Senin, 09 Oktober 2017

Belajar Akuntansi, Kenalan Dulu Sama Dasarnya !


Assalamualaikum,

Dunia akuntansi saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang. Karena jika dilihat dari peluang kerja di masa yang akan datang, akuntansi akan selalu dibutuhkan oleh setiap jenis perusahaan. Baik itu perusahaan jasa, dagang, maupun maufaktur.

Akuntansi merupakan proses mengumpulkan, mecatat, dan menganalisis setiap transaksi keuangan yang terjadi selama periode tertentu menjadi sebuah laporan keuangan untuk dilaporkan kepada pihak - pihak yang berkepentingan atau membutuhkan informasi keuangan tersebut.



Pihak yang membutuhkan informasi keuangan sebuah perusahan dapat dibagi menjadi tiga golongan, ada pihak internal seperti pemilik usaha, manajer, dan karyawan. Pihak eksternal seperti pemegang saham dan investor, yang terakhir pihak pemerintah.

Untuk awalnya, saya ingin sharing sedikit istilah - istilah dasar yang sering digunakan pada akuntansi. Karena biasanya untuk membaca suatu laporan keuangan yang dilaporkan oleh bagian akunting, istilah yang digunakan berbeda dengan istilah pada umumnya, contohnya seperti kekayaan yang dimiliki perusahaan ternyata di akuntansi punya istilahnya sendiri lho.



Makanya yuk kenalan dulu sama beberapa kata atau istilah yang sering dipakai di dunia perakuntansian.

Aktiva

Aktiva adalah istilah yang digunakan pada laporan keuangan untuk menyebut kekayaan yang dimiliki perusahaan. Berasal dari kata aktif, artinya aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut selama menjalankan usahanya. Dan aset ini tentunya yang digunakan atau berhubungan dengan jenis usaha yang dijalankannya. Ada 2 jenis aktiva dalam suatu perusahaan, bisa aktiva lancar dan aktiva tidak lancar (tetap). Aktiva lancar adalah aktiva yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam waktu dekat seperti kas dan piutang. Sedangkan aktiva tidak lancar atau tetap adalah aktiva yang memiliki masa pakai tertentu dan dapat digunakan lebih dari 1 tahun seperti bangunan dan kendaraan yang digunakan untuk usaha.


Passiva

Passiva adalah pasangan dari aktiva. Kalo siang punya malam, putih punya hitam, dan aku punya kamu, nah aktiva ini punya passiva. Jadi, passiva adalah istilah di bidang akuntansi yang berarti kewajiban. Yap kewajiban untuk dibayar. Contohnya seperti hutang usaha, hutang gaji, dan bisa juga hutang bunga perusahaan, pokonya setiap keajiban/ hutang yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

Beban

Kalau beban dalam akuntansi bukan berarti beban berat badan ya, tapi biaya rutin yang harus dibayarkan oleh perusahaan tersebut. Biaya rutin ini bisa berupa beban listrik dan air, beban telepon, beban gaji dan beban iklan jika perusahaan tersebut menggunakan jasa iklan dalam promosinya. Hampir sama kayak beban hidup juga sih, yang setiap hari perlu dipikirkan. Tapi beban hidup disini adalah beban hidup bagi si perusahaan.


Pendapatan

Kalo pendapatan ini pasti temen - temen sudah sering mendengarnya kan. Dalam akuntansi arti pendapatan ini masih sama saja dengan pendapatan secara umum, yaitu uang yang didapatkan dari hasil menjual jasa, barang atau dari penjualan hasil produksi.

Modal

Nah kalo modal ini artinya masih sama saja dengan modal pada umumnya, yaitu asset yang dipakai dalam pembangunan atau saat memulai usaha. Bisa berupa uang tunai, bangunan, kendaraan, mesin yang dipakai dalam usaha, dan aset - aset lainnya yang merupakan awal terbentuknya sebuah usaha.



Kelima istilah diatas biasanya banyak dipakai dalam akuntansi. Atau mungkin bisa dibilang sebagai dasarnya akuntansi. Karena sebelum lebih dalam mempelajari apa itu akuntansi, kita harus kenal dulu sama dasarnya.Tak kenal maka tak sayang, kan ?

Mungkin untuk kita yang pemula, Akuntansi memang sedikit bikin pusing, tapi justru pusingnya itu yang bikin asik gaes hehe.


Terima Kasih,


Firda Winandini

14 komentar:

  1. Kalau diliat doang iya sih bikin pusing, belum lagi kalau worksheet kagak balance atau neraca yang amburadul walah langsung stress, dudududu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya langsung acak2in semuanya hahaha

      Hapus
  2. Akuntansi saya nilainya selalu di bawah tujuh, Firda :D sekarang mah ada aplikasinya. Jadi gampang hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kebayang sebelum ada aplikasi akuntansi, pusing kali ya teh liat worksheet hahaha

      Hapus
  3. Aku jd keingetan dulu kalau belajar akuntansi bawaannya pusing duluan, lebih pusing dibandingkan ngerjain aljabar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kebanyakan angka jadi bikin pusing

      Hapus
  4. yang bikin pusing itu ternyata uang orang ya mbak, hehehe.
    (pengalaman megang uang kas)
    Btw, belajar akuntansi itu sebenarnya gak susah ya kan mbak.
    Menurut saya sih, mungkin belum kenalan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngitungin uang orang mah emang akuntansi banget Mbak hehe dibikin pusing karna uang orang :D

      Hapus
  5. Ya Allah....
    Sekarang aku baru tau artinya Aktiva dan Passiva
    (da aku mah apaah atuuuuh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aku juga baru tau pas masuk kuliah :D

      Hapus
  6. Hahahaha aku inget kuliah baca ini :D. Aku ambil akuntansi sampe diploma 3, dan lanjut business managemnt utk S1. Tapiii krn aku kuliahnya di malaysia, awal2 aku sempet pusiiiing baca istilah2 akuntansi ini mba :p. Banyak yg jauh beda dr kita. Mana dimix pake bhs inggris :p. Wkwkwkwk.. Tapi lama2 paham sih :p.. Jd inget istilah account receivable, utang lapuk alias bad debts.. , susut nilai alias depreciation, baki ato neraca, omg, perjuangan lah dulu ngapalin istilah melayunya :D. Skr krn aku udh balik k indo, jd jujur istilah dlm bhs melayunya bnyk lupa, tp untungnya istilah inggrisnya msh inget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih Mbak Fanny keren banget kuliahnya di Malaysia. Kapan2 bisa share dong yang bahasa melayu dari istilah2 akuntansi hehe

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)