Senin, 23 Oktober 2017

Pilihan Bimbel Online, Ruangguru Pastinya


sumber : https://ruangguru.com/
Assalamualaikum,

Sekarang ini, hampir semua aspek kebutuhan manusia sudah dibuat secara digital. Tidak terkecuali dengan dunia pendidikan yang mengharuskan kita untuk bisa mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju. Salah satunya dengan munculnya bimbel online di Indonesia.
Seperti pengalaman saya kemarin sore, saat sedang berdiskusi mengenai cara belajar untuk keponakan saya yang saat ini duduk di kelas 5 sekolah dasar. Selain hanya mendapatkan pelajaran di sekolah, adakah tempat yang bisa membantunya mendapatkan ilmu pelajaran lain yang cocok untuk jenjang sekolah dan usianya saat ini? Saya sempat kepikiran untuk memasukkan dia ke bimbingan belajar seperti Primagama, karena dulu sewaktu sekolah banyak juga teman saya yang ikut bimbel disana. Hanya saja, bimbel ini mengharuskan keponakan saya untuk datang ke tempat les dan belajar dengan murid – murid yang lain dalam satu kelas. Dan waktu belajarnya pun ditentukan oleh pihak bimbel. Namanya anak kecil, kadang baru mau datang les kalo lagi mood aja, nah kalau pas gak mood gimana dong ? Akhirnya teman saya itu merekomendasikan sebuah aplikasi online namanya Ruangguru. Katanya bagus untuk bimbingan belajar anak maupun dewasa juga. Ini yang menarik, waktunya yang fleksibel sehingga tidak mengikat si anak untuk datang ke tempat bimbelnya, karena cara belajarnya yang bersifat online.

Mendengar nama Ruangguru, pikiran saya awalnya mengira aplikasi tersebut lebih menekankan pada panduan cara belajar yang diperuntukan untuk guru–guru saja. “Loh kok beda ya sama yang dijelasin temen saya kemaren”. Dan gamau terlalu jauh mengira–ngira, saya langsung memilih bertanya mengenai Ruangguru tersebut ke Mbah Google hehe. Dari sana saya mendapatkan website Ruangguru. “Ah ini dia”, gumam saya dalam hati. Langsung saya klik dan cari tau lebih dalam lagi tentang aplikasi belajar ini.

Halaman awal Ruangguru
sumber : Web Ruangguru.com
Teknik pembelajaran yang diusung Ruangguru ini berbasis online. Yaiyalah namanya juga aplikasi belajar online, Fir. Iya, jadi setelah kita mendaftar menjadi murid di Ruangguru, kita bisa memilih ruang belajar yang sesuai dengan materi yang ingin kita pelajari. Misalnya, kita memiih mata pelajaran matematika, nah disana akan muncul materi pembelajaran matematika sesuai dengan jenjang pendidikan yang kita pilih. Kurikulum di Ruangguru ini juga sudah mengikuti kurikulum terbaru, yaitu kurikulum 2013. Selain materi pelajaran yang bersifat tulisan, Ruangguru juga menawarkan video belajar yang menarik banget. Dan pastinya untuk siswa Sekolah Dasar, metode ini sangat membantu sekali, namanya anak kecil kan seneng banget segala sesuatu yang bersifat animasi. Metode ini jelas membantu anak dalam menyerap setiap materi yang diajarkan.

Setelah selesai dengan materi pelajaran tadi, selanjutnya si murid bisa langsung masuk ke laman ruanguji. Yaitu ruang dimana si anak bisa menguji kemampuannya pada mata pelajaran yang dipilih. Ujian ini bersifat tryout, dan jika tryout sudah selesai dikerjakan, pembahasan tiap soal bisa dilihat kembali sebagai bahan ajar selanjutnya. Ngebantu banget kan buat para orangtua dalam mengevaluasi hasil belajar anaknya?

