Kamis, 15 April 2021

Menjadi Bermanfaat Melalui Blog


Assalamualaikum,

Tidak terasa memasuki hari ketiga di Bulan Ramadhan tahun ini. Gimana nih puasanya temen-temen ? Masih lancar kan ? Semoga selalu diberi kelancaran dan kemudahan serta dijauhkan dari godaan warteg yang tertutup gorden yaaa hehe

Sambil ngabuburit lah baru juga beres sahur Fir gimana kalo kita ngomongin tema yang ringan-ringan nih gaes. Mumpung bayi tidur jadi mamak bisa me time dulu sejenak hehe.

Temen-temen pernah denger gak nih istilah “Hidup yang paling beruntung adalah bisa bermanfaat bagi orang lain” ? Sering banget ya orang-orang nyebutin kalimat ini. Apalagi di bulan suci seperti sekarang, waktunya kita semua berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Tentunya arti kebaikan tuh luas banget, bisa kebaikan untuk diri sendiri, keluarga, bahkan orang lain di sekitar kita.

Ngomongin hidup yang bermanfaat, saya jadi ikutan mikir nih, udah 27 tahun hidup di dunia apa aja sih yang udah saya kasih untuk orang di sekitar saya ? gak usah jauh-jauh deh, untuk orang tua aja dulu. Kayaknya masih jauh banget dari kata sempurna huhu.

Muhasabah diri seperti ini tuh penting banget lho, gaes. Kita butuh juga waktu untuk merenung sejenak. Berpikir tentang hal-hal yang sudah kita lakukan selama ini, tentang kemudahan-kemudahan yang selalu Allah kasih buat kita, dan tentang rasa syukur kita atas nikmat selama hidup di dunia. Dijamin deh abis merenung, tanpa disadari kita bakan nangis dan mohon ampun sama Allah.

Sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, kayaknya gak sepatutnya kita menyombongkan semua yang udah Allah kasih buat kita, seperti gelar pendidikan, jabatan, atau mungkin harta yang ternyata hanya sebuah titipan Allah kepada kita. Nah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah tentunya dengan terus berusaha untuk bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

Hal ini juga yang bikin saya yakin kalo ternyata menjadi bermanfaat bagi orang lain tuh banyak banget jalannya. Bisa saling tolong secara langsung dan tidak langsung. Melalui blog ternyata bisa juga menjadi salah satu media untuk kita saling tolong menolong lho. Gak percaya ? Temen-temen sadar gak sih di jaman serba digital seperti sekarang setiap kita mencari informasi, yang pertama kita lakukan pasti nanya sama Mbah Google. Bisa tentang informasi pekerjaan, alamat, tips, kuliner, dan informasi-informasi lainnya. Di google yang pertama muncul pasti informasi melalui website dan blog kan, nah dari website atau blog seseorang ini lah kita akan merasa terbantu dalam mencari informasi tersebut. Nah ini yang bisa disebut sebagai jembatan untuk bermanfaat bagi orang lain.

Lewat pengalaman ini yang membuat saya terbuka untuk memiliki sebuah blog. Salah satu alasan saya ingin aktif di dunia blogging.


Harapan terbesar saya terhadap blog ini tentunya agar bisa menjadi media yang bermanfaat bagi orang lain. Saya berharap setiap tulisan yang saya bagikan disini bisa menjadi solusi bagi orang lain. Entah untuk sekarang atau untuk masa yang akan datang. Karna selam Mbah Google eksis, blog pun akan mengikuti hehe.

Meskipun di kemudian hari saya sudah tidak ada, saya berharap blog ini bisa terus memberikan manfaatnya dan menjadi jalan sebagai amal jariyah saya suatu saat nanti. Rasanya seneng banget ketika ada orang lain yang merasa terbantu dengan informasi yang saya tulis di blog. Meskipun sederhana tapi bahagianya luar biasa, lho.

Harapan saya juga, blog ini bisa terus menjadi pengingat bagi saya pribadi untuk terus bisa memberikan informasi-informasi berfaedah bagi pembacanya. Selain itu, melalui blog ini juga saya bisa meceritakan perjalanan hidup saya kepada anak cucu saya nanti. Mungkin suatu saat blog ini juga yang akan menjadi pengingat di hidup saya tentang betapa banyaknya nikmat yang wajib saya syukuri selama ini.

Semoga tiga harapan besar terhadap blog ini bisa terus menjadi motivasi saya dalam dunia blogging. Jujur ada masanya saya males banget buat posting di blog, rasanya gak ada ide sama sekali yang mau saya tulis. Bahkan saya sempat gak nulis sama sekali selama 3 bulan berturut-turut. Tapi, setelah diingat-ingat lagi tentang harapan yang ingin saya wujudkan, semangat untuk konsisten menulis sedikit demi sedikit mulai muncul lagi hehe.

Yuk kita bareng-bareng semangat untuk selalu konsisten dalam menulis. InsyaAllah setiap tulisan yang kita buat suatu hari nanti pasti ada manfaatnya bagi diri kita sendiri atau bahkan bagi orang lain.

Wassalam,



Firda Winandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)