Pages

Selasa, 12 Maret 2024

Serunya Bermain Air di Kolam Air Panas Ciwalini Ciwidey

Assalamualaikum,
Akhir pekan adalah waktu paling tepat untuk mengajak anak jalan-jalan keluar rumah. Menikmati pemandangan dan udara bersih pegunungan menjadi pilihan saya kali ini.

Sebelumnya, saya memang sudah merencanakan dengan suami untuk mengajak Kakang berenang air hangat. Jadi, pas waktunya tiba, saya dan suami langsung bergegas menyiapkan semua hal yang dibutuhkan.


Pilihan wisata air kali ini jatuh kepada Pemandian Air Panas Ciwalini, salah satu wisata air hangat yang ada di daerah Bandung Selatan. Sudah cukup lama juga saya merencanakan untuk kesana, Alhamdulillah akhirnya kesampean buat mencoba wisata air panas satu ini.

Kami bertiga (saya, paksu, dan Kakang) memilih pergi pagi-pagi sekali. Selain untuk menikmati udara pagi di pegunungan, kami juga bermaksud untuk menghindari kemacetan karna libur panjang. Bertepatan dengan hari Libur Imlek, sudah pasti jalur Bandung - Ciwidey dipadati oleh kendaraan.

Lokasi Ciwalini berada di tengah kebun teh yang ada di daerah Ciwidey, Kab. Bandung. Untuk sampai kesana kami menghabiskan waktu sekitar satu jam perjalanan. Selama perjalanan pun mata kami dimanjakan dengan hijaunya perbukitan teh dan kebun strawberry, sungguh keindahan alam yang wajib disyukuri. Semakin ke atas ternyata udaranya semakin dingin, Kakang yang udah gak sabar ingin cepat sampai pun terlihat begitu exited untuk berenang. Berkali-kali dia memastikan saya membawa pelampung air pemadam kebakaran kesayangannya.

Tiket

Alhamdulillah, akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Memasuki gerbang, kami diharuskan membayar tiket lebih dulu. Harga satu tiketnya pun gak terlalu mahal, untuk weekend hanya di bandrol Rp. 40.000 / orang sedangkan saat Hari Libur Nasional sebesar Rp. 45.000/ orang.

Biasanya, ketika musim libur panjang tempat wisata akan menaikkan tarif yang lumayan kan. Nah beda lagi dengan Ciwalini ini, maksimal harga tiketnya bahkan gak nyampe lima puluh ribu. 

Oh iya harga tiket tersebut ternyata hanya berlaku bagi anak-anak dan orang dewasa. Saya kurang tau pasti batas usia yang diwajibkan untuk membeli tiket, tapi Kakang yang udah mau empat tahun saja masih gratis lho masuk kesini hehe. Alhasil saya hanya membayar untuk 2 tiket saja, untuk saya dan untuk paksu.

Fasilitas

Memasukin area parkiran, MasyaAllah pemandangan disana bener-bener indah banget. Sekeliling tempat wisata ini pastinya adalah kebun teh, dan dibagian sampingnya mata saya dimanjakan dengan pemandangan gunung hijau yang bagus banget. Gak mau berlalu begitu saja, gak lupa dong saya foto dulu bareng Kakang.


Ternyata, meskipun kami sudah datang pagi-pagi, suasana di dalam sudah cukup ramai juga. Buru-buru deh kami cari tempat untuk menyimpan barang bawaan. Disana terdapat fasilitas gazebo/saung untuk pengunjung. Harga sewanya gak terlalu mahal, hanya 25K saja tanpa batas waktu. Mau sampai tutup pun boleh-boleh aja hehe. Gazebo ini menurut saya cukup luas, apalagi untuk kami yang hanya datang bertiga, bahkan buat rombongan pun masih masuk. Kalau saya hitung, satu gazebo bisa masuk sekitar 8-9 orang lho.

Setelah siap-siap ganti baju dan mengamankan barang bawaan di gazebo, kami bertiga mulai memasuki area kolam air panas.

Pemandian Ciwalini memiliki lima macam kolam air panas yang bisa kita coba, dan tentunya dengan ketinggian air yang berbeda-beda. Untuk permulaan kami mencoba dari yang paling dangkal lebih dulu.

Kolam Air Hangat Anak

Kolam pertama yang kami coba ketinggian airnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Kolam ini lebih banyak dipakai oleh anak dibawah satu tahun atau balita yang belum bisa berenang. Terdapat perosotan dangkal yang berbentuk dahan pohon. Selain itu, di pinggir kolam juga banyak dihiasi oleh patung binatang seperti buaya, katak dan kura-kura. Terdapat pancuran air panas di bagian tengahnya. Dan yang paling menarik, di ujung kolam ini terdapat kolam yang lebih dangkal lagi, biasanya banyak dipakai oleh orang tua paruh baya untuk berendam.