Oh iya, di Ruangguru ini kita juga bisa mendaftar sebagai pengajar/guru online maupun offline. Gimana caranya? Jadi, setelah kita mendaftar menjadi pengajar di ruangguru, kita akan mendapatkan kesepakatan antara ruangguru dengan calon pengajar. Untuk lebih lengkapnya apa saja yang menjadi kesepakatannya bisa langsung dilihat cara daftar guru privat. Terus, gimana caranya calon pengajar bisa mulai mengajar? Nah, di Ruangguru ini disediakan laman ruangles, yang dimana calon murid yang ingin diajarkan langsung oleh seorang guru privat dapat memilih sendiri guru yang diinginkannya. Di ruangles ini calon murid hanya memasukkan kriteria guru yang diinginkan dan mata pelajaran yang akan dipilih. Selanjutnya sistem Ruangguru yang akan mencarikan calon guru yang sesuai dengan kriteria si calon murid tersebut. Setelah Ruangguru mendapatkan guru yang dirasa telah memenuhi kriteria si murid, Ruangguru tidak akan langsung memilihkannya, tapi aka ada langkah konfirmasi terlebih dulu kepada calon murid apakah calon murid setuju dengan guru yang dipilihkan atau tidak. Jika murid setuju, maka Ruangguru akan memberikan kontak calon guru tersebut kepada murid untuk jadwal privat dan informasi lainnya terkait metode pembelajaran selanjutnya.

Jadi, Ruangguru ini tidak hanya diperuntukan untuk calon murid saja, tapi bagi kita yang tertarik ingin menjadi pengajar pun bisa, asalkan sesuai dengan persyaratan seorang pengajar.


Dan akhirnya saya pilihkan aplikasi Ruangguru ini untuk keponakan saya tadi, lumayan kan dia bisa belajar di rumah yang dimana bisa saya awasi juga, atau mungkin kalau dia ingin les privat, saya tinggal pilihkan guru les yang sesuai untuknya dengan aplikasi Ruangguru ini. Apalagi aplikasi ini sudah tersedia di Play Store, jadi bisa langsung saya instal di smartphone untuk membimbing keponakan saya belajar. Makin gampang aja ya teknologi sekarang. Coba dari jaman saya sekolah dulu sudah ada aplikasi kayak gini, saya ga perlu ngerengek minta les di luar sekolah hehe..

Semoga bermanfaat,

Wassalam,


Firda Winandini

18 komentar:

  1. Asik yah sekarang, jaman semakin maju begitu pula dengan pendidikan yang makin maju dan mudah juga yah. Yuk belajar online dengan Ruangguru

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik bisa belajar kapan aja dan dimana aja. yuk !

      Hapus
  2. terimakasih infonya Mak, saya perlu sekali info ini. Tahun depan kami akan kembali ke Bandung dan si kecil akan melanjutkan sekolah. Perbedaan kurikulum pasti jadi kendala buat adaptasi anak-anak, kalo ada kelas online gini kan enak, saya bisa curi start mempersiapkan anak-anak sebelum mereka tiba di Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2 Mak, Welcome to Bandung juga Mak :)

      Hapus
  3. Keren ya sekarang ada belajar online,lebih mudah

    BalasHapus
  4. Inget zaman dulu, mau Ebtanas sibuk les, capek, sekarang mudah ya ada situs online belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jaman dulu belum ujian udh kecapean duluan, sekarang mah walaupun dirumah juga tetep bisa belajar

      Hapus
  5. aku suka masuk sini, nih. pernah daftar jd guru juga. emang ngebantu banget kok

    BalasHapus
  6. Mungkin aku bisa pakai juga ruang guru buat les bahasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget Teh, semua pelajaran ada disini hehe

      Hapus
  7. Menarik nih untuk dicoba. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  8. Yah zamanku dulu gak ada kak les online kayak Ruangguru gini. Mau UN pasti dioyak-oyak suruh ke tempat bimbel deh sama emak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman ku juga dulu belum ada Mbak, akhirnya ya mau gamau harus ikutan les :')

      Hapus
  9. Kenapalah zaman kita dulu ga ada yg begini yaaa :p. Kalo ada aku pasti lbh rajin les dan ga cari2 alasan kalo lg males :p.

    BalasHapus
  10. iya yah jaman kita dulu mah semuanya ngandelin buku, coba kalo internet udaj kaya sekarang dan banyak aplikasi2 mbermanfaat kaya ruangguru ini

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)