Sabtu, 26 Agustus 2017

Kue Jadul Rasanya I Love You Full !




Assalamualaikum,

Saking antengnya semalem nonton TV, cacing di perut ini akhirnya pada protes minta makan. Ga yang berat – berat sih cuma ingin nyemil sedikit, iya sedikit. Dan ceritanya mau cari cemilan ke warung deket rumah aja, eh baru juga ngelangkah beberapa meter, dari kejauhan terdengar suara merdu yang saya kenal, “Mang Kue Putu!” teriak saya dalam hati. Suara penjual kue Putu ini emang khas banget, mun kata orang sunda mah namina ngahiung.


Rasanya udah lama banget gak makan si kue legendaris ini. Dan tadi sambil nunggu kuenya mateng ngobrol – ngobrol dikit aja sama si Mang hehe.. (engga modus kok engga)

Oh iya, temen – temen udah pada tau kan kue Putu kaya gimana. Ituloh kue warna hijau yang bentuknya seperti tabung, didalamnya berisi gula merah cair dan ditaburi kelapa parut diatasnya. Biasanya kue Putu ini lebih enak disantap di malam hari saat masih hangat. Apalagi kalu ditemani dengan teh manis hangat juga, beuuhh udah paling nikmat pokonya.

Yang bikin si kue hijau ini unik ada di cara pembuatannya. Lah emang gimana ? Pembuatan kue Putu masih sangat tradisional loh temen – temen. Kalau temen – temen pernah lihat penjual kue Putu di sekitaran komplek, temen – temen pasti pernah lihat juga sebuah kaleng biskuit yang dilubangi dan menghasilkan suara khas penjual kue Putu. Nah kaleng biskuit itu yang jadi media pengukusan kue. Makanya dimanapun Mang kue Putu berada, pasti sambil ngejingjing kaleng biskuit kan. hehe

alat kukus kue putu tradisional

Lubang yang mengeluarkan asap itulah yang dimanfaatkan untuk menkukus kue yang sudah dicetak, dan pengukusannya juga tidak bisa sekaligus. Berhubung lubangnya hanya satu dan itupun kecil, makanya pengukusan dilakukan satu cetakan secara bergantian. Sambil menunggu kukusan kue sebelumnya matang, penjual kue biasanya meracik lagi cetakan kedua dengan memasukkan tepung beras dan gula merah bubuk. Begitupun seterusnya.

Bahan untuk membuat kue Putu ini juga cukup sederhana. Menurut si Mang, bahan yang diperlukan untuk membuat kue hanya tepung beras, pewarna hijau untuk makanan (kalau dulu pakainya hijau daun pandan asli), gula merah yang dibubukkan, dan terakhir kelapa yang diparut.

Cetakan kue putu ini bentuknya seperti tabung tanpa tutup di kedua sisi, maksudnya agar mudah mengeluarkan kue yang sudah matang. Kira – kira cetakannya berukuran lima sentimeter.

Cara membuat kue Putu ini juga gak begitu rumit, cukup dengan tutup salah satu bagian cetakan menggunakan tangan, kemudian masukkan tepung beras yang sudah dicampur dengan pewarna kira – kira setengah cetakan. Setelah dirasa cukup, masukkan gula merah yang sudah dibubukkan ke dalam setengah adonan tadi, dan tambahkan kembali adonan tepung beras diatasnya. Simpan cetakan kue yang sudah diisi adonan di atas lubang untuk mengukusnya. Bolak balikkan cetakan agar si kue matang merata.

Setelah kue matang, tinggal simpan dan tata kue di piring. Terakhir taburkan kelapa yang sudah diparut diatasnya, dan kue siap di upload deh eh disantap maksudnya hehe.. Gampang kan ?

Rasa si kue hijau ini enak pake banget, gula merah yang mencair di dalamnya terasa lembut dan lumer di mulut. Tepung berasnya juga lembut, dan sedikit mengeluarkan aroma pandan. Mungkin efek pemberian pewarna makanan aroma pandan ya.



Nemu penjual kue putu sekarang ini susah pisan. Apalagi yang masih dikukus tradisional kaya si Mang semalem. Karena kebanyakan kue Putu yang sering saya lihat sudah banyak dimodifikasi soal rasa, kreatif sih cuma saya masih tetep kepincut sama yang original hahaha..

Harga kue putu ini juga kebilang murah banget, untuk mendapatkan 3 buah kue saya cuma ngeluarin uang sebesar 2000 rupiah aja. Ga sebanding dengan rasanya yang bikin saya nostalgiaan lagi ke jaman 15 sampai 20 taun ke belakang. Kalo dulu 1 kue aja saya udah ngerasa kenyang, beda sama sekarang yang harus makan 3 sampai 5 kue dulu baru bisa bilang kenyang, ukuran kuenya imut banget sih.

Sayangnya Mang penjual kue Putu ini gak tiap hari lewat depan rumah, mungkin malam tadi emang dasar lagi rejeki kali ya bisa ketemu sama si Mang terus bisa nyobain lagi kue jadul yang rasanya bikin I love you full.

Sekali - kali pengen rasanya botram kue Putu bareng temen - temen hehe..


Wassalam,


Firda Winandini

4 komentar:

  1. Haaa.. kesukaannya anak2, kl lewat mang nya pasti dipanggil. Namanya sama kayak emaknya
    Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe jadi pas manggil emangnya suka berasa dipanggil juga ga teh ?

      Hapus
  2. Di aku juga jarang-jarang lewatnya, Fiiiir. Dulu jaman aku masih bocah (((bocah))) lumayan sering lewat . Ga kayak sekarang. Huhuhu... jangan sampai mereka hiatus dari orbitnya. Rasa putu yang original ini emang juara, pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh sekarang mah jarang pisan, malah kemaren sempet ngobrol sama s mang katanya sekrang kalo jualan ke daerah komplek gtu suka dilarang, padahal mah kan lumayan ya ada makanan jadul lewat bisa bikin nostalgia masa lalu haha

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)