Kolam Anak Ember Tumpah

Kenapa saya bilang kolam ember tumpah ? karena hanya di kolam ini yang disediakan wahana ember tumpah yang paling diminati oleh anak-anak. Selain itu terdapat perosotan air yang tidak terlalu besar di bawahnya. Ketinggian kolam ini hanya sekitar 70cm atau setinggi paha orang dewasa. Jadi aman banget buat anak-anak seusia Kakang. Sayangnya, Kakang kurang senang di kolam ini, jadinya kami gak bisa lama-lama dan mulai pindah ke kolam yang lain.


Kolam Remaja

Di samping kolam anak tadi, terdapat kolam untuk remaja dengan ketinggian sekitar 1,2 meter, atau setinggi perut orang dewasa. Wahana yang ada disini juga gak kalah menarik, yaitu perosotan melingkar yang wajib banget dicobain. Selain perosotan melingkar, ada juga perosotan besar yang bisa dipakai oleh 5 orang sekaligus, bener-bener seru dan bikin betah banget main air disini. 


Kolam Dewasa 1

Terdapat 3 kolam untuk dewasa, perbedaannya hanya di ketinggian kolamnya saja. Kolam dewasa pertama yang kami coba lokasinya berada di tengah dan berbentuk lingkaran. Airnya masih hangat seperti kolam-kolam sebelumnya, hanya saja kolam ini lebih diminati oleh wanita dewasa karna cukup sepi dan tidak terlalu tinggi juga. Oh iya ketinggiannya sekitar 1,4 meter.

Kolam Dewasa 2

Kolam kedua untuk dewasa ini berbentuk L yang dipisah dengan pagar pembatas. Salah satu bagian memiliki ketinggan air sampai 2 meter, sedangkan bagian satunya lagi hanya sekitar 1,5 - 1,6 meter aja. Kami bertiga lebih lama menghabiskan waktu di kolam ini, karena disini Kakang bisa anteng berenang dengan pelampungnya dan kami berdua (saya dan paksu) bisa anteng juga berenang sambil sesekali bergantian menjaga Kakang.


Setelah puas mencoba semua kolam yang ada di Pemandian Air Panas Ciwalini, kami mulai bersiap untuk mandi. Kamar bilas disini terbuka dan hanya dibatasi oleh tembok antara laki-laki dan perempuan. Cukup khawatir juga sih, saran saya kalo temen-temen main kesini, wajib banget buat mandi lagi di rumah, karena saat bilas, kita gak mungkin membuka semua pakaian. 

Fasilitasi Kamar Bilas

Selesai bilas, kemudian saya menuju ruang ganti yang posisinya berada di sebelah toilet. Untuk ruang ganti ini menurut saya cukup bersih dan terawat. Terdapat sekitar 6 kamar ganti yang bisa dipakai.

Selesai mengganti pakaian kami pun siap-siap kembali ke gazebo. Tidak lupa kami nikmati dulu bekal nasi dari rumah. Berenang bener-bener bikin perut kami keroncongan. Kakang saja sampai lahap banget makan bekalnya saat itu hehe.

Fasilitasi Toilet & Kamar Ganti

Rasanya puas banget bisa berenang air hangat di Ciwalini. Suasananya yang sejuk membuat kami betah berlama-lama disini. Sebelum pulang kami sempatkan dulu bermain di taman bermain anak yang ada di samping area kolam air hangat. Kakang yang sumringah membuat saya dan suami ikut bahagia.


Semoga akan lebih banyak lagi waktu yang bisa kami habiskan bersama Kakang seperti saat ini. Aamiin.

Wassalam,



Firda Winandini 

25 komentar:

  1. Suka banget tempat pemandian.. dulu pernah liburan ke daerah ciwidey tapi gak main air.... sekarang ada anak, tempat permainan air selalu jadi list pertama

    BalasHapus
  2. di bandung sepertinya banyak terdapat pemandian air panas ya mbaaaa ;)
    enak ini klo bisa bermain air renang puas tapi airnya anget kan dijamin gak bakal kedinginan hehehe...harga gazebonya juga cukup murah dan gak dibatasi waktu,,
    tapi noted juga sie buat mandi lagi dirumah secara disana cuma guyur2 aja tanpa lepas baju kan hehehe

