Senin, 14 Januari 2019

Bandung, Kota Dengan Berjuta Sejarah

Assalamualaikum,

Banyak tempat di Bandung yang bisa dijadikan sebagai wisata sejarah yang cukup mengasyikan sekaligus mengesankan untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Beberapa diantaranya, terakhir saya kunjungi ketika jaman masih sekolah dulu hehe. Itu juga karena  harus menyelesaikan tugas dari sekolah, kalo sengaja datang dan menikmati setiap sejarah di dalamnya, hmm sepertinya belum atau mungkin tidak pernah sama sekali hehe.


Tapi beberapa waktu ini saya sering mendapat informasi tentang asyiknya berwisata sejarah seperti itu. Saya pernah beberapa kali menonton video yang menceritakan sejumlah tempat bersejarah di Bandung yang sukses bikin saya penasaran dan pengen banget bisa datang kesana secara langsung.

Mengenai lokasi, sebenernya beberapa museum dan tempat sejarah tersebut gak begitu jauh dari rumah, jadi kayaknya wajib dan kudu banget nih nyobain berwisata sejarah sambil menggali lagi sejarah negeri ini khususnya di Kota Bandung. Seperti yang dikatakan Bapak Presiden kita yang pertama, Ir. Soekarno. "Jas Merah" jangan pernah melupakan sejarah.

Setelah mencari beberapa sumber terpercaya, rasanya saya jatuh cinta sama beberapa museum dan tempat bersejarah yang kebetulan lokasinya sering banget saya lewati. Nah ini nih beberapa tempat yang ingin saya kunjungi untuk berwisata sejarah di Bandung. Mungkin bisa jadi salah satu referensi buat temen-temen yang penasaran juga seperti saya saat ini hehe.

1. Museum Sribaduga
Museum Sribaduga ini beralamat di jalan BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astana Anyar, Bandung. Lebih tepatnya ada di depan atau sebrang Taman Tegalega Bandung. Kalo temen-temen sering lewat jalan Tegalega, pasti temen-temen sering banget kan liat gedung museum yang lokasinya pas banget di perempatan jalan tegalega. Dari luar kayaknya udah bisa ditebak nih, museum ini lebih banyak memberikan informasi mengenai peninggalan jaman dulu seperti batu prasasti, peninggalan jaman kerajaan, dan sejarah lain yang tentunya wajib dan perlu banget kita tau.
Terakhir datang ke musemum ini kira-kira 8 tahun yang lalu haha, itu pun gara-gara tugas sekolah. Hmm makanya jadi makin penasaran nih kira - kira ada ilmu apa lagi ya yang bisa diambil dari museum ini ?

Sumber : Pinterest.com

2. Museum Geologi
Nah nah kalo museum Geologi ini mah tempatnya gak jauh dari lapangan Gasibu, gaes. Lokasinya ada di jalan Diponegoro No. 57, Bandung. Lokasi Gedung Museum Geologi ini ada di samping gedung RRI (Radio Republik Indonesia). Dari namanya pasti udah ketebak kan, apa aja yang ada di museum ini. Yup, lebih banyak tentang ilmu batuan dan bumi. Yang paling saya suka dari museum ini adalah patung kerangka dinosaurus yang gedeeee banget di dalem. Tapi, saya masih penasaran nih, terkahir datang ke museum ini sekitar 5 tahun lalu, dan kayaknya belum semua ruangan saya datengin. Jadi, mungkin ketika waktu senggang nanti museum Geologi ini bakalan jadi wishlist wisata sejarah saya di Bandung.

Sumber : Pinterest.com
3. Museum Pos Indonesia
Temen-temen ada yang pernah datang kesini ? Meskipun lokasinya gak terlalu jauh dari Museum Geologi, tapi jujur saya baru sekali datang kesini haha, yap seperti biasa, karna acara study tour  sekolah haha. Kira-kira pas jaman masih SMP deh. Nah beberapa minggu lalu saya mulai penasaran lagi sama museum Pos ini, gaes. gara-garanya sih karna nonton vlognya Risa Saraswati hehe. gatau kenapa jadi rindu aja sih sama tempat ini, dan kepengen bisa datang lagi kesini buat dapetin sejarah tentang pos di Indonesia. Yang paling saya suka dari tempat ini, saya bisa lihat banyak banget prangko - prangko jaman dulu yang dipajang disini. Kebayang kan, komunikasi jaman dulu unik banget. Kadang satu surat bakalan sampai di tujuan sekitar beberapa hari, gak kayak sekarang, tinggal klik di handphone, teman yang jauh pun bakalan kerasa lebih deket.

Sumber : Pinterest.com
4. Museum KAA
Museum KAA (Konferensi Asia Afrika) atau lebih terkenal dengan Gedung Merdeka ini juga menjadi salah satu wishlist tempat berwisata sejarah saya. Katanya, disini tuh tempatnya bersih banget, dan kita bakalan dapet banyak banget ilmu tentang pemerintahan di Indonesia jaman dulu. Mungkin disana juga ada diorama tentang suasana Konferensi Asia-Afrika saat itu. Ah, makin penasaran kan jadinya. Untuk lokasi museum ini pastinya udah terkenal banget, ada di Jalan Asia Afrika, Bandung. Gedung yang selalu jadi ikon saat peringatan KAA. Apalagi sekarang, tempat ini udah terawat banget, gaes. bakalan nyesel kalo ngelewatin wisata sejarah disini.

Sumber : Pinterest.com
Mudah-mudahan bisa beneran datang kesana dan saya bakalan ceritain pengalaman saya berwisata sejarah di blog saya nanti. Kalo temen-temen punya rekomendasi tempat bersejarah di Bandung yang lain, boleh dong di share di komentar hehe. Lagi pengen banget mengenal sejarah di Bandung nih hihi


Wassalam,



Firda Winandini

2 komentar:

  1. Wisata sejarah mah asik ya, sambil belajar bisa sambil main - main dan selfie gitu, cus ah kapan kita jalan2 ke museum barengan

    BalasHapus
  2. I enjoy what you guys tend to be up too. This sort of clever work and exposure!
    Keep up the superb works guys I've added you guys to blogroll.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)