Selasa, 09 Juni 2020

Pilihan Rumah Bersalin Di Bandung Timur


Assalamualaikum,

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga artinya mulai menghitung hari buat ketemu sama anak bayi, yakan ? Nah di fase ini pasti kita udah mulai sibuk juga menyiapkan segala perlengkapan nak bayi mulai dari pakaian sampai perlengkapan melahirkan ibunya juga. Tapi gak ketinggalan nih, bumil bakalan dapet banyak banget rekomendasi tempat melahirkan dari orang-orang sekitar. 

Rekomendasi tempat melahirkan sebenernya harus sudah bumil siapkan saat awal kehamilan, sehingga saat waktunya tiba atau mendekati hari H bumil udah gak bingung apalagi galau menentukan tempat untuk persalinan nanti. 
Di awal kehamilan dulu, saya emang udah punya rencana mau melahirkan dimana. Hanya saja mungkin dulu saya kurang mencari informasi tempat-tempat lain sampai akhirnya gak kerasa usia kehamilan semakin tua. Saat itu mulai bingung nih, nanti lahiran mau dimana ? Rumah bersalin atau rumah sakit kah ? Dan kejadian kan, saya mulai galau ketika ditanya rencana tempat untuk melahirkan nanti hehe. 

Buru-buru deh saya sama pak suami mulai cari-cari info rumah bersalin yang rekomen di daerah Bandung Timur. Selain itu, saya juga mulai cari info ke beberapa teman yang sudah berpengalaman hehe. Alhamdulillah banget, banyak temen-temen yang kasih rekomendasi tempat bersalin yang menurut saya cukup bagus untuk menjadi pilihan bumil. Nah, biar semua infonya bisa bermanfaat, saya bakalan share beberapa rumah bersalin (yang langsung ditangani bidan) yang bisa jadi rekomendasi untuk temen-temen bumil juga. 

Klinik Mulus Rahayu (Bidan Fatimah) 

Klinik Mulus Rahayu ini awalnya bernama Rumah Bersalin Ibu Fatimah. Saat ini mulai berkembang menjadi sebuah klinik kesehatan yang bukan hanya sebagai tempat melahirkan. Area kliniknya menurut saya sangat bersih dan luas, dokter disini juga udah komplit banget, ada Bidan, dokter spesialis kandungan, dokter umum, sampai dokter spesialis anak pun ada. Sudah beberapa kali selama hamil saya kontrol disini, dan Alhamdulillah selalu kebetulan diperiksa sama Ibu Fatimah langsung hehe. Biaya konsultasi dan pemeriksaan bidan disini juga masih terjangkau yaitu Rp. 95.000 sdh termasuk vitamin, dan hanya menerima pasien umum saja. Menurut ibu Fatimah, pihak klinik sudah mengajukan surat untuk pelayanan BPJS hanya saja sampai saat ini belum ada feedback nya. 

Biaya persalinan disini dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas VIP, Kelas I, Kelas II dan Kelas III. Perbedaannya hanya pada jumlah pasien di ruangan perawatannya aja kok, tapi semua pelayanan dan fasilitas hampir sama. 

Untuk biaya persalinan kelas VIP (tertinggi) disini adalah sekitar Rp. 2.500.000 sedangkan untuk kelas III (terendah) ada di kisaran Rp. 1.500.000, dan nanti bayi langsung ditangani oleh dokter spesialis anak. 

Klinik Mulus Rahayu juga siap membantu jika pasien mengalami keadaan yang harus dirujuk ke rumah sakit. Ada tiga pilihan rumah sakit rujukan yaitu, RSUD Kota Bandung (RS Ujung Berung), RS Al – Islam, dan RS Hermina Arcamanik. Klinik Mulus Rahayu beralamat di jalan Cigending No. 69, Ujung Berung. 

Rumah Zaffa (Bidan Ira) 

Rumah bersalin kedua yang ada di daerah Bandung Timur yaitu Rumah Zaffa miliki Bidan Ira Iranti. Saya mendapat info ini dari teman yang sudah dua kali melahirkan disana. Jujur aja saya baru sekali kontrol kesini hehe, tapi tenang saya udah tanya beberapa info persalinan disini kok hehe. 

Alamat Rumah Zaffa ada di Komplek Perumahan Cijambe Indah Jalan Vijaya Kusumah I Blok G No. 15, Ujung Berung. Rumah bersalin milik Bidan Ira ini emang ada di area komplek yang dimana merupakan tempat tinggal Bidan Ira sendiri. 

