Pages

Rabu, 06 November 2019

Bosan Jadi Karyawan? Waktunya Pelatihan Online Wirausaha

Assalamualaikum,

Tanpa kita sadari saat ini tingkat persaingan di dunia kerja semakin tinggi. Bahkan kalau diperhatikan, masih banyak lulusan sarjana yang kesulitan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bidang ilmunya. Hal ini tentu bikin saya was-was juga karna mungkin aja kan ketika saya sudah merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini dan lupa meng-upgrade skill yang sudah saya punya, siap-siap deh bisa tersingkir perlahan huhu..


Mungkin saat ini banyak juga lulusan perguruan tinggi yang menganggap bekerja gak melulu harus menjadi seorang karyawan kantoran. Yap betul banget, masih banyak kok perkerjaan lain yang lebih menjanjikan, contohnya menjadi seorang wirausaha. Tapi, percaya gak kalo tantangan berwirausaha justru lebih sulit gaes. Selain berperan sebagai pemilik usaha, kita juga dituntut untuk bisa menjadi seorang karyawan di perusahaan sendiri. Nah itu dia tantangannya. Punya cita-cita sebagai wirausaha, tapi gak punya ilmu dan strateginya, piye ? Segala sesuatu pasti ada ilmu dan aturannya, gaes. Gak bisa selalu mengandalkan keberuntungan dan pede doang.

Di beberapa seminar entrepreneur, biasanya narasumber gak selalu menceritakan pengalaman manis menjadi seorang pengusaha aja, tapi bagaimana jatuh bangunnya sebuah usaha. Mungkin beberapa ada yang mengalami kegagalan hingga berkali-kali sebelum menemukan passion-nya. Nah ini yang kadang dilupakan oleh kita yang masih menggebu-gebu ingin berwirausaha. Coba Tanya sama diri sendiri, udah siap dengan resiko-resiko yang mungkin terjadi di depan ? Inilah alasan kenapa berwirausaha gak bisa hanya mengandalkan modal materil, tapi modal mentalpun harus sudah bisa disiapkan dari awal gaes.

Saya pun ngerasa tertarik banget dengan ilmu wirausaha ini. Lah emangnya udah mau banting setir jadi pengusaha, Fir ? Aamiin, tolong doakan ya temen-temen. Sebenarnya keinginan untuk usaha sendiri tanpa terikat suatu perusahaan sudah menjadi cita-cita saya dari sekolah dulu. Tapi, mungkin belum waktunya hehe.


Iseng-iseng saya browsing buat cari referensi mengenai sekolah ilmu kewirausahaan, tapi kebanyakan menuntut saya datang ke tempat dengan sistem pembelajaran tatap muka yang dipimpin oleh para wirausahawan sukses. Sebenernya tertarik banget buat ikutan, tapi apa daya di kantor masih banyak kerjaan yang belum bisa saya tinggalkan. Hmm, lagi-lagi kendalanya masalah waktu.

Lumayan lama cari informasi mengenai tempat belajar kewirausahaan, saya akhirnya dipertemukan nih dengan salah satu aplikasi menarik dari Ruangguru. Loh, Fir bukannya ruangguru itu bimbel online untuk anak sekolah ya ? 

Yap bener banget. Kalo temen-temen pernah baca blog saya beberapa bulan lalu, saya pernah bahas juga nih mengenai aplikasi edukasi satu ini, hanya saja saat itu Ruangguru hanya terbatas untuk pembelajaran anak usia sekolah. 


Kalau aplikasi Ruangguru sebelumnya lebih mengutamakan pembelajaran untuk anak usia sekolah, terobosan baru dari Ruangguu saat ini justru lebih menonjolkan materi untuk para karyawan, mahasiswa, maupun umum dan ibu rumah tangga loh gaes. Aplikasi yang super keren ini namanya Skill Academy. Fitur yang disediakannya pun menarik dan lengkap banget, masih dengan ciri khasnya yaitu “belajar online”, banyak banget pilihan materi yang bisa kita pilih untuk dipelajari disini, dan setiap materi bisa kita akses selamanya. Kita juga bisa mengikuti exam untuk mengukur tingkat pemahaman setiap materi. Setelah selesai menyelesaikan exam dengan baik, kita bakalan dapat juga sertifikat elektronik loh. Fitur lainnya yang paling menarik buat saya adalah kelas Flash Sale haha. Dasar perempuan kalo udah denger Flash Sale gak bisa nolak deh. Yap jadi setiap hari Jumat mulai pukul 00.01 sampai 23.59, Skill Academy ngadain kelas Flash Sale yang promonya gak kira-kira deh dan pastinya seru banget. Kita bisa membeli kelas yang kita pengen dengan harga yang miringnya kebangetan hehe.


