Selasa, 11 Desember 2018

4 Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Kamu Punya

Assalamualaikum,

Memasuki usia 20an menurut saya adalah fase dimana kita harus lebih fokus terhadap rencana jangka panjang. Di usia ini juga kebanyakan orang akan merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan untuk masa depan. Termasuk saya, memasuki usia kepala dua ternyata ga semenyenangkan bayangan saat remaja gaes. Banyak hal yang kadang membuat saya berfikir “mau apa saya sekarang?”, apa yang sudah saya miliki sejauh ini?” dan “bagaimana planning masa depan yang harus saya siapkan?” serta pertanyaan – pertanyaan lain yang semakin berseliweran di dalam kepala. 


Gambar : Pinterest
Belum lagi, kondisi lingkungan sekitar yang mana beberapa teman dengan usia yang sama, mungkin sudah memiliki planning masa depan yang terstruktur, karir yang baik, gelar yang tinggi, dan keluarga yang dicita-citakan. 

Sempat beberapa waktu lalu saya mulai berpikir. Apakah perlu menyiapkan planning jangka panjang untuk saat ini ? Dan beberapa teman juga menyarankan hal yang sama sih. Karena, di usia 20an bisa dibilang masa yang cukup untuk memulai planning dan memiliki investasi jangka panjang.

Banyak sekali investasi jangka panjang yang ditawarkan saat mulai memasuki usia seperti sekarang ini. Tapi, sebenarnya gak semua investasi perlu dimulai di rentan usia 20 – 30 tahunan. Beberapa investasi yang menurut saya sudah waktunya saya miliki adalah lima investasi seperti ini.

1. Tabungan

Memiliki tabungan pribadi tentunya salah satu investasi yang sangat penting dimiliki. Karena akan ada saatnya kita menghadapi kebutuhan yang mendadak dan mengharuskan kita menyimpan uang cash supaya tidak terlalu merasa kebingungan. Beberapa bulan ini saya pun sudah memulai untuk menyimpan sebagian penghasilan saya sebagai tabungan di bank. Dengan tujuan saat saya memerlukan dana yang mendadak dan cepat suatu hari, saya tidak harus meminjam dari saudara ataupun teman.

Gambar : Pinterest
2. Investasi Logam Mulia

Nah kalo investasi yang kedua ini baru ingin saya coba. Sebenernya sih udah dari lama kepikiran buat berinvestasi di logam mulia, hanya saja ya satu bahkan lain hal membuat saya harus menunda keinginan tersebut. Keuntungan dari berinvestasi dalam logam mulia ini menurut saya cukup banyak lho, gaes. Yang pertama, Nilai emas di Indonesia semakin kesini tentunya akan semakin tinggi. Coba bayangin, kalau kita hari ini berinvestasi logam mulia emas dengan harga 500ribu / gram, kebayang dong 5 atau 10 tahun lagi harga per gram emas jadi berapa. Belum lagi kita gak perlu punya tempat yang luas untuk berinvestasi di logam mulia, karena pemerintah udah nyiapin perusahaan yang memiliki wewenang untuk menyimpan dan memperjualbelikan logam mulia. Keamanan investasi akan lebih terjamin.

Gambar : Pinterest
3. Investasi Tanah dan Rumah

Investasi berbentuk tanah ataupun rumah tentunya merupakan investasi yang sangat menguntungkan loh. Harga tanah yang semakin tinggi tentunya menjadi keuntungan bagi para investor – investor. Kebayang dong kalau kita bisa memulai investasi dalam bentuk tanah, bisa – bisa beberapa tahun kedepan bisa jadi juragan tanah hehe. Sayangnya, rencana investasi tanah ini masih menjadi angan-angan buat saya. Semoga saja beberapa tahun kedepan atau mungkin tahun depan saya bisa memulai investasi yang satu ini. Amiinn

