, mau ambil jalan laen, udah mentok. Baiklah, karna hidup itu kan pilihan, makanya saya pilih buat ikutan bermacet ria aja sapa tau ketemu jodoh di tengah kemacetan. Hapalah hayalannya heehe


Keluar jalan antapani, macetnya udah sedikit berkurang. Lumayan lah buat sedetik ambil napas segar sambil bawa motor. Di belokan masuk area arcamanik, perut saya tiba-tiba bunyi alarm tanda bahaya. Saya lihat jam tangan, ternyata udah mau maghrib.

Sambil sesekali lihat kanan kiri mungkin saya nemu secercah harapan untuk mengisi perut yang mulai gak bisa diajak kompromi, saya lihat pujasera yang kayaknya sih baru dibangun karna beberapa kali lewat jalan itu, saya gak pernah liat yang berdiri megah bak istana dalam dongeng hehe gak sih lebay itu mah. Serasa nemu bongkahan berlian, mata saya langsung jelalatan (maksudnya gak sabar liat makanan). Saya belokin motor, terus parker depan pujasera dan saya masuk. Nama pujaseranya Jajan Deui, lucu ya. Entah kenapa pas masuk, mata saya langsung tertuju sama salah satu stand makanan disana yang kayaknya sih bakalan memanjakan lidah sama perut saya disaat hujan mengguyur kota Bandung di sore itu, nama nya Kedai Bi Cik.

Saya duduk di meja kedua dari pintu masuk gak jauh dari stand Kedai Bi Cik tadi. Saya lihat-lihat menu di sana, dan saya langsung tergoda sama beberapa menu Kedai Bi Cik. Akhirnya tanpa mikir-mikir lagi, langsung aja saya pesan tiga menu sekaligus hahaha

Menu 1 : Buntut Bakar + Nasi Kedai Bi Cik

Karna udah keburu lapar duluan, menu yang pertama saya pesan langsung menu berat aja sekalian hehe. Saya lihat di daftar menu, makanan disana sepertinya menggoda sekali. Dan entah kenapa saya tergoda sama salah satu menu Kedai Bi Cik yaitu Buntut Bakar, padahal nyobain makan buntut sapi pun saya belum pernah. Dan ini pertama kalinya saya makan buntut sapi haha


Makanannya dateng gak terlalu lama, dan pertama kali lihat penampilan si buntut bakar ini, perut saya langsung bunyi kroookkk. Penampilannya bener-bener bikin tambah laper.


Kata orang, jangan menilai sesuatu dari tampilannya, tapi cobain dulu rasanya. Tapi buat saya, kalimat tadi gak berlaku buat buntut bakar di Kedai Bi Cik, karena penampilan awal yang bikin saya ngiler, berbanding lurus sama rasa dan kenikmatannya. Buntut bakar yang empuk, dan bumbunya yang gak terlalu manis, menurut saya pas banget di lidah. Belum lagi ada sup nya juga, bikin anget ke badan karna rempah-rempahnya yang kerasa banget. Kebetulan pas saya sampe di pujasera tadi sedang hujan besar. Dan buntut bakar plus sup hangat dari Kedai Bi Cik, bener-bener jadi penyelamat saya di tengah kelaparan dan kedinginan hehe. Gak salah deh saya pilih menu ini di awal, bener-bener puas saya ngabisinnya hahaha

Menu 2 : Sop Buntut Kedai Bi Cik

Jangan dulu komen dan bilang saya rewog. Soalnya menu kedua yang saya pesen ini cuma sebagai pelengkap buat angetin badan aja kok (ngeles). Dan saya pilih menu kedua dengan bahan buntut sapi lagi, karna saya ketagihan sama rasa buntut sapi yang gurihnya pas. Banyak yang bilang, sop buntut enaaakkk pake banget.


Tapi, di kedai Bi Cik ini pertama kalinya saya menyesal kenapa baru sekarang saya nyobain olahan buntut sapi. Karna ternyata buntut enak bangeettt gaes. Apalagi dicampur sama bumbu khas dari Kedai Bi Cik ini, beuh bikin gak mau berhenti makan da. Kuahnya yang hangat, dan campuran rempah-rempahnya yang kerasa banget di lidah, bikin hujan di luar berasa jadi pelengkap pas lagi nyeruput kuah sop buntutnya hehe. Dan menu kedua, ludes again. Hahaha