Biaya persalinan disini sekitar Rp. 1.400.000 dan menerima pasien BPJS, tapi dengan ketentuan subsidi BPJS yang diberikan maksimal Rp. 700.000 dari jumlah keseluruhan biaya. Menurut saya ini lumayan banget sih. Oh iya, khusus pasien yang melahirkan disini, bisa langsung mendapatkan fasilitas Photoshoot untuk baby. Tapi tentunya dengan tambahan biaya lagi ya hehe. Menurut pengalaman teman saya tahun lalu, biaya yang dia keluarkan saat persalinan plus photoshoot sekitar Rp. 1.800.000, dipotong subsidi BPJS menjadi Rp. 1.100.000. Waw worth it banget gak sih ? Udah mah lahiran normal, terus langsung jadi foto model nih nak bayi hihi. Kalau temen-temen ada yang mau coba tanya-tanya sama bidannya langsung juga bisa banget. Bidan Ira ini beneran ramah banget dan masih muda pula, beliau siap 24 jam dengerin keluhan temen-temen mengenai kehamilan via Whatsapp. 

Klinik Al-Faiha Medika

Tempat ketiga yang bisa jadi rekomendasi temen-temen bumil adalah Klinik Al- Faiha Medika yang ada di Jl. Griya Hamdan Asri No.3, Cisaranten Endah. Fasilitas disini cukup lengkap, yaitu dokter umum, Bidan, dokter spesialis kandungan, dan USG. 

Kebetulan saya belum pernah kontrol kehamilan disini, karna waktu itu kondisinya pemeriksaan USG sedang ditutup sementara akibat Covid 19. Jadi, saya cuma sempet tanya-tanya sedikit info persalinan aja hehe. 

Untuk biaya persalinannya saya belum tau pasti, tapi Klinik Al-Faiha Medika ini menerima pasien BPJS dan memberikan potongan biaya sebesar Rp. 700.000 jika persalinan normal yang dibantu oleh Bidan. Fasilitasnya juga cukup lengka, disini tersedia mobil ambulance yang siap 24 jam jika ternyata kondisi bumil harus dirujuk ke rumah sakit. 

Rumah Bersalin Bidan Sri Muryati 

Nah yang terakhir saya datengin adalah Rumah Bersalin milik Bidan Sri Muryati yang ada di jalan Cijambe No. 2, Ujung Berung. Bidan Sri ini udah praktek lama banget, mungkin lebih dari 20 tahun. 

Kebetulan baru satu kali saya periksa kehamilan disini, dan saya belum dapat kesempatan untuk bertemu Bidan Sri Muryati secara langsung. 

Setelah saya tanya-tanya mengenai biaya persalinan disini, ternyata biayanya masih terjangkau yaitu sekitar Rp. 1.500.000 (jika tanpa masalah). Untuk penambahan infusan dan jahitan saat proses melahirkan, biaya ditambah sekitar Rp. 100.000 per labu infus atau per jahitan tambahan. 
Lokasi dan suasana tempatnya juga menurut saya nyaman dan cukup luas. 

Alhamdulillah mudah-mudahan empat rekomendasi Rumah bersalin yang saya share bisa bermanfaat buat temen-temen bumil yang sekarang lagi ikutan galau pilih tempat melahirkan. Setelah saya simpulkan ternyata rata-rata biaya persalinan di Bandung Timur, tepatnya daerah Ujung Berung sekitar 1.5 juta sampai 3 juta rupiah, tergantung fasilitas dan pelayanan yang kita dapatkan. 

Yang paling utama harus bumil siapkan adalah mental dan kondisi badan yaa, selalu jaga kesehatan dan kesiapan mental sebelum melahirkan. Semoga Allah SWT permudah proses persalinan kita dan nak bayi lahir dengan keadaan sehat tanpa kurang sesuatu apapun. Banyak berdoa dan minta pertolongan sama yang Maha Kuasa ya, gaes. Bismillah temen-temen bumil disini pasti bisa melewati semua proses indah ini. Aamiin 


Wassalam, 



Firda Winandini

6 komentar:

  1. menarik bgt, ternyata banyak juga ya teh rekomendasi tempat bersalin bisa jd referensi nih kalo someday aku mau bersalin hihi

    BalasHapus
  2. Wah keren banget niy infonya. Aku juga termasuk Bandung Timur niy. Sapa tau nanti hamil anak kedua kan jadi udah ada beberapa rekomendasi rumah bersalin. Makasih Teh.

    BalasHapus
  3. Nice share nih teh.. bermanfaat buat para be new mom yang masih bingung dan butuh refrensi nyari rumah sakit bersalin dan dojter obgyn yang cocok. Aku setiju kalo mental juga mesti disiapin bukan cuman kesehatan fisik aja karena jadi new mom itu kaya dunia baru.

    BalasHapus
  4. Ih gemes teh semoga lancar nanti lahirannya yaaa... mertuaku juga warga bandung timur, dulu aku pernah periksa di bidan ira hahaha

    BalasHapus
  5. Terimakasih rekomendasi nya bulan kdepan sepupu aku lahiran aku udah share link ini kedia

    BalasHapus
  6. Istri saya jg mw lahiran, tapi masih lama, usia kandungan'y masih d bawah 2 bulan...
    Lumbayan bisa cari2 info dulu...^_~...

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)