Gambar : Pinterest
4. Investasi Asuransi

Kalau tiga investasi sebelumnya berhubungan dengan orang lain, investasi yang terakhir ini justru yang paling penting menurut saya. Sebagai seorang manusia, kita gak pernah tau apa yang akan terjadi terhadap diri kita sendiri. Perlu adanya jaminan kesehatan dan keselamatan tentunya. Mungkin beberapa orang menganggap asuransi gak terlalu penting. Tapi pernah gak sih temen-temen berfikir, khususnya buat seorang laki-laki yang akan menjadi kepala keluarga dan tulang punggung keluarganya nanti, jika terjadi sesuatu pada diri kita bagaimana? Apa yang akan kita tinggalkan bagi keluarga ? Bukannya gak percaya rezeki, karena setiap orang yang lahir ke dunia tentunya dengan rezekinya masing-masing. Hanya saja, kita juga perlu loh untuk memiliki jaminan atas diri kita sendiri. Dan menurut saya memiliki asuransi salah satu cara yang bisa kita lakukan. 

Gambar : Pinterest
Beberapa waktu lalu saya mulai mencari juga nih mengenai info asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan saya. Untuk usia saya yang hampir seperempat abad ini, saya pikir perlu juga nih saya memiliki jaminan kesehatan. Belum lagi jarak rumah dan kantor yang cukup jauh, membuat saya lebih lama berada di perjalanan, nah saya juga perlu memiliki asuransi kecelakaan dan asuransi perjalanan. Awalnya sempat bingung, asuransi yang bagus dan tentunya bisa mengcover diri saya itu yang seperti apa. Memang sih sekarang ini udah banyak banget perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini itu. Tapi, yang bikin saya galau, takutnya janji mereka manis diawal aja hehe. Selain itu, jam kerja di kantor yang lumayan rada padet, bikin saya sedikit sulit buat dating dan mengobrol dengan para agen asuransi. 

Seneng banget pas lagi searching-searching tentang asuransi ini, teman saya ada yang kasih saran buat cek Futuready.com, sebuah supermarket asuransi online yang berlisensi OJK. Lah emang ada, Fir ? Ada dong, jaman digital gini, asuransi pun bisa online gaes haha. (padahal saya juga baru tau)

Featuready.com
Featuready.com adalah sebuah supermarket asuransi online pertama yang sudah berlisensi OJK. Disini, kita bisa mencari, membandingkan dan membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Contohnya saya yang saat ini membutuhkan asuransi yang mengcover kesehatan dan kecelakaan. Tinggal masuk dan cari deh. 

Mengenai keamanan dari Futuready ini udah gak perlu dikhawatirkan gaes. Soalnya, Futuready adalah broker asuransi online pertama yang udah memegang lisensi resmi mulai tanggal 18 juni 2015. Belum lagi, Futuready merupakan bagian dari AEGON yaitu salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang ada di Den Haag, Belanda. Kalo gak percaya coba searching deh. 

Oh iya, perlu diingat kalo Futuready gak pernah membuat produk asuransi sendiri ya, gaes. Karena, produk-produk yang dipasarkan di Futuready ini adalah produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka, belum lagi penawaran di Futuready ini gak bikin ribet, jujur dan gak memihak ke siapapun. Pokoknya kita bakalan dapet informasi yang sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.

Produk-produk asuransi yang ada di Futuready ini meliputi asuransi kesehatan, perjalanan, kecelakaan, bahkan sampai ke asuransi mobil juga hehe. Nah tuh yang udah terlanjur sayang sama mobilnya, wajib banget didaftarkan asuransi.

Asuransi kecelakaan yang ditawarkan di Featuready.com menjamin beberapa hal seperti rawat inap, cacat tetap, bahkan sampai ke santunan meninggal dunia loh. Sedangkan asuransi perjalanan, menjamin hal-hal seperti kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan,dan biaya medis di perjalanan. Temen-temen yang seneng jalan-jalan wajib loh punya asuransi ini. Apalagi resiko kehilangan bagasi kan sering kejadian banget tuh.

