Senin, 25 November 2019

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Acara Pernikahan Impianmu



Assalamualaikum,

Halo gaes, apa kabar ? Hmm, siang-siang gini enak kali ya kalo kita bahas tentang persiapan acara nikah hehe. Oh iya sebelumnya udah pernah saya bahas juga nih beberapa rekomendasi gedung pernikahan murce di Bandung Timur. Daripada penasaran, bisa langsung dibaca disini yaa..


Masuk usia 20++ pasti udah mulai banyak nemuin teman, saudara, sahabat, atau rekanan yang mulai bagi-bagi undangan dong yaa. Terus kamu kapan ? hehe. Tenaaaang insyaAllah jodoh gak akan ketuker kok. Nah buat temen-temen yang udah mengikat komitmen serius sama si doi, ceilah. Pasti sekarang udah mulai galau kan gimana persiapan awal untuk acara nikahan kalian. Daripada bingung, saya mau share pengalaman stress-stress nikmat ini sama temen-temen. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu dan bisa jadi gambaran dalam proses persiapan hari H kalian yaa.

1. Mulai cari venue pernikahan yang sesuai.

Hal yang pertama dan harus disiapkan dari jauh-jauh hari sebelum hari H pastinya masalah venue/lokasi pernikahan. Kalau temen-temen sudah punya konsep pernikahan sendiri, proses mencari gedung atau venue ini bisa lebih mudah. Misal temen-temen punya konsep outdoor, tinggal datengin deh beberapa rekomendasi venue yang mendukung konsep temen-temen. Bisa taman, café, atau mungkin tempat wisata alam yang emang udah punya konsep outdoor yang keren-keren. Nah beda lagi kalo konsep nikahan kalian indoor, banyak banget rekomendasi gedung terbaik dan nyaman untuk acara pernikahan kamu.


Proses pemburuan gedung/venue pernikahan ini bisa temen-temen mulai minimal H-6 bulan dari hari H, lebih lama lebih bagus sih, soalnya sesuai pengalaman, gedung pernikahan bakalan full book banget kalo udah masuk H-3 bulan, apalagi di bulan-bulan yang emang lagi laris manis banget buat dipake nikahan. Kalo pengalaman saya sih, nikah di bulan Agustus, saya dan suami sudah mulai cari rekomendasi gedung di bulan November tahun sebelumnya hihi. Entah saya yang terlalu rajin atau emang udah ga sabaran wkwk. Tapi justru hunting gedung pernikahan waktu itu enak banget, bebas tinggal pilih, asal sesuai sama budget dan konsep pastinya. Soalnya hampir semua gedung yang saya survey saat itu masih available buat tanggal pernikahan saya.

2. Mencari Vendor Dekorasi, Make Up dan Catering

Tahap kedua setelah temen-temen dapet venue yang cocok dan pastinya udah di booking yaa hehe, adalah mencari vendor make up yang cocok sama keinginan temen-temen. Proses pencarian vendor make up ini juga ga bisa secepat kilat gaes. Kalian harus tanya sampe mendetail banget, dan jangan lupa minta contoh make up sebelumnya sebagai bahan pertimbangan kalian. Idealnya mencari vendor makeup sekitar H-5 bulan ya, paling mepet di H-3 bulan, daripada udah cocok taunya full book, kan syedih.


Karna saya orangnya gamau ribet dan males juga harus cari vendor yang berbeda-beda, akhirnya saya percayakan satu vendor saja untuk mengurus dari mulai dekorasi gedung, make up, sampai masalah catering hehe. Dan cara ini emang bikin saya bisa lebih focus untuk menyiapkan perintilan-perintilan lain untuk acara pernikahan saya.


3. Souvenir Pernikahan

Gedung udah, dekor dan teman-temannya juga udah, tinggal cari referensi souvenir nih. Sebenernya proses mencari souvenir pernikahan gak terlalu ribet sih, gaes. Apalagi di Bandung udah banyak banget tempat-tempat yang menjual souvenir jaman now. Buat rekomendasi, kalian bisa coba cari di Pasar Baru, Jl. Cibadak, atau sekitaran Alun-alun Bandung. Dijamin harga souvenir disana sangat terjangkau kok.


Untuk pemilihan souvenir ini kalian juga bisa cocokan dengan konsep acara pernikahan kalian. Dan yang perlu dicatet, untuk jenis souvenir custom lebih baik kalian bisa siapkan sekitar 3 bulan sebelum hari H ya gaes. Karna proses pembuatan souvenir tergolong cukup lama juga. Kecuali kalo kalian pilih jenis souvenir ready stock, mau mulai cari di H-1 bulan pun sepertinya masih keburu.

4. Undangan pernikahan

Salah satu hal yang wajib dan jangan sampai terlewat pastinya urusan undangan pernikahan. Apalagi untuk menghormati rekanan orang tua, harus banget kasih undangan yang cocok dan gak bikin bingung. Sesuai pengalaman saya sebelumnya, undangan pernikahan saya buat sekitar 4 bulan sebelum hari H. Undangan yang dicetak waktu itu juga gak terlalu banyak, karna untuk teman saya dan suami, kami gunakan undangan digital melalui WA (Whatsapp). Proses pembuatan undangan pun tergantung jenis undangan yang dipesan, untuk jenis softcover (tipis) bisa selesai dalam waktu maksimal 2 bulan dan untuk undangan hardcover (tebal) memerlukan waktu sekitar 3 bulan. Tergantung konsep yang temen-temen pengen seperti apa. Tapi, untuk jaga aman sih, menuriut saya lebih baik temen-temen pesan undangan 3 bulan sebelum hari H yaa.

5. Pembuatan surat NA dan Pendaftaran KUA

Nah yang paling penting dari semuanya ya poin terakhir ini. Pastikan pernikahan kalian tercatat di negara juga ya gaes. Proses persiapan berkas ke KUA ini bisa kalian mulai satu bulan sebelum hari H, dimulai dengan permintaan surat NA di pihak laki-laki, yang kemudian dijadikan sebagai pengantar di KUA pihak perempuan. Biasanya, setelah berkas temen-temen diterima lengkap oleh KUA, temen-temen bakalan dikasih jadwal seminar pra nikah yang minimal harus dihadiri oleh salah satu calon pengantin atau lebih bagus jika diikuti keduanya. Karna menurut saya, seminar pra nikah ini penting banget buat kita yang baru akan memulai sebuah rumah tangga, disana kita bakalan dibimbing dan diberikan pengarahan mengenai hak dan kewajiban suami istri, biasanya seminar pra nikah ini dilaksakan sekitar 2 minggu sebelum hari H.


Jadi gimana nih gaes, udah kebayang kan sekarang harus mulai ngapain ? semoga persiapan pernikahan temen-temen selalu dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT. Karna menikah adalah niat baik semua manusia. Jangan pernah takut untuk menikah, gaes. Karna salah satu ibadah terpanjang seorang muslim adalah menikah.



Wassalam,



Firda Winandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)