Rabu, 24 Juni 2020

Solusi Keresahan Bumil Memasuki Trimester Ketiga di Masa Pandemi



Assalamualaikum,

Memasuki usia kehamilan akhir biasanya apa aja sih yang bumil rasain ? Ternyata di usia kehamilan trimester ketiga ini, banyak banget keluhan fisik maupun pikiran yang mulai dirasakan hehe. Mulai dari kondisi tubuh yang semakin berubah dan pola pikir menghadapi persalinan baby. Eh tapi bukannya mau ngeluh, cuman baru ngeuh aja kalo sebenernya nutrisi di awal kehamilan emang penting banget buat terpenuhi, salah satunya untuk menunjang kondisi tubuh di akhir masa kehamilan kaya sekarang.


Apalagi di masa pandemi saat ini, tantangan bumil makin nambah lho gaes. Banyak hal dan prosedur kesehatan yang tetep harus dijalani tapi harus tetep dilakukan dengan pertimbangan kondisi di luar rumah. Seperti yang saya rasain hampir empat bulan ini. Semenjak pemerintah mengumumkan mulai mewabahnya virus Corona di Indonesia dan terpaksa harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dari sebelumnya, rada serem dan bikin kuatir juga, apalagi  dua bulan yang lalu kehamilan saya mulai memasuki masa trimester ketiga.

Gimana rasanya Fir hamil pas masa pandemic gini ?

Hmm, serem dan emang jadi PR banget buat lebih ningkatin imun tubuh. Bukan cuma untuk diri sendiri, tapi juga calon bayi di perut juga.


Tentunya di usia kehamilan sekarang, banyak banget hal yang harus saya penuhi untuk persiapan persalinan serta kesehatan bayi nih. Tapi, mau tidak mau semuanya harus saya lakukan dengan batasan sesuai protokol kesehatan yang diterapkan. Sempet kepikiran juga sih, gimana lahiran nanti ya ? Aman gak sih lahiran normal di masa pandemic ini ? Duh nanti abis lahiran dedek bayi aman gak ya ? Hmm pokonya semua pertanyaan mulai muncul dan ganggu pikiran banget. Asli sebenernya ini tuh ga dibenarkan!

Tapi ternyata dengan adanya dunia digital yang semakin hari semakin maju, keresahan bumil bisa teratasi, alhamdulillah. Makanya nih saya pengen banget sharing beberapa hal yang masih bisa bumil lakuin meskipun harus di rumah aja, insyaAllah masih bisa untuk memenuhi persiapan persalinan dan nutrisi bumil saat lahiran nanti, dan pastinya tetep bikin bumil happy.

1. Membeli perlengkapan bayi secara online

Dari awal kehamilan saya udah ngebayangin asiknya belanja perlengkapan bayi nanti. Seneng rasanya  bisa belanja setiap item kebutuhan nak bayi yang gak pernah gagal bikin saya gemes sendiri hehe . Tapi qadarallah pas waktunya harus siapin semua kebutuhan nak bayi, malah harus tetap di rumah huhu. Sempet kecewa sih gak bisa belanja perlengkapan melahirkan secara langsung, tapi saya masih sangat bersyukur, ternyata kemajuan teknologi saat ini emang beneran ngebantu banget. Semua perlengkapan melahirkan dan kebutuhan dedek bayi bisa saya siapkan meskipun harus melalui online shop hehe.


Alhamdulillah, semua perlengkapan yang saya butuhkan lengkap banget meskipun melalui online shop. Satu yang perlu diinget juga ya bumils, sebelum belanja kebutuhan melahirkan dan bayi secara online, jangan lupa untuk membuat daftar perlengkapan apa aja yang akan dibeli, jangan sampe kebablasan dan malah bikin lebih boros hehe.

2. Olahraga rutin secara online

Hal kedua yang harus bumil siapkan sebelum melahirkan tentunya kesiapan fisik kan. Nah memasuki usia kehamilan trimester ketiga ini, banyak banget teman saya yang menganjurkan saya untuk mengikuti senam hamil secara rutin. Sebelumnya saya memang sudah  ijin sama pak suami buat ikutan kelas hamil di salah satu klinik di kota Bandung, tapi kembali lagi karna kondisi pandemic- yang gak memungkinkan untuk diadakan kelas senam hamil secara langsung mau gak mau saya harus kecewa lagi huhu.


Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti kelas hamil secara online, kadang lewat youtube, live Instagram salah satu klinik, atau via zoom bareng temen-temen bumils yang laen hehe. Meskipun masing-masing harus tetep di rumah aja, tapi untuk kesehatan tubuh dan bayi masih harus jalan terus dong. Sungguh bersyukur saya hidup di dunia digital saat ini hehe.

3. Konsultasi kandungan secara online

Nah yang ketiga ini nih yang sempet bikin saya kepikiran. Semenjak wabah Covid 19 masuk ke Indonesia, setiap klinik dan fasilitas kesehatan diwajibkan untuk memenuhi standar kesehatan yang lebih ketat. Salah satunya pembatasan pasien khususnya ibu hamil dan anak kecil. Jumlah pasien konsultasi kandungan tanpa keluhan serius mulai dibatasi. Padahal, di usia kehamilan trimester ketiga ini, diharapkan bumil melakukan kontrol ke dokter  atau bidan dua minggu sekali secara teratur agar kondisi bayi bisa terpantau.


Duh sempet bingung nih harus gimana, meskipun Alhamdulillah selama kehamilan ini saya gak pernah memliki keluhan serius, tapi rasa kuatir mengenai kondisi bayi masih tetep ada. Akhirnya setelah ngobrol dengan beberapa temen bumil juga, rasa kuatir saya mulai hilang karna adanya salah satu aplikasi kesehatan Halodoc yang rekomen untuk konsultasi kehamilan di masa pandemic saat ini.

Aplikasi Halodoc adalah sebuah startup kesehatan yang sudah terverivikasi oleh Kementrian Kesehatan Indonesia. Jadi, semua data dan informasi pengguna dijamin aman banget. Aplikasi kesehatan yang memberikan kesempatan setiap orang untuk berkonsultasi mengenai kondisi tubuh secara online selama 24 jam dengan dokter-dokter terpercaya di Indonesia. Setiap konsultasi yang dilakukan juga gak memakan biaya mahal, malah kebanyakan gratis hehe. Karena saya orangnya sangat ekonomis, aplikasi ini bener-bener bikin saya puas banget hehe. Yeeeyy bumil happy.


Selain tersedia konsultasi dengan dokter spesialis kandungan, saya juga bisa chat langsung dengan dokter umum, dokter spesialis anak, sampai dokter gigi, tapi dengan tarif yang berbeda. Eh tapi tenang aja, tarif konsultasi dokter di Halodoc ini cuma kisaran Rp. 15.000 – Rp. 35.000 aja. Murah banget kan.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu lalu, ketika saya merasakan sakit punggung di malam hari, dan untuk konsultasi dengan obgyn secara langsung gak memungkinkan, saya cobain deh konsul dengan salah satu dokter dari aplikasi Halodoc ini. Seneng banget respon dokternya ramah dan memuaskan, gaes. Akhirnya saya ketagihan deh konsultasi online sampe sekarang hehe.


Selain bisa konsultasi dengan beberapa dokter umum maupun spesialis, saya juga bisa memesan langsung obat-obatan dan vitamin kehamilan melalui aplikasi Halodoc. Semua obat udah terjamin, karna tersedia dari beberapa apotek yang telah disetujui oleh menteri kesehatan. Kalo ternyata kita punya resep dokter, bisa juga langsung dipesan disini, dan pengantaran obat langsung ke rumah, lho. Simple, praktis dan pastinya aman kan.

Semenjak pandemi Covid 19, aplikasi Halodoc juga mempermudah pengguna dengan menyediakan fitur informasi rumah sakit yang menyediakan pelayanan tes Covid 19. Sama dengan kemudahan Covid test Jakarta, kita yang ada di Bandung pun bisa menggunakan fitur ini dengan mudah dan pastinya hemat waktu juga kan. Pokoknya aplikasi Halodoc ini sangat memudahkan saya untuk bisa menjaga dan mengatasi keluhan selama masa kehamilan trimester ketiga di tengah pandemic. Apalagi SOP melahirkan saat ini yang mengharuskan bumils untuk mengikuti tes Covid 19 lebih dulu sebelum tindakan operasi di rumah sakit.


Nah buat temen-temen bumils yang pengen konsultasi kandungan tapi masih rada takut buat pergi ke klinik, bisa dicoba nih download aplikasi Halodoc ya. InsyaAllah sangat membantu dan berasa punya dokter pribadi hihi..

Semoga temen-temen bumils sehat selalu. Aamiin..


 Wassalam




 Firda Winandini

2 komentar:

  1. Aduh kebayang aku juga kalo hamil saat pandemi, tapi bener deh gausah stress kan ada halodoc ya beb

    BalasHapus
  2. Bumil sehat2 terus ya samapai lahiran, keep thinking positive, deutun juga sehat2 yah,

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)