Senin, 02 Desember 2019

Pengalaman Ketika Mendapat Dua Garis Merah

Assalamualaikum,

Di awal pernikahan, banyak yang tanya kepada saya “mau langsung ato nunda dulu?” (re:anak) saya bilang, sedikasih kepercayaannya aja. Karna menurut saya, ketika kita berkeinginan segera memiliki momongan, tapi jika menurut-Nya saya dan suami belum pantas, atau mungkin belum mampu menyimpan amanah-Nya, mau bagaimana bersikeras pun hasilnya tetap Allah yang menentukan. Dan sebaliknya, ketika kita sekuat tenaga menunda memiliki keturunan, tapi jika Dia telah menganggap kita siap diberikan amanah seorang anak, pasti bakal kecolongan juga kan hehe. Makanya, dari awal saya dan suami sudah berkomitmen untuk tidak melakukan program menunda atau mempercepat kehamilan. 


Dua bulan pernikahan saya dan suami, iya baru dua bulan tjuy. Kalo kata orang sih, lagi anget-angetnya hehe. Dan emang bener banget, apalagi dengan kondisi kami yang masih harus berjauhan karena pekerjaan, saya di Bandung dan suami di Tasikmalaya membuat kami serasa masih jaman pacaran hihi. Kami bertemu seminggu sekali di hari weekend, dan itu cukup untuk menghilangkan rasa rindu setelah lima hari jauh-jauhan *maaflebay hehe.. 

Di masa dua bulan pernikahan ini ternyata udah banyak aja loh nyinyiran yang datang silih berganti haha, yang bilang “buat apa nikah kalo jauh-jauhan”, “udah isi belum?”, dan pertanyaan seperti “kok belum isi aja, si A baru nikah kemaren udah isi tuh” dan lontaran-lontaran perhatian lainnya dari orang-orang sekitar kami. Saya dan suami cuma bilang “belum waktunya, masih nikmatin berdua dulu” hehe. Padahal dalem hati rada geremet juga, pengen banget jawab “BARU DUA BULAN OY, DUA BULAN!!!!”, tapi itulah hidup ya gaes, selalu ada komentator di belakangmu, Waspadalah!! 

Alhamdulillah, di bulan ketiga pernikahan kami, tepatnya di hari anniv tiga bulanan #ciyeh saya positif hamil. Rasanya waktu itu campur aduk, antara seneng dan gak percaya juga. Secepet ini ya Allah engkau memberi kami kepercayaan. Buru-buru sehabis dari kamar mandi, saya video call suami, dan saya perlihatkan hasil test pack nya. Mata suami terlihat berkaca-kaca juga hehe, lucu banget kalo inget waktu itu. 

Awal kehamilan seperti itu bikin saya bingung juga, “harus ngapain nih sekarang?” hahaha, saya buru-buru kasih tau mama sambil minta petuahnya, apa yang harus saya lakuin sekarang. Duh emang dasar lebay banget akutuuu, dikasih hamil, malah bikin panik orang haha. 

Setelah ngobrol sama mamah, saya dapet pencerahan gaes, ternyata ketika kita tau kalo kita hamil, ada beberapa hal yang harus kita lakuin, nah makanya saya mau share apa-apa saja yang harus kita lakuin ketika mengetahui kehamilan. 

1. Langsung Beritahu Suami/orang terdekat 

Hal yang paling pertama banget harus dilakuin ketika mengetahui kehamilan, segera beritahu suami atau orang terdekat kita di rumah. Paling penting sih suami, hal ini berguna banget buat mengeluarkan rasa bahagia kita kepada orang lain. Apalagi suami pasti bakalan jadi orang yang juga menanti-nanti momen bahagia ini kan. 

2. Jangan beritahu orang lain sebelum memastikan kehamilan ke dokter 

Nah ini kadang yang banyak banget kita lupa. Saking bahagianya, pengen banget share hasil testpack di social media, yakan ? ngaku aja gaes hehe karna saya pun begitcu wkwk. Eits, tapi tahan dulu yaa sebelum ada pernyataan resmi dari dokter kalo kamu hamil. Karena ditakutkan, hasil testpack itu palsu. Banyak loh kejadian seperti ini, hasil testpack bilang kalo kita positif hamil, tapi dokter belum bisa memastikan. Ato bisa juga indikasi sebagai kehamilan palsu, duh jangan sampe deh. Makanya yuk keep dulu momen bahagia kita sampai benar-benar yakin dan sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter mengenai kehamilan ini. 

3. Mulai perlakukan diri kamu layaknya orang hamil 

Setelah mengetahui hasil testpack positif, mulai juga perlakukan diri kita layaknya seorang ibu hamil. Meskipun masih ragu-ragu antara hamil atau tidak, setidaknya kita bisa mengurangi aktivitas berat yang biasa dilakukan sehari-hari. Kurangi beraktivitas fisik yang bisa membuat badan terasa lelah, kurangi naik turun tangga, hati-hati saat mengendarai kendaraan, khususnya motor, dan hindari angkat-angkat barang berat gaes. Karna hasil testpack memang belum bisa memastikan kalo kita benar-benar hamil atau tidak, tapi setidaknya kemungkinan kita sedang hamil menjadi lebih besar. Gak mau dong kecolongan gara-gara ngerasa gak hamil, trus terlalu cape, eh taunya emang beneran hamil dan keburu ada masalah di dalam kandungan. Naudzubillah.. 

4. Periksakan segera ke Dokter kandungan / Bidan 

Step terakhir selanjutnya yang jangan sampe kelupaan ketika testpack positif adalah langsung periksain ke dokter kandungan/bidan. Sebenernya untuk usia kehamilan dibawah 6 minggu biasanya calon debay belum bisa terlihat di monitor USG, tapi setidaknya dengan USG di awal kehamilan bisa ngebantu banget dalam hal dapetin informasi tentang kondisi kehamilan dan rahim kita, gaes. Jika ternyata terjadi masalah terhadap kehamilan,seperti kondisi kehamilan di luar kandungan misalnya (amit-amit deh ya) dokter bakalan bisa lebih cepat tanggap memberikan solusinya. Selain itu, bakalan kerasa lebih tenang aja buat kita calon ibu kalo udah tau kondisi kehamilan kita baik-baik aja kan ya. 

Jadi temen-temen yang udah dapet testpack dua garis gimana nih ? udah ngelakuin semua point diatas belum ? kalau belum, yuk segera periksa kondisi si calon debay ke dokter. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat buat temen-temen yaa.. 

Doakan kami berdua ya om dan tante, supaya selalu sehat dan lancar sampai hari lahir tiba. Aamiin.. 

Salam sayang dari saya dan calon debay di perut.. 

Wassalam, 



Firda Winandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)