Senin, 18 Desember 2017

Keseruan Acara Ngobrol Bareng Netizen MPR dan BloggerBDG

Foto dari : BloggerBDG
Assalamualaikum,

Senin tanggal 11 Desember 2017 kemarin, saya dan teman – teman Blogger Bandung mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sebuah acara dengan Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG. Awalnya saya kira acara ngobrol bareng MPR bakalan terasa kaku dan bikin bosen. Secara lembaga pemerintahan tertinggi di Indonesia gitu loh. Dan gak pernah kepikiran juga di acara ini saya bisa bertemu langsung dengan Ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan.



Acara ini berlangsung sekitar kurang lebih dua jam di Hotel Aston Tropicana Cihampelas, dan ternyata suasana acaranya diluar dugaan saya tadi. Karena selama acara berlangsung, suasananya lebih terkesan santai dan menurut saya sih seperti “ajang curcol para netizen” hehe. Apalagi di awal acara Bapak Zulhas, panggilan untuk Pak Zulkifli Hasan lebih banyak memberikan kesempatan kepada Netizen Bandung untuk mengeluarkan unek – unek dan aspirasi yang selama ini mungkin sulit untuk disampaikan. Karena menurut beliau, kembali pada tujuan MPR RI yaitu sebagai media penyalur keluhan dan aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pihak yang bersangkutan.

Kesempatan ini jelas gak boleh disia – siain. Setelah mendengarkan beberapa pertanyaan dan keluhan dari netizen, Pak Zulhas pun memberikan jawaban dimulai dari masalah sampah sampai pengalamannya yang sederhana namun ngena. Menurut Pak Zulhas, sebenarnya setiap masalah yang terjadi ini, berhubungan erat dengan kesadaran masyarakatnya masing - masing. Dan untuk menyelesaikan masalah – masalah tersebut, diperlukan kesadaran yang tinggi dari setiap individu masyarakat untuk bisa lebih mencintai tanah airnya.


Seperti pengalaman yang beliau ceritakan saat di New Zealand, dimana beliau melihat peternakan sapi tanpa pagar dan pengembala. Jelas kejadian itu membuatnya terheran, “kok bisa ya sapi – sapi berkeliaran bebas tanpa ada ketakutan untuk dicuri ? Tapi sekejap beliau mendapatkan jawaban atas pertanyaannya tadi, yaitu kesadaran individu. Karena jika setiap individu memiliki kesadaran bahwa sapi – sapi tersebut bukan miliknya, untuk apa pula mereka harus mengambilnya. Jleb!

Cerita ini memang terdengar biasa aja, tapi temen – temen tau gak kalau dibalik cerita tadi, terdapat pelajaran yang sepatutnya dicontoh. Yap, meningkatkan kesadaran pada diri sendiri. Karena timbulnya kesadaran diri yang baik tentu akan berdampak pada perilaku individunya juga, misal contoh sederhananya kasus sampah yang sampai saat ini mungkin masih menjadi hal yang sulit untuk diselesaikan di Indonesia. Sebenarnya, jika setiap individu masyarakat memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, mungkin masalah sampah ini bisa lebih mudah selesai tanpa harus berlarut – larut dan semakin menumpuk. Karena inti permasalahan di Indonesia, bersumber dari kurangnya kesadaran masyarakatnya huhu.


Saya berharap MPR RI dapat lebih banyak mengadakan acara “sesi curhat” seperti ini agar masyarakat dapat lebih leluasa dalam menyampaikan aspirasi maupun keluhan – keluhannya, sehingga bisa tercipta jalan tengah dari setiap masalah yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat. Karena dengan menyampaikan aspirasi dan keluhannya secara langsung, diharapkan juga masyarakat dapat memiliki kesadaran yang lebih baik terkait rasa ingin melindungi dan menjaga lingkungan di sekitarnya, khususnya untuk tanah air Indonesia.

Dan sebagai generasi yang hidup di jaman serba digital ini, saya berharap MPR dapat mendukung setiap kegiatan positif generasi muda dalam peningkatan teknologi dan informasi saat ini.

Semoga saja dengan berlangsungnya acara tersebut, hubungan antara masyarakat dan pemerintah dapat terjalin lebih erat sehingga akan timbul rasa saling memiliki terhadap tanah air Indonesia, dapat menghilangkan rasa dengki antar masyarakat serta dapat menciptakan lingkungan bernegara yang lebih baik lagi.


Terima Kasih,


Firda Winandini

20 komentar:

  1. Semoga Indonesia kita selalu damai, aman dan sentosa. Hidup NKRI

    BalasHapus
  2. Keren banget ya new zealand ini. Sdh alamnya bagus, kesadaran org2nya jg tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, semoga kesadaran masyarakat Indonesia juga bisa sama kaya masyarakat new zealand ya

      Hapus
  3. Seru banget yah acaranya, bisa curhat langsung sama ketua mpr

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga makin sering ngadain acara kaya gini ya Teh

      Hapus
  4. Aku juga suka banget yg bagian sapi2 itu. Nilai moralnya sapet banget

    BalasHapus
  5. Aamiin yaa..
    Semoga curhatan Netizen didengar dan direalisasikan Pemerintah lewat Pak Zul

    BalasHapus
  6. Semoga rakyat Indonesia bisa seperti di New Zealand ya, nggak main hakim sendiri, nggak terhasut Hoax biar negara Indonesia semakin maju. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang suka gemes sendiri sama orang2 yang seneng banget nyebar hoax

      Hapus
  7. Intinya memang kesadaran ya,Teh 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, awalnya emang harus dari diri sendiri dulu

      Hapus
  8. Bener nih, kesadaran diri di Indonesia ini kayanya jadi sesuatu yang mewah, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, susah banget buat bikin kesadaran diri lebih baik hehe

      Hapus
  9. Semoga sering-sering aja acara seperti ini :D

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)