Featuready.com
Asuransi perjalanan yang dijual di Futuready.com antara lain dari AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, dan Malacca. Bener-bener produk terbaik kan. Belum lagi dalam asuransi perjalanan ini banyak banget resiko yang ditanggungnya, seperti:
a. Ganti rugi bagasi hilang
b. Ganti rugi kompensasi bagasi delay
c. Ganti rugi kompensasi pesawat delay lebih dari 3 jam
d. Ganti rugi pesawat dibatalkan
e. Biaya pengobatan sakit di tempat tujuan
f. Kecopetan di tempat tujuan
g. Kecelakaan di tempat tujuan
h. Ganti rugi rumah kebakaran saat ditinggalkan
i. Dan lain-lain

Selain asuransi kesehatan, kecelakaan, dan perjalanan, Futuready.com juga punya nih produk asuransi untuk mobil kesayangan. Apalagi sekarang-sekarang mah dimana-mana sering banget banjir, kan rawan juga tuh buat kesehatan mesin mobil kita. 

Jadi, apa aja yang dicover dalam asuransi mobil, Fir ?

Kalau kita membeli produk asuransi mobil ini, beberapa hal yang terjamin seperti, kecelakaan di jalan, mobil rusak karena banjir, dan yang terakhir jika mobil hilang. Nah kan seenggaknya kita punya jaminan kalau suatu saat (amit-amit sih) terjadi sesuatu yang gak diinginkan sama mobil kita. 

Kalau ternyata beberapa resiko tadi terjadi, gak perlu kuatir gaes. Langsung aja ajuin klaim asuransi mobil kalian, soalnya proses claim di Featuready.com juga mudah kok, karena pengurusan klaim nya dibantu oleh Customer service professional yang bisa dilakukan secara online atau via telepon.

Yang saya rasain pas nyobain belanja asuransi di Futuready.com, banyak banget manfaat yang didapetin.

Yang pertama, MUDAH cari produk asuransi yang sesuai sama kebutuhan saya, penjelasannya juga rinci banget dan gampang dimengerti, saya juga bisa dengan mudah membandingkan produk asuransi yang satu dengan produk asuransi lainnya. Jadi gak bikin galau pilih produk asuransi yang sesuai.

Kedua, PRAKTIS dan simple banget. Saya gak perlu datang ke tiap perusahaan asuransi buat tanya-tanya keuntungan dan kekurangan produk mereka. Cukup duduk depan laptop, dan semua penjelasan langsung saya dapetin.

Ketiga, SESUAI. Saya bebas pilih produk asuransi di manapun yang sesuai dengan kebutuhan saya saat ini.

Keempat, AMAN. Sudah jelas aman doong, soalnya Futuready.com udah punya lisensi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan pastinya selalu terawasi.

Hmm, udah gak bingung lagi deh cari investasi buat masa depan plus dapat jaminan kesehatan juga. 

FYI aja nih, punya investasi jangka panjang itu perlu loh, gaes. Apalagi buat kita yang masih muda – muda hihi. Makanya, yuk mulai pikirkan kira-kira investasi jenis apa yang harus kita punya dari sekarang. Kira-kira dari empat investasi yang saya sebutin barusan, udah berapa investasi yang temen-temen punya?

Wassalam,




Firda Winandini

11 komentar:

  1. Teh, izin share ya. Kemaren ada temen butuh.

    BalasHapus
  2. Wah bener nih wajib semua ini mah. Succes before 30, salah satu caranya adalah investasi. Jangan boros jajan 😄

    BalasHapus
  3. Nabung sih ya yang paling gampang-gampang tapi susah dilakuinnya hehe..

    BalasHapus
  4. Bener banget nih. Kita kudu punya 5 investasi ini. Tapinya, aku belom punya asuransi. Huhuhu...

    BalasHapus
  5. langsung merenung seketika abis baca tulisan teteh

    BalasHapus
  6. Investasi logam mulia nih dari dulu kepingin bgt tapi blm terealisasi.

    BalasHapus
  7. Baru nabung dan nyicil ngumpulin logam mulia setelah kemarin agak kecewa dengan asuransi. Otw mempelajari Futuready ini, makasi teh infonya

    BalasHapus
  8. aku juga lagi mulai ngelirik emas batangan nih, karena menurutku itu bagus dan untuk jangka panjangnya cerah

    BalasHapus
  9. Kudu visioner yaa firr:) demi masa depan yg lebih baik

    BalasHapus
  10. Aku prefer ke investasi antam (logam mulia) sih teh dan sudah aku rasakan di 2 tahun terakhir alhamdulillah.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)