Selasa, 24 Oktober 2017

Ruangguru, Ruang Belajar Murid Dan Guru Jaman Now

sumber : https://ruangguru.com/
Assalamualaikum,

Kemarin sore keponakan saya datang ke rumah dan minta tolong ditemani mengerjakan PR matematikanya. Dia sebenernya ingin pamer kalo sekarang dia sudah pakai aplikasi belajar online Ruangguru, yang beberapa hari lalu saya kasih ke dia. Tapi namanya anak kecil, pengen aja ditemenin belajar sama onty nya hehe..

Lama – lama nemenin dia belajar, dengan sesekali kasih arahan juga untuk mengerjakan PR nya, kok hati saya rasanya kangen banget untuk ngajar privat. Asik juga kalo saya bisa ngajar lagi, hitung – hitung refreshing juga nih ketemu anak kecil.

Saya jadi nostalgia pas jaman sebelum lulus SMA dulu, saya seneng banget ngajar les privat anak – anak di sekitaran rumah untuk jenjang Sekolah Dasar sampai Menengah Pertama. Gak banyak pelajaran yang saya ajarkan sih, hanya pelajaran matematika dan fisika dasar hehe. Yaa awalnya cuma untuk mengingat lagi pelajaran yang sudah saya dapat di sekolah, tapi lama – lama orang tua mereka yang meminta saya menjadi guru les anaknya. Kalau saya mah seneng – seneng aja, secara pas jaman sekolah dulu kan masih banyak waktu luang yang saya punya sepulang sekolah. Daripada diam di rumah gak ada kerjaan, lebih baik saya manfaatkan dengan hal yang positif hehe. 

Buru – buru saya ingat kalau aplikasi Ruangguru juga dapat mengajak kita menjadi guru privat online maupun offline (alias langsung mengajar di tempat), akhirnya saya kepoin lagi tata cara menjadi guru privat online di Ruangguru. Karena berhubung jadwal kuliah saat ini yang sudah tidak terlalu padat juga. 

Makanya setelah berhasil kepoin lagi aplikasi Ruangguru ini, ternyata fitur pendaftaran sebagai seorang guru cukup menarik perhatian saya. Rasanya pas buat saya yang masih ingin mengajar privat tapi tidak menggangu pekerjaan dan kuliah saya saat ini. Karena dengan fitur guru privat di Ruangguru ini, guru yang sudah dipilih oleh calon murid bisa langsung berkomunikasi mengenai waktu belajarnya. Cukup fleksibel juga pikir saya, dapat menyesuaikan waktu belajar dengan waktu luang calon murid dan gurunya. Selain itu, metode pembelajaran guru juga bisa dibantu oleh fitur – fitur kekinian dari Ruangguru juga.

sumber : https://ruangguru.com/
Kalau dulu cara belajar hanya terpaku pada materi yang ada di buku pelajaran murid, dengan adanya aplikasi Ruangguru, guru privat maupun orang tua bisa terbantu dengan mengaplikasikan materi yang didapat di Ruangguru ke dalam metode belajar guru atau orang tua masing - masing. Selain itu, materi pelajarannya yang up to date dengan kurikulum saat ini jelas sangat membantu juga dalam proses belajar mengajar guru privat. 


Mengenai tarif, Ruangguru menyerahkan hak sepenuhnya kepada calon guru. Jadi, saat kita mendaftar menjadi guru privat di Ruangguru, kita diminta memasukkan tarif mengajar selama 1 jam, dengan angka minimal 100K/jam. Ruangguru hanya memotong beberapa persen dari tarif tersebut untuk kepentingan administrasi, kalau istilahnya sih kita bekerja sama dengan Ruangguru selaku pegawai Freelancer. 

Eh tapi, untuk mendaftar menjadi guru privat tidak bisa dilakukan sembarang orang lho. Karena proses seleksi di Ruangguru yang ketat juga. Saat temen – temen mendaftar, temen – temen akan diminta memasukkan data di bidang pelajaran apa saja temen – temen dapat mengajar. Jika temen – temen dirasa cocok mengajar di bidang pelajaran tersebut, baru deh temen – temen berhasil mendaftarkan diri menjadi guru privat.

sumber : https://ruangguru.com/
Akhirnya saya nemuin juga nih tempat bimbel yang membuka lowongan menjadi guru tapi tidak mengikat pula. Saya bisa terus bekerja fulltime di hari kerja (weekday) dan mengambil kerjaan sampingan sebagai guru privat di hari weekend. Selain itu, saya juga bisa update terus materi belajar anak – anak jaman now biar nanti pas punya anak beneran ga dibilang kudet hehe..

Ruangguru ini emang bermanfaat banget selain buat anak – anak, orang dewasa yang ingin mengajar pun bisa. Selain materinya yang lengkap di semua jenjang pendidikan, akses dalam mendaftar sebagai guru maupun murid juga gampang. Yang jelas, metode belajar bareng Ruangguru dijamin kekinian dan gak bikin bosen.

Langsung yuk cus daftar di Ruangguru, bisa sebagai murid atau pengajarnya. Karena ilmu ga akan berat dibawa kemana – mana gais.



Wassalam,



Firda Winandini

13 komentar:

  1. asik yah privat zaman sekarang bisa online

    BalasHapus
  2. wah aku jadi kepengen deh teh cobain daftar jadi pengajarnya hehehe makasi teh infonya :) jadi meski ttep kerja masih bisa ya teh buat sampingan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh lumayan buat ngisi waktu luang hehe

      Hapus
  3. Ngebantu banget ini. Makasih ka infonya ya. Saya pernah juga nih baca disini https://sashazaskia.wordpress.com/2017/10/25/serunya-belajar-di-bimbel-online-ruangguru/

    BalasHapus
  4. Nah enak nih buat teman-teman mahasiswa yang lagi nyari kerja, bisa nyambi jadi guru les online di Ruangguru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, lumayan buat ngisi waktu luang juga hehe

      Hapus
  5. Enak banget kids zaman now ya,dulu kalo ujan ya engga les

    BalasHapus
  6. Waah baru tau ih ada les begini. Coba aku download dulu aplikasinya. Pgn cari les utk anakku mba.. Lbh gampang begini sih sbnrnya, drpd anak harus dtg ke rumah si pengajar.. Kita jg tenang ngawasin anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak aplikasi ini ngebantu banget buat belajar anak2, semua materinya juga komplit banget hehe

      Hapus
  7. Lumayan juga 100 ribu per jam. Dulu sempat ngajar privat 5 tahun yang lalu dapat 50 ribu. Jadi pengen daftar buat isi waktu.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)