Pages

Rabu, 29 April 2020

Hal Yang Biasa Bumil Rasakan Di Kehamilan Trimester Kedua


Assalamualaikum,

Alhamdulillah, udah masuk hari keenam bulan Ramadhan nih, gaes. Gimana puasanya masih lancar ? InsyaAllah kita semua dilancarkan selalu yaa. Nah di masa pendemi kayak sekarang, banyak banget perbedaan yang kita rasakan dari Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, bener gak ? Hmm, tapi diluar itu semua masih harus tetap bersyukur ya gaes, kita masih dikasih umur untuk sampai di Ramadhan tahun ini. Alhamdulillah. 

Nah, lanjut dari tulisan sebelumnya, saya pengen sharing lagi nih tentang pengalaman masa kehamilan saat ini. Masya Allah hari ini baby udah masuk usia kandungan 30 minggu. Minta doanya selalu ya, supaya dedek bayi dan ibunya selalu dikasih kesehatan dan kelancaran sampai melahirkan nanti. Aamiin. 

Kali ini, saya mau curhat tentang beberapa hal yang saya rasakan ketika memasuki usia kandungan trimester kedua, yaitu sekitar minggu ke 16 – minggu ke 26. Sebenernya gak terlalu banyak sih, tapi mudah-mudahan yang saya tulis hari ini bisa bermanfaat juga buat temen-temen bumil yang baru banget memasuki fase ini ya. 

Rasa mual & muntah mulai berkurang 

Asiknya memasuki fase trimester kedua ini adalah mulai berkurang rasa mual dan muntah yang biasa dialami di awal kehamilan. Hal ini pastinya berpengaruh juga pada nafsu makan gaes. Dimasa ini saya malah lebih merasakan nafsu makan yang bertambah haha. Pengennya tiap hari tuh ngemil terus. Mungkin karena keenakan gak mual-mual ya hehe. Berkurangnya rasa mual dan muntah ini disebabkan karena tubuh yang sudah mulai beradaptasi dengan hormon baru saat hamil, dan ukuran janin yang belum terlalu besar. Nah selagi di masa ini, temen-temen perbanyak makan makanan yang bergizi ya, karna pertumbuhan janin sedang terjadi sangat pesat, sehingga butuh banyak nutrisi yang harus disiapkan. 


Mulai timbul Gerakan Janin 

Trimester kedua juga adalah momen yang paling gak terlupakan selam hamil, loh. Di fase ini, rata-rata bumil bakal ngerasain tendangan pertama dedek bayi. Pengalaman saya dulu, di minggu ke 14 dedek bayi udah mulai kasih tendangan pertama hihi. Rasanya seneng banget bisa ngerasain gimana rasanya ditendang-tendang dalem perut. Tapi, bentuk gerakan yang dirasakan tidak terlalu keras, rasanya seperti ada kupu-kupu terbang dalem perut. Ah pokoknya susah buat dijelasin hehe. Nah, kalo temen-temen ada yang mulai memasuki trimester kedua, udah dapet tendangan pertama dedek bayi belom nih ? 

Mulai Nyeri Punggung 

Di usia kehamilan 23 – 25 minggu, yang bikin saya gak nyaman adalah mulai adanya nyeri punggung bagian kiri. Menurut beberapa artikel dan informasi yang saya dapet, rasa nyeri ini diakibatkan ukuran rahim yang mulai membesar dan adanya hormon Relaksin. Hormon ini berfungsi meregangkan ligamen dan sendi di daerah panggul sebagai persiapan kelahiran. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya sekitar pinggang sampai bagian punggung. Jadi, buat temen-temen yang merasakan nyeri punggung juga, gausah kuatir ya karna hal ini ternyata wajar aja kok. Tapi, kalo rasa nyerinya udah kebangetan, langsung periksain ke bidan atau dokter kandungan aja sih biar lebih aman. 

Mulai merasakan cegukan bayi 

Bayi dalem perut juga bisa cegukan ? Yap, bisa banget. Hal ini terjadi karena bayi sedang belajar bernafas dan menggunakan organ paru-parunya. Nah, kalo bayi lagi cegukan dalem perut, biasanya ibu bisa merasakannya dalam bentuk gerakan di perut. Pernah gak temen-temen ngerasain gerakan kayak tendangan tapi pelan dan berlangsung dengan ritme yang tertatur selama beberapa detik? Kalo pernah, itu artinya bayi lagi ngalamin cegukan gaes. Awalnya saya pun rada kaget, kok dedek bayi nendang terus-terusan tapi di tempat yang sama dengan ritme yang teratur kurang lebih 5 kali. Pas saya tanya ke dokter, ternyata hal ini wajar terjadi, itu artinya janin dalem perut sedang mengalami pertumbuhan yang baik. Alhamdulillah. 

Baju lama sudah mulai tidak terpakai 

Nah yang terakhir, perbedaan yang dirasakan saat memasuki kehamilan trimester kedua adalah mulai harus cari baju longgar yang nyaman saat hamil. Beberapa baju yang biasa saya pakai sebelum hamil, mulai jarang saya pakai lagi, karena berat badan yang mulai bertambah. Di usia kehamilan ini, perut bumil pasti akan terlihat lebih membesar, iya gak ? Hal ini dikarenakan pertumbuhan pesat janin yang mulai terjadi. Ukuran janin akan terus bertambah dari minggu ke minggu, sehingga membuat ukuran rahim pun ikut bertambah. Makanya bikin perut lebih besar dan menonjol. Nah makanya memasuki fase ini langsung siapin budget untuk beli pakaian hamil ya gaes. Biar dedek bayi juga ngerasa nyaman di dalem perut. 

Beberapa hal yang saya rasain ketika masuk trimester kedua ini mungkin hanya sebagian kecil dari perubahan yang dialami oleh bumil-bumil lainnya. Yang terpenting tetap jaga kesehatan bumil dan bayi yaa. Banyak makan makanan bergizi supaya kebutuhan pertumbuhan bayi selalu terpenuhi. 

Kalo yang temen-temen rasain saat hamil kayak gimana, sih ? Yuk share pengalaman kehamilan kalian gaes.


Wassalam, 



Firda Winandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)