Kamis, 18 Mei 2017

Badan Lemes Saat Puasa ? Gak Lagi


sumber gambar : searching google


Assalamualaikum

Ga kerasa Bulan Ramadhan makin deket ya gais. Udah ada persiapan apa aja nih buat menyambut bulan suci taun ini ?




Jadi inget jaman dulu, kalo udah deket - deket sama bulan Ramadhan gini biasanya di sekolah pasti bagi - bagi buku kegiatan Ramadhan. Kalian pernah ngalamin juga kan ? Awas jangan bilang engga, nanti ketauan tuanya haha

Buat yang pura - pura gatau, saya jelasin nih. Buku kegiatan Ramadhan itu buku yang dibagikan oleh guru agama dan diwajibkan diisi selama Bulan Ramadhan. Isinya rangkuman ceramah tarawih dan kuliah subuh, terus di akhir sholat tarawih kita diharuskan buat minta tanda tangan penceramah plus cap mesjidnya. Nah serunya tuh disitu, kita harus berngantri ngantri ria dengan teman yang lain biar dapet tanda tangan pa ustad duluan. Buat yang sabar biasanya mereka nunggu sampe anak - anak yang laen beres, tapi resikonya kamu bakalan pulang lebih malam HAHA..

Tapi, buat kita orang dewasa. Dewasa ya bukan tua!!! biasanya nyiapin apa aja sih menjelang Ramadhan kaya gini ?

Buat yang belum punya persiapan apapun, kalo menurut saya kita harus siapkan beberapa hal ini saat menjalankan ibadah puasa nanti.

Niat

Yang paling pertama dan utama tentu saja kita harus siapkan niat. Yap niat untuk menjalankan ibadah shaum kita Lillahita'ala. Karna kalo ga ada niat, segala sesuatu juga pasti ga akan terlaksana. Betul ?

sumber gambar : searching google


Banyak Minum Air Putih


Yang kedua ini juga penting banget buat yang menjalankan puasa 1 hari penuh. Kita harus minum air putih lebih banyak dari biasanya. Karena saat puasa kita bakalan kehilangan cairan lebih banyak juga. Kekurangan cairan bisa mengakibatkan badan kita terasa lemas dan mudah ngantuk di siang hari. Usahakan minum air putih 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas lagi saat sahur ya.

sumber gambar : searching google


Jangan Lewatkan Makan Sahur


Nah buat kamu yang taun - taun sebelumnya suka ngelewatin makan sahur, buat tahun ini usahakan makan sahur setiap hari. Karena selain merupakan sunah Rasul, puasa kita juga bakalan lebih bertenaga. Dan usahakan setelah makan sahur jangan tidur lagi, tapi lanjut dengan tadarus al-quran juga. InsyaAllah puasa kamu ga akan kerasa berat.

sumber gambar : searching google


Berbuka Dengan Makanan Manis


Rasulullah mengajarkan kita buka puasa dengan makanan yang manis, contohnya kurma. Ternyata ada alasan ilmiahnya juga. Makanan manis mengandung lebih banyak zat gula, dan zat gula yang diproses di dalam tubuh akan menghasilkan tenaga. Jadi, lebih banyak makanan manis yang kita konsumsi, semakin banyak juga tenaga yang dihasilkan oleh tubuh. Tapi inget, jangan kamalinaan saat berbuka. *kamalinaan bahasa sunda dari berlebihan*

sumber gambar : searching google


Mungkin itu beberapa hal yang kebanyakan kita anggap sepele tapi ternyata penting saat berpuasa. Semoga kita semua diberi kelancaran untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini yaaa..

Mohon maaf lahir bathin



Wassalam

Firda Winandini



4 komentar:

  1. wow! mirip2 deh dengan yang aku lakukan selama ini. terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama Mbak Farida :) Semoga lancar ya puasanya..

      Hapus
  2. Semoga ibadah di bulan puasa ini dimudahkan. Sehat-sehat ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. lancar juga Ka Nur puasanyaaa :)

      Hapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)