Jadi, dengan aplikasi ini saya gak perlu lagi deh bingung ngatur waktu antara kerja dan belajar, karena aplikasi Skill Academy ini bisa langsung saya download di handphone tanpa harus bertatap muka langsung dengan para pengajar.

Sebelum saya memilih materi yang ingin saya pelajari, saya harus mendaftarkan akun dan login terlebih dulu. Setelah memiliki akun, baru deh bisa cari-cari materi yang ingin saya pelajari.

Materi di aplikasi Skill Academy ini ternyata komplit banget gaes. Berhubung saya lagi tertarik banget sama yang namanya wirausaha. Gak usah lama-lama langsung saya pilih materi yang menurut saya menarik banget tentang Learn Startup: Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal.


Materi ini tersedia dalam bentuk video berdurasi singkat yang menarik dan ada rangkuman juga loh. Saya bisa langsung mempelajari setiap materi yang diberikan dengan cara visual kapanpun saya mau. Biasanya saya pilih pas jam istirahat sambil makan siang di kantor hehe. Semua materi disajikan secara bertahap, dari mulai dasar sampai ke bagian penyelesaian masalahnya. 

Karena saya tipe orang yang lebih suka belajar dengan cara visual, aplikasi Skill Academy dari Ruangguru ini jelas ngebantu pemahaman saya banget. Pemaparan materinya juga gak bikin saya bosen, karena pengajar di setiap materi dari aplikasi Skill Academy ini udah teruji dan terpercaya. Kebetulan mentor di materi wirausaha yang saya pilih ini adalah Kak Rizky arief seorang entrepreneur & Consultant.

Rizky Arief Dwi Prakoso adalah CEO Human Parfume, Co-Founder NAH Project dan marketing consultant di Efektif Kreatif. Ia juga merupakan praktisi digitaly native vertical brand dan menerapkan metode lean startup pada bisnis yang dijalankannya. Dengan menerapkan DNVB dan lean startup, NAH Project dapat berkembang dengan sukses hingga akhirnya merk sepatu tersebut dipakai oleh Presiden Indonesia, pak Jokowi.


Dari profil beliau yang waw itu, gak ragu kan kalo pengajar di Skill Academy ini emang keren-keren banget.

Oh iya, mengenai harganya gimana, Fir ? Kebetulan nih, karena saya daftar di awal bulan November ini, Skill Academy Ruangguru ternyata lagi buka promo gede-gedean gaes. Wagelaseh.. Saya dapat promo diskon sampe 65%. Bener-bener rejeki anak solehah hehe. Promo ini berlaku untuk semua pengguna yang membeli kelas di Skill Academy di bulan November baik melalui website maupun aplikasi di App Store. Buat dapetin diskon ini juga gak perlu masukin kode voucher apa-apa kok. Selain itu, khusus pembeli di bulan ini juga, bisa langsung dapetin free acces Kompas Digital selama 3 bulan plus e-voucher diskon sepatu Gino Mariani sebesar Rp. 300.000 tapi selama persediaan masih ada. Jadi, gak usah mikir lama-lama gaes, cus daftar kelasnya sekarang ya.

Kayaknya saya ketagihan nih belajar di Skill Academy ini lagi. Soalnya kemarin saya lihat banyak materi lain yang gak kalah menarik juga hihi. Skill Academy bikin kita #mudahupgradeskill dimanapun.

Yuk mulai belajar online hari ini, aplikasi Skill Academy dari Ruangguru ini bisa langsung temen-temen download di Play Store dan segera ada di App Store.


Wassalam,



Firda Winandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)