Rabu, 06 Maret 2019

Serunya Workshop Bersama Faber Castell Untuk Meningkatkan Kreatifitas

Assalamualaikum,
Perkembangan jaman yang selalu berjalan dinamis tentunya akan selalu menjadi faktor pendorong bagi siapaun untuk terus berkembang demi daya saing yang semakin meningkat. Tapi apa aja sih yang bisa mendukung kita untuk terus bisa bersaing di jaman serba digital kayak gini ? cukup gak sih hanya dengan faktor akademis ? 


Menurut penelitian yang dilakukan olah Partnership for 21st Century Learning, dijelaskan bahwa perkembangan di abad 21, seseorang tidak hanya dituntut memiliki kemampuan Learning & Thingking Skill, tapi juga Life skill yang dapat ditumbuhkan melalui meningkatnya kemampuan kreatifitas.

Tapi, apakah setiap orang memiliki kemampuan kreatifitas yang bisa diunggulkan ? Gimana nasib saya nih yang masih jauh banget dari kata kreatif ?

Dulu sih jaman sekolah saya seneng banget ikut lomba mewarnai, tapi makin sini makin jarang dan bahkan udah ga pernah saya lakuin lagi. Hasilnya berasa kaku banget pas coba buat mewarnai.

Kebetulan banget tanggal 19 Februari lalu, saya diajakin buat ikut workshop mewarnai dari Faber Castell. Pas pertama tau kalo Faber Castell yang ngadain acara workshop ini, saya semangat banget soalnya dari jaman masih sekolah dulu, Faber Castell selalu jadi produk andalan buat ngerjain tugas dari sekolah haha.

Acara workshop ini diadain di salah satu venue yang ada di kota Bandung. Sebenernya saya sedikit datang terlambat waktu itu, karena sebelumnya saya harus drama salah lokasi, tapi Alhamdulillah sampai di lokasi, acara baru akan dimulai.

Di awal acara, saya dan temen-temen blogger yang lain diperkenalkan lebih dulu mengenai siapa sih Faber Castell ini. Padahal kan siapa juga yang ga kenal sama salah satu produk alat tulis terkenal di Indonesia. Bahkan, waktu masih jaman sekolah dulu, setiap ujian harus dan wajib banget pake pensil dari Faber Castell, kayaknya lebih baik terlambat datang ujian daripada harus rela pakai pensil lain hehe.


Faber Castell merupakan salah satu perusahaan alat tulis yang berasal dari German sejak tahun 1761. Kebayang kan udah berapa taun Faber Castell menjelajahi dunia alat tulis. Dan yang paling bikin saya respect banget sama produk satu ini, soalnya Faber Castell memiliki hutan pinus sendiri di German sebagai pusat bahan baku untuk memproduksi setiap produknya, jadi udah gak diragukan lagi kan kalo Faber Castell sangat memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar. Saat ini Faber Castell sudah dipimpin oleh generasi ke delapannya lho. Keren banget kan.

Lalu, apa aja sih peran Faber Castell di jaman digital kayak sekarang ?

Sekitar tahun 2000-an, atau kira-kira selama 19 tahun ini Faber Castell aktif banget ngadain berbagai kegiatan untuk menunjang kreatifitas setiap individu. Bukan hanya kegiatan bagi anak-anak, tapi melalui program #Art4All, Faber Castell mengajak setiap kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua untuk kembali mengolah kemampuan kreatifitasnya masing-masing.

Dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Faber Castell tersebut, diharapkan setiap masyarakat bisa kembali meningkatkan kemampuan mereka terutama di bidang menggambar dan mewarnai. Soalnya, menurut penjelasan dari Kang Andry selaku PR Manager di Faber Castell, saya baru tau kalo ternyata banyak banget manfaat dari kegiatan menggambar dan mewarnai bagi kesehatan maupun sosial, contohnya dengan menggambar dan mewarnai, seseorang bisa terhindar dari kepikunan, nah penting banget kan gaes, gamau dong udah usia lanjut nanti trus pikun, naudzubillah jangan sampe deh. Makanya perbanyak membaca, menggambar dan mewarnai dari sekarang hehe. 