    BalasHapus
  3. udah lama ga main ke ciwidey, seru banget sekarang ada kolam air panas begini..
    harga masuknya juga masih tergolong affordable pula, boleh nih masuk wishlist nanti kalo ke ciwidey hihi

    BalasHapus
  4. Wih, enak banget ada kolam air panas. Jadi pengen juga deh, udah lama banget gak berendam huhuhu. Bisa jadi quality time yang pas juga ya kak bareng family😍

    BalasHapus
  5. Tiket masuknya lumayan terjangkau ya, apalagi fasilitasnya juga cukup oke. Sayang jauh banget😭 Di dekat sini gak ada kolam air hangat

    BalasHapus
  6. Seru bgt liburan bawa anak-anak kesini, lengkap yaa fasilitasnya

    BalasHapus
  7. harganya sangat terjangkau ya untuk pergi bersama keluarga, saya baca harga tersedia hanya weekend dan hari libur nasional,
    Untuk weekday apakah tidak buka? kalau buka harga tiket masuknya berapa kak?

    BalasHapus
  8. Wih, umur 4 tahun masih gratis ya Bun masuk lokasi wisatanya. Lumayan ini kalau punya anak umur segitu. Jadi pembelian tiket cuma untuk orang tuanya saja.

    BalasHapus
  9. Seru ya ajak keluarga main ketempat pemandian air hangat kayak gini. Apalagi tiket masuknya yang affordable dengan fasilitas yang mencukupi pengunjung. Bakal masuk list nih kalau lagi liburan ke Bandung.

    BalasHapus
  10. Coba kemarin pas ke ciwedey udah tau ada pandian kolam air panas yang ramah untuk anak kayak gini. Pas ti udah aku jadiin next destination nih.. Moga bisa main2 ke bandung lagi biar bisa nyobain mandi air panas di ciwedey

    BalasHapus
  11. Wah seruuu.. aku baru tau deh ini.. bersih ya jadi pengen nyempetin ke sini kalo kg mudik bandung.. namanya mengingatkanku akan nama kebun teh.. btw, tiketnya cukup yg tercantum aja mom? Biasanya lokasi wisata tu suka banyak pungli soalnya..

    BalasHapus
  12. Asik yaa kalau rumah deket sama tempat wisata begini. Minimal sebulan sekali ke sini, seruu ^^

    BalasHapus
  13. Lumayan ini buat opsi kalau lagi jalan-jalan ke daerah Bandung. Mana tiketnya juga murah lagi. Btw, di sini ada kantin atau pujasera gitu, nggak, kak?

    BalasHapus
  14. Keren banget tempatnya, cocok jadi referensi buat jalan-jalan nih

    BalasHapus
  15. wah seru nih pergi ke Pemandian Air Panas Ciwalini yang merupakan salah satu wisata air hangat yang ada di daerah Bandung Selatan.

    BalasHapus
  16. Seru banget liburanya rehat sejenak menikmati wisata air panas, bisa refreshing dari berbagai macam pikiran yang ada yaa. Tempatnya enak juga dan parkiranya juga ok.
    sayang sekali, kalo tempat ku di Banjarmasin gak ada yang beginian huhu

    BalasHapus
  17. Wihhh ternyata seru jugaa ya wahananyaa, makasih rekomendasinya, nanti kalo Liburan mauu kesana akh 😍🥰🥰

    BalasHapus
  18. Suka deh ada modelan waterpark tp airnya anget makin bikin lama brendam sih hehehe tp jauh aku d sby huhu

    BalasHapus
  19. Asik ada wisata seru yg baru aku tau lg di Ciwidey. Harganya terjangkau pula. masukin list ah

    BalasHapus
  20. Asik juga ya mandi air hangat gini, cuma ramai juga ya yang berkunjung

    BalasHapus
  21. Toilet dan kamar mandi Kolam air panas Ciwalini bersih ya kak, dan gak terllau antri karena jumlahnya banyak

    BalasHapus
  22. Wah dengan harga terjangkau, cocok banget untuk jadi tempat liburan bareng keluarga ya kak. Kolam anak-anaknya juga ada

    BalasHapus
  23. Udah lama banget ga ksini euy.. terakhir sebelum nikah kesini abisannya udah jarang jalan2 huhuhuh

    BalasHapus
  24. Seru banget ya mbak bisa wisata kemari. Pemandian di Ciwalini, btw HTM nya 40.000 untuk weekend terjangkau banget ya.

    BalasHapus
  25. Ciwidey memang banyak tempat wisata yang asri dan nyaman ya :') jadi kangen

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)