Menu 3 : Pempek Palembang Kedai Bi Cik

Nah, sebagai menu penutupnya, saya pilih yang gak terlalu berat dan pilihan saya jatuh ke pempek Palembang. Saya ulangi sekali lagi, saya gak rewog, tapi ini yang dinamakan waktunya memanjakan perut haha. Pempek Palembang Kedai Bi Cik rasanya enak bangeettt. Kayak lagi makan pempek di Palembang. Bagian luarnya gak terlalu kering, tapi bagian dalemnya lembut banget, apalagi yang saya pesan pempek kapal selam yang di dalemnya tersembunyi harta karun alias telur ayam. Cuka nya juga gak terlalu asem. Jadi, buat yang punya penyakit magh kayak saya, gak usah khawatir cuka pempeknya bikin magh kambuh, karna keasaman cukanya pas banget kok. Gak bikin asam lambung kita naek. Rasanya juga gak terlalu pedas, pokonya pas.


Selesai ngenyangin perut sambil neduh dari hujan, gak kerasa udah ampir isya aja saya disana. Ngobrol-ngobrol sebentar sama pemilik Kedai, saya lanjutin perjalanan pulang dengan hati senang karna perut kenyang hehe. Kapan-kapan ingin kesana lagi ah, ingin cobain menu yang laennya sambil nikmatin jalan arcamanik yang sekarang udah gak sepi lagi.


Ternyata kemacetan sore tadi ngasih banyak banget hikmahnya. Saya jadi tau kalo di arcamanik ada pujasera yang tempatnya cozy banget, saya juga tau kalo di pujasera itu ada Kedai Bi Cik yang makanannya enak-enak, dan terakhir saya jadi tau kalo buntut sapi ternyata ueenaaakkkk tenan.

Buat temen-temen yang pengen nongkrong asik di Kedai Bi Cik juga, langsung aja nih dateng ke alamat Pujasera Jajan Deui. Atau yang ingin liat-liat dulu menu disana, bisa follow IG nya @kedaibicik . Selamat mencoba yaaaa..

KEDAI BI CIK
Alamat :
Pujasera Jajan Deui
Jl. Arcamanik Endah No. 85
Instagram : @kedaibicik


Wassalam,


Firda REWOG Winandini

24 komentar:

  1. Hahahaa, emang ya jalanan sekarang ga kuku sama macetnya, jalan alternatif seperti Antapani arcamanik ini juga heuheuu kadang ngeselin. Eh, aku juga pernah beli Pempeknya di Puasera ini, pas siang bolong, haduuh nikmatnya abis papanasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh kapan2 kita bisa janjian makan disini atuh Teh hehe

      Hapus
  2. Saya ngiler sama buntut gorengnya, mantabs ya gaes. Dan itu kamu ternyata RW06 ya gaes

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih loh gaes, RW06 is my middle name hahahaha hayu atuh mamam buntut bareng :p

      Hapus
  3. Menggoda semua terutama sop buntutnyaa. kumauuu

    BalasHapus
  4. Aduh kabita banget sama makanan favorit akuh...empek empek hehe... itu foto2 makanannya menggoda semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pempek emang selalu menggoda ya Teh

      Hapus
  5. OMG. Ini mah menu kesukaanku semua. Sayangnya jauh dari Vimahibya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa Teh, seklaian jalan-jalan ke Bandung Timur hehe

      Hapus
  6. Eh bisa diem nggak, Bi Cik banget lo! #eaaa #maksa 😂😂

    Belum pernah jajan di arcamanik soalnya jarang lewat. Tapi itu sop buntutnya menggoda sis til 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ngaku pegang Bandung Timur, kalo belum ke arcamanik sis hahaha

      Hapus
  7. Buntut bakar, sop buntut, sama pempek semua favorit akuh. Nampak enak 😍

    BalasHapus
  8. Enak enak ya kayaknya, harganya berapakahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak bangeeetttt.. harganya buat semua gak sampe 100K kok Teh, murmer hehe

      Hapus
  9. waduh teh uenak semua ini lalu inget kolesterol ya teh hahaha...sayang euy jauh ti Cimahi ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha tenang Teh, kolesterol lagi stabil kok haha

      Hapus
  10. Semua enk-enak nih, tapi penasaran banget sama buntut bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buntut bakarnya enaak buanget Mas hehe

      Hapus
  11. Pengen coba buntut bakarnya ih...

    BalasHapus
  12. wahhh makannya porsi banyak nih, pernaha buntut bakar, terus sop buntut, terakhir pempek palembang dengan embel-embel "ga terlalu berat", kalau saya makan sebanyak ini udah kekenyangan mbak,

    buntut bakarnya tampak menggoda sekali lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa ini karna efek hujan dan kejebak macet aja kok haha
      bukan cuman menggoda, tapi buntut bakar disini enaakkk banget

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)