Selain anti pikun, kegiatan menggambar dan mewarnai juga dapat meningkatkan rasa empati seseorang, meningkatkan kreatifitas, mendorong motorik, serta melatih kemampuan mengingat dan berpikir. Wih banyak banget ternyata manfaat yang bisa dihasilkan dari kegiatan yang simple kayak gini.


Balik lagi ke program #Art4all yang sukses diadakan oleh Faber Castell ini, gaes. Ada beberapa tingkatan dari kegiatan yang dilakukan, pertama kegiatan bagi anak-anak yang dilakukan melalui lomba mewarnai. Kegiatan ini dimaksudkan agar kreatifitas bisa tumbuh dan berkembang sejak usia dini. Gak tanggung-tanggung, hadiah bagi pemenang dalam acara ini bisa berkunjung dan berwisata edukasi sampe ke luar negeri.

Kedua adalah jenjang bagi remaja dan dewasa. 
Untuk mendukung kegiatan ini, Faber Castell juga rutin banget nih ngadain lomba Art and Graphic, yang dimana semua peserta adalah setiap orang yang berada pada usia remaja sampai dewasa. Selain lomba menggambar, ada juga nih lomba menulis kreatif, yang dimana setiap hasil karya peserta terbaik akan dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku, keren gak tuh kalo tulisan kita bisa dijadiin buku dan dibaca oleh banyak orang. Pengeeeennn.


Ketiga jenjang keluarga
Dimana kegiatan yang diadakan adalah lomba menggambar dan mewarnai bersama anggota keluarga. Jadi di acara ini, Faber Castell mengajak orang tua untuk ikut berperan dalam kegiatan lomba. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar tercipta hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak-anaknya. Kerjasama tentunya jadi kunci dalam kegiatan ini, tapi yang paling utama, Faber Castell ingin mengajak setiap keluarga untuk menciptakan kreatifitas mereka masing-masing. Hadiah yang mereka siapin juga gak tanggung-tanggung, pemenang bisa berwisata ke luar negri, lho. Dan setiap hasil karya dari pemenang akan dipamerkan di acara berikutnya. Bener-bener bikin mupeng kan.


Terakhir adalah jenjang lanjut usia. 
Nah, biar gak sirik-sirikan, Faber Castell juga punya program meningkatkan kreatifitas bagi usia lanjut, gaes. Program ini tentunya bermanfaat untuk menghilangkan stress bagi orang tua. Dengan menggambar dan mewarnai objek yang ringan, resiko meningkatnya stress pada orang tua akan sedikit berkurang, sehingga para orang tua yang berusia lanjut bisa terhindar dari yang namanya pikun dan depresi.

Selain di perkenalkan dengan beberapa kegiatan yang sampai saat ini masih digalakan oleh Faber Castell, di acara workshop ini juga saya diberi satu set produk terbaru mereka yang keren banget, Colour To Life. Awalnya sih rada bingung, duh curiga saya disuruh ngegambar ini mah hehe, tapi ternyata asik banget gaes. Jadi, produk ini tuh salah satu produk terbaru mereka. Di dalam satu set produk, udah tersedia 20 warna conector pen dan buku dengan 15 halaman untuk diwarnai. Gausah kuatir kalo tinta dari conector pen ini gak sengaja tertelan oleh si kecil, soalnya udah dijelasin oleh Kang Andry, kalo tinta dari connector pen sudah teruji aman karena terbuat dari air dan pewarna makanan (tapi gausah sengaja dimakan ya). Jadi gak akan bikin keracunan dan mengganggu saluran pencernaan.



Di acara ini, saya juga diajarin beberapa teknik mewarnai yang gak bikin tinta connector pen cepet habis. Ternyata mewarnai bukan soal menutupi bagian yang kosong pada gambar aja, ada beberapa teknik penting yang harus diperhatikan, seperti misalnya untuk bidang yang luas, digunakan teknik menggambar bulat dan spiral secara berurutan dari kiri ke kanan tanpa putus. Jika dirasa bidang masih terlihat kosong, timpah warna yang lebih muda dengan menggunakan warna yang lebih tua, tapi masih dengan teknik menggambar yang sama, dan hasilnya emang keren nih. Ada juga teknik mewarnai dengan cara menggambar garis tepat di samping garis objek, ini tuh buat bidang yang gak terlalu luas. Untuk bidang yang sangat sempit, cukup dibuat titik-titik rapat aja. Asli ini tuh teknik ajaib banget, bikin tinta awet, dan hasilnya juga keren. Oh iya, teknik menggambar ini dijelasin sama Kang Tray alias Try Purnama Syukur selaku Creative Development dari Faber Castell. Makasih nih Kang, saya jadi tau kalo mewarnai ternyata ada tekniknya haha.


Puas mewarnai dengan produk Colour To Life ini, semua peserta workshop diminta menginstal aplikasi Colour To Life di handphone masing-masing, trus lanjut scan gambar yang udah kita warnai tadi, dan waw gambar kita bisa hidup gaes. Selain gambarnya yang bisa hidup, kita juga bisa memainkan game dan selfi bareng karakter yang kita warnai tadi. Saya juga gak mau kalah dong, harus banget nih selfie sama kuda yang udah saya warnai hehe.

Nah jadi, tujuan dari peluncuran produk “Colour To Life” ini adalah untuk mengenalkan pada anak-anak jaman milenial, yang dimana mereka akan lebih antusias dan tertarik terhadap produk digital dibandingkan kegiatan langsung seperti menggambar dan mewarnai. Dengan adanya produk ini, diharapkan anak-anak bisa tetap berimajinasi dan meningkatkan kreatifitas mereka melalui kegiatan menggambar dan mewarnai tanpa merasa bosan, karena mereka juga tetap bisa bermain game bersama objek yang sudah mereka buat sebelumnya.


Salut deh sama Faber Castell, meskipun perkembangan jaman semakin maju, tapi selalu bisa mengimbangi dengan kegiatan dan produk-produk yang super keren.

Oh iya, buat temen-temen yang kepengen punya produk “Colour To Life” juga, mulai bulan April 2018, bisa langsung dateng ke Gramedia atau pesan online di Official Store Faber-Castle, Shopee, Bukalapak atau Tokopedia ya. Harganya sekitar 100 sampai 120 ribuan. Tapi jangan lupa, sebelumnya temen-temen bisa unduh aplikasi Colour To Life di App Store maupun Google Play Store. Produk ini gak cuma buat anak-anak kok, tapi cocok juga buat remaja maupun dewasa, karna bisa membantu melatih kreatifitas dan ngilangin stress. Saya pun jadi ketagihan mewarnai tiap lagi bête atau gak ada kerjaan hehe.


Semoga cerita pengalaman workshop saya ini bisa bermanfaat buat temen-temen. 

Wassalam,



Firda Winandini







27 komentar:

  1. Wah keren program art4all nya...
    Saya jg punya colour to life, ga khawatir dimainin anak terus kena baju, soalnya gampang bersihihinnya hehe...

    BalasHapus
  2. iya aku juga pernah baca teh manfaat mewarnai salah satunya menghindari kepikunan agak serem juga yah

    nah ini aku punya di rumah teh faber castle ini lahdalah sama anakku diilangin dan dipake buat mainan hahhaa..

    BalasHapus
  3. Wah sayang banget saya ga diajak workshop ini padahal saya suka pake Faber hehe emang berkarya itu banyak banget ya manfaatnya, tfs yah

    BalasHapus
  4. Wah sayang banget saya ga diajak workshop ini padahal saya suka pake Faber hehe emang berkarya itu banyak banget ya manfaatnya, tfs yah

    BalasHapus
  5. Wah keren banget. Bisa jadi ide permainan juga sama anak. ^_^

    BalasHapus
  6. acaranya menarik ya teh, mengasah kreatifitas brand ini fav aku dalam mewarnai dengan menggunakan pensil warna dan spidolnya juga bagus

    BalasHapus
  7. Anak-anakku harus nyobain ini, mereka pasti suka deh

    BalasHapus
  8. Faber Castell ini ngikutin perkembangan zaman ya. Jadi anak-anak tetap suka :)

    BalasHapus
  9. Sekarang mewarnai ga cuma jadi milik anak-anak aja ya. Orang dewasa bahkan lanjut usia pun bisa, malah jadi banyak manfaatnya. keren nih program nya Faber Castell. Aku juga punya nih faber Castell colour to life ini.. Kalau gambar nya udah diwarnai semua, bisa buat main game di HP..

    BalasHapus
  10. Faber castell mah pensil andalan tiap mau ujian hehe ternyata sekarang bertransformasi yah ngikutin jaman millenial juga. Keren dan salut nih sama faber castell. Coba ah aku download dulu aja kali yah aplikasinya

    BalasHapus
  11. anakku suka banget mewarnai ini dan maen game nya.
    terus juga kualitas Faber Castell sangat bagus ya, teh :)

    BalasHapus
  12. Keren banget sih menurut aku workshopnya banyak benefit yg didapat, btw aku jg hobi mewarnai aslinya dulu hihi, fabercastel ini menjadi fav aku untuk mewarnai dan sekarang ternyata fabercastel ini makin oke banget

    BalasHapus
  13. Ternyata mewarnai ada tekniknya juga ya. Pantes aku kalau mewarnai pake spidol gitu asal aja.. dan bener cepet abis tintanya..

    BalasHapus
  14. Fiber castel adalah salah satu produk favorit keluarga aku mbak. seru pasti ya acaranya, sayang kmrn gak bisa ikutan euy

    BalasHapus
  15. makasih mbak sharingnya, fiber castel adalah salah satu produk alat tulis favorit keluarga kami

    BalasHapus
  16. Saya juga punya produk color to life ini. Anak anak suka karena selain bisa ngewarnain juga bisa dibentuk bentuk kayak pesawat dll

    BalasHapus
  17. Aku juga suka banget mewarnai waktu masih SD, tapi dulu suka pake kompetitornya yg bisa dilukis pake air. Tapi pas SMP mulai deh ngelirik Faber-Castell ini, gara-gara kepincut sama seri pensilnya yg lengkap, dari mulai H, HB, sampe 6B kalo ga salah.. Ku koleksi semua... Curcolll hihihi

    BalasHapus
  18. wow inget faber castle pasti ingetnya pensilnya kalau aku karena menemani selama masa sekolah. karena kreatifitasku mandeg kalau soal gambar selalu kagum sama yang gambarnya bagus hehe

    BalasHapus
  19. Aku juga punya colour to life ini, seru sekali ya sis hasil mewarnainya bisa jadi gambar hidup dan dimainkan.
    Ehh.. itu kucingnya meni gemass 😍

    BalasHapus
  20. Waw inget banget waktu kecil sampe kuliah selalu pake merk ini buat gambar

    BalasHapus
  21. Firdaaa...
    Gayanya imut banget, foto bareng kuda kerajaan.

    Aku juga suka banget mewarnai bareng anak-anak.
    Kok yaa bisa anteng kita...
    Karena dipertemukan dengan Faber Castle : Colour To Life.

    BalasHapus
  22. Seru banget teh ini acaranya. Banyak belajar banget nij tentang mewarnai. Makasih loh udah sharing ceritanya.

    BalasHapus
  23. Wah Teh Firda keren amat ulasannya, hehehe. Karna anak sekarang dekat dengan teknologi jadi harus dimaksimalkan yah. Apalagi CTL ini menarik banget.

    BalasHapus
  24. Fabercastell lintas zaman ya, dr dulu udah ada dan jadi andalan

    BalasHapus
  25. setuju! Faber Castle itu sahabat setia jaman sekolah, tapi sampai sekarang juga masih suka pakai bolpoint nya hehe. Tengkyu teh, udah membagi soal teknik menggambar pada bidang luas, karena emang kalo legaaa gitu kertas kosong nya, malah ga rata ngewarnain nya

    BalasHapus
  26. Wah hebat ya..faber-castell punya hutan pinus sendiri buat memproduksi langsung alat tulisnya. Pantesan bisa eksis mpe ratusan tahun. Selain itu produk faber-castell emang keren2 sih

    BalasHapus
  27. Baru tau mewarnai ada tekniknya :D seru jadinya, mewarnai ga bosen heheheh

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)