Jumat, 24 April 2020

Resep Puding Buah Naga, Teman Buka Puasa Saat #dirumahaja

Assalamualaikum,

Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah gak terasa hari ini kita mulai memasuki hari pertama bulan suci ramadhan tahun ini. Sehubungan dengan peraturan pemerintah dalam menghindari penyebaran virus Covid-19 untuk selalu berdiam diri di rumah, kayaknya lagi puasa – puasa gini enak deh bikin cemilan manis buat buka puasa nanti sore.



Cemilan sehat ternyata gak perlu mahal juga loh, gaes. Cocok banget nih buat menyegarkan tenggorokan setelah seharian menahan haus dan lapar.

Berhubung di rumah ada sedikit buah naga nganggur di kulkas, saya mau coba eksekusi untuk jadi cemilan sehat yang dijamin disukai anak-anak maupun orang dewasa. Semua bahan yang saya gunakan juga sudah tersedia di rumah dan gampang banget didapatkan. Jadi, yuk langsung cus ke dapuurr.

Bahan – bahan
  • 1 butir buah naga merah (kebetulan berat 1 buah nya 500gr)
  • 2 sachet agar-agar swallow plain
  • 3 sachet susu kental manis
  • 200gr gula pasir
  • 1.8 Liter air putih
Cara membuat

- Layer pertama

  • Potong-potong setengah buah naga merah untuk kemudian di haluskan (diblender tanpa air).
  • Tuang 1 sachet agar-agar swallow, 80gr gula pasir, buah naga yang sudah di blender, dan air 900ml ke dalam satu wadah, kemudian panaskan hingga mendidih.
  • Sambil diaduk, masukan tiga sachet susu kental manis ke dalam adonan yang sedang dipanaskan secara perlahan.
  • Setelah mendidih, tuang adonan pudding ke dalam cetakan.
  • Tunggu hingga dingin dan masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit.
- Layer kedua
  • Tuang 1 sachet agar-agar swallow, 120gr gula pasir dan 900ml air putih ke dalam wadah kemudian panaskan.
  • Aduk adonan agar-agar hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, dinginkan sebentar dan masukan ke dalam cetakan yang sudah terisi lapisan pudding pertama. Kemudian diamkan sebentar.
Topping

Untuk topping gunakan setengah buah naga tadi, kemudian potong ukuran dadu. Setelah pudding di dalam cetakan dingin, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas masukkan beberapa potongan buah naga di atasnya.

Terakhir, masukan pudding yang sudah dingin ke dalam kulkas agar lebih mengeras kurang lebih 30 menit dan pudding buah naga siap dihidangkan.

Resep pudding buah naga ini bisa jadi salah satu cara temen-temen untuk menghabiskan waktu di rumah disamping WFH kan. Untuk ukuran setiap bahan bisa temen-temen sesuaikan dengan selera masing-masing yaa. Alhamdulillah dengan ukuran bahan yang saya sebutkan tadi, menghasilkan 15 pcs ukuran cup kecil, 1 loyang pudding ukuran kecil, dan 1 loyang pudding ukuran sedang.

Semoga masa pendemi ini segera berakhir dan kita bisa melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Aamiin

Selamat mencoba :)

Wassalam,



Firda Winandini

2 komentar:

  1. Aku tuh selalu gagal kalau bikin pudding berlayer gini dan nggak sabaran juga sih.
    Buah Naga, buah favorit di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin puding yg berlayer emang perlu kesabaran extra sih mbak, karna ya itu harus bolak balik masuk kulkas